Tingkat Perbandingan dalam Bahasa Inggris

Tingkat Perbandingan dalam Bahasa Inggris

Tingkat perbandingan dalam Bahasa Inggris dapat digunakan dengan menggunakan adjective atau kata sifat. Kata-kata yang digunakan untuk mendeskripsikan dan memberikan informasi lebih lanjut tentang kata benda dalam kalimat atau konteks tertentu disebut kata sifat.

Biasanya, terdapat lebih dari satu kata benda yang memiliki kualitas yang sama dengan kata benda lain. Kadang, bahkan lebih baik daripada satu atau lebih kata benda lain yang terlibat. Untuk membandingkan kualitas serupa, kamu dapat menggunakan tingkat perbandingan.

Belajar Tingkat Perbandingan

Kamu akan mempelajari pengertian derajat perbandingan, perbedaan derajat perbandingan, cara penggunaan dan aturan yang harus diikuti. Kamu juga dapat mempelajari contoh pada panduan ini.

Tingkat Perbandingan Positif

Positive degree of comparison, pada dasarnya merupakan bentuk asli kata sifat. Tingkat ini tidak memungkinkan kamu membuat perbandingan apa pun. Fungsinya adalah memberikan informasi kepada penonton tentang kualitas tertentu yang dimiliki oleh sebuah kata benda, seperti contoh berikut:

  • Susan is happy.
  • The gown is pretty.
  • Joko looks handsome.
  • Diana is tired.
  • The sun is bright.

Baca juga : Ini Perbandingan Skor TOEFL Dan IELTS

Tingkat Perbandingan Komparatif

The Comparative Degree of Comparison digunakan untuk membandingkan antara dua kata benda yang mempunyai kualitas sama atau kualitas tertentu dari suatu kata benda pada dua waktu berbeda. Hal ini menunjukkan mana di antara keduanya yang mempunyai tingkat kualitas tertentu lebih besar atau lebih kecil.

  • Susan looks sadder than Diana.
  • Your bed is more comfortable than mine.
  • Your hair is shorter than mine.
  • Joko is taller than me.

Tingkat Perbandingan Superlatif

Superlative Degree of Comparison adalah derajat perbandingan paling tinggi. Tingkat ini digunakan untuk membandingkan kualitas serupa, dimiliki lebih dari dua kata benda. Tingkatan tersebut menunjukkan mana dari kata benda yang dibandingkan yang tingkat kualitas paling besar atau paling rendah.

  • Joko climbed the highest wall.
  • The last performer was the best of all.
  • Joko is the tallest boy in this class.
  • Susan is the most silent girl in this school.

Baca Juga : Rumus Comparative Adjective Dan Pola Kalimat

Bagaimana Menggunakan Tingkat Perbandingan

Seperti komponen tata bahasa lainnya, ada beberapa aturan dan poin yang harus kamu ingat saat menggunakan tingkat perbandingan dalam Bahasa Inggris. Hal pertama yang harus kamu ingat tentang derajat perbandingan adalah bahwa keduanya digunakan untuk membandingkan kata sifat dan kata keterangan.

Derajat perbandingan positif merupakan bentuk dasar dari kata sifat atau kata keterangan dan tidak memungkinkan adanya perbandingan apapun. Tingkat perbandingan komparatif digunakan untuk membandingkan dua kata benda yang memiliki atau tidak memiliki kualitas sama. Hal ini ditunjukkan dengan penambahan ‘-er’ di akhir kata sifat. Derajat perbandingan komparatif selalu ditunjukkan dengan penambahan ‘than’ setelah bentuk perbandingan kata sifat.

Tingkat perbandingan superlatif digunakan untuk menunjukkan kata benda mana yang memiliki kualitas atau kualitas paling besar atau paling rendah. Hal ini ditunjukkan dengan penggunaan kata sandang ‘the’ sebelum kata sifat dan penambahan ‘-est’ di akhir kata sifat. Pastikan kamu mempertahankan kata tambahan yang ada dalam kalimat saat kamu menggunakan tingkat perbandingan komparatif atau superlatif.

Untuk belajar lebih banyak tentang penggunaan Bahasa Inggris, ICAN English memberikan banyak pilihan kelas untuk semua kalangan. Dari kelas Beginner hingga kelas Advanced, semuanya didukung dengan fasilitas kelas menyenangkan. Kamu akan mendapatkan dukungan penuh dari tutor untuk memecahkan semua kesulitan selama belajar Bahasa Inggris sendiri di rumah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi