Persiapan Sebelum Tes Bahasa Inggris TOEIC

Persiapan Sebelum Tes Bahasa Inggris TOEIC

Apakah kamu ingin tes Bahasa Inggris TOEIC dalam waktu dekat? Keputusan ini adalah langkah tepat jika kamu ingin meningkatkan level bahasa Inggris. Nilai bagus dalam ujian tersebut dapat membuka banyak pintu untuk memperoleh peluang profesional.

TOEIC (Test of English for International Communication) cocok bagi pelajar dan profesional yang ingin menigkatkan resume dengan menunjukkan sejauh mana kemampuan bahasa Inggris. Ujian TOEIC adalah ujian yang dicari oleh para perekrut, termasuk perusahaan terkemuka sebagai kriteria seleksi.

7 Tips Menghadapi Tes TOEIC Listening dan Reading

Berikut adalah tips untuk membantu mempersiapkan tes Bahasa Inggris TOEIC Listening dan Reading lebih optimal:

Baca Juga:
Manfaat Belajar Bahasa Inggris

1. Evaluasi Tingkat Bahasa Inggris

Sebelum mulai belajar ujian, kamu dapat memulai dengan menilai tingkat bahasa Inggris diri sendiri. Langkah dasar ini adalah bagian mendasar dari persiapan TOEIC. Cara tersebut akan membantu mengidentifikasi apa yang sudah ketahui dan apa yang perlu kamu pelajari.

Banyak situs web menawarkan tes penilaian cepat dan gratis. Namun, lebih baik melakukan evaluasi nyata, melibatkan pemahaman tertulis dan lisan. Cara ini akan memberi gambaran lebih baik tentang tingkat bahasa Inggris yang kamu miliki.

2. Identifikasi Kelemahan

Setelah mengikuti tes bahasa Inggris, lihatlah pertanyaan-pertanyaan yang kamu jawab salah. Di area manakah kamu mengalami masalah? Mungkin saja letak kelemahannya ada pada bagian pemahaman mendengarkan, peraturan tata bahasa, konjugasi, atau kurangnya kosa kata.

Tidak selalu mudah untuk mengidentifikasi kelemahan tersebut. Kamu harus bersikap objektif terhadap hasil tes awal. Jika perlu, jangan ragu bertanya kepada teman atau saudara yang memiliki kemampuan bahasa Inggris lebih baik, atau berkonsultasi dengan tutor bahasa Inggris.

3. Rencanakan Program Perbaikan Diri

Kunci agar berhasil mengerjakan tes TOEIC adalah disiplin. Daripada belajar selama 4 jam setiap Minggu pagi, lebih baik belajar bahasa Inggris selama 20 hingga 30 menit setiap hari.

Buat jadwal khusus hanya untuk belajar bahasa Inggris setiap hari. Jika kamu termasuk orang yang suka bangun pagi, luangkan waktu melakukannya sebelum berangkat kerja. Jika kamu suka tidur malam, luangkan waktu sejenak di malam hari sebelum tidur.

Pembuatan jadwal khusus ini akan membantu untuk memperbaiki kemampuan diri sendiri. Pastikan untuk benar-benar rutin tanpa ada keinginan untuk libur belajar sehari.

4. Tingkatkan Kelemahan

Saat evaluasi, fokuslah pada area kelemahan yang telah diidentifikasi. Apakah kamu kesulitan dengan keterampilan mendengarkan? Solusinya, cobalah tutup buku tata bahasa dan dengarkan podcast bahasa Inggris. Apakah kata kerja tidak beraturan membuat kamu kesulitan? Solusinya, lakukan latihan belajar berfokus pada kata kerja sebanyak mungkin. Ketika belajar TOEIC sendiri, artinya kamu harus rela keluar dari zona nyaman.

5. Cari Tahu Format Tes TOEIC

Banyak kandidat dengan tingkat bahasa Inggris sangat baik memperoleh nilai TOEIC yang mengecewakan. Hal ini terjadi karena tidak mau repot-repot mencari tahu soal ujiannya.

TOEIC Listening and Reading, umumnya merupakan tes paling populer, dibangun berdasarkan dua elemen utama: Pemahaman mendengarkan: 100 pertanyaan – durasi: 45 menit, dan pemahaman bacaan: 100 pertanyaan – durasi 75 menit.

Tes ini tidak mencakup penilaian keterampilan berbicara atau menulis. Tesnya berupa tes pilihan ganda. Kamu harus menunjukkan jawaban dengan jelas pada kotak, menggunakan pensil.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang TOEIC, kamu dapat menggunakan TOEIC Candidate Manual yang disediakan ETS Global. Kamu juga akan menemukan contoh pertanyaan, contoh kisi jawaban, dan banyak informasi praktis lainnya dari informasi tersebut

6. Ikuti Mock Test

Cara terbaik persiapan TOEIC adalah dengan mengikuti Mock Test. Kamu dapat melakukannya di rumah dengan buku persiapan TOEIC khusus seperti The Official TOEIC Bible, yang mencakup 2 tes Mendengarkan dan Membaca dengan penjelasan mendetail.

Saat kamu mengikuti tes tiruan ini, buat suasana seperti dalam konteks sedang mengikuti tes resmi. Semakin banyak berlatih dalam kondisi tes nyata, kamu akan semakin percaya diri di hari ujian resminya.

7. Istirahat Cukup Sebelum Tes TOEIC

Malam sebelum tes TOEIC, tidak perlu begadang untuk belajar semuanya. Baca ulang sedikit kosakata sebelum tidur atau tonton episode serial bahasa Inggris favorit. Kamu perlu istirahat agar tetap segar dan siap pada hari ujian.

Yakinlah, waktu yang kamu habiskan untuk tidur tidak terbuang percuma. Otak dapat memanfaatkan waktu istirahat tersebut untuk mengingat pengetahuan yang diperoleh sepanjang hari.

Baca Juga:
Game Bahasa Inggris untuk Melatih Reading

Kelas Persiapan Tes Bahasa Inggris TOEIC

Belajar persiapan tes Bahasa Inggris TOEIC bukanlah hal mudah, apalagi jika tidak ada pendampingan partner belajar. Motivasi belajar jadi kurang stabil karena merasa seperti sedang berjuang sendiri. Untuk itu, kamu bisa mempermudah proses belajar dengan lebih profesional, misalnya ikut kelas persiapan tes TOEIC.

Manfaatkan layanan dari ICAN English agar kamu bisa menggunakan waktu luang lebih optimal. Adanya kelas online dan offline, didampingi tutor berkualifikasi akan memudahkan cara belajar. Keterampilan yang ingin kamu tingkatkan pun bisa dicapai di kelas kami yang interaktif!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web