game bahasa inggris untuk melatih reading

Game Bahasa Inggris untuk Melatih Reading

Bermain game menjadi aktivitas yang banyak disukai. Saat ini, game hadir bukan hanya sebagai hiburan saja. Namun, terdapat beberapa fungsi lainnya. Misalnya dalam melakukan pembelajaran bahasa Inggris. Saat ini, telah banyak game bahasa Inggris untuk melatih reading yang dapat dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris.

Karena biasanya belajar menggunakan metode membaca memang membosankan. Itulah mengapa saat ini banyak game yang tujuannya untuk belajar bahasa Inggris. Karena belajar menggunakan game akan lebih menyenangkan dibandingkan belajar menggunakan buku atau media konvensional lainnya.

4 Rekomendasi Game Bahasa Inggris untuk Melatih Reading

Reading menjadi salah satu skill yang dapat dikuasai dengan banyak membaca kosakata berbahasa Inggris. Saat ini, telah banyak game yang hadir dengan konsep menyusun kata-kata berbahasa Inggris. Inilah beberapa rekomendasi game untuk belajar reading bahasa Inggris!

Baca Juga:
Tips Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris

1. Taboo Game

Rekomendasi game pertama yang dapat dilakukan untuk belajar bahasa Inggris adalah taboo game. Dalam game ini, pemain dilatih untuk mendeskripsikan kata-kata dalam bahasa Inggris. Cara bermainnya adalah dengan menghadirkan 2 pemain. Satu pemain bertugas untuk mendeskripsikan kata, pemain lainnya bertugas untuk menebak kata tersebut.

Permainan dapat dirancang lebih menyenangkan dan menantang dengan membuat peraturan. Peraturannya adalah kata utama akan ditampilkan dan akan terdapat 5 kata di bawahnya yang tidak boleh disebutkan. Misalnya terdapat kata school, maka harus mendeskripsikan kata tersebut tanpa menyebutkan kata student, teacher, learn, study, dan book.

2. Scrabble

Game bahasa Inggris untuk melatih reading berikutnya merupakan salah satu game yang paling sering dimainkan. Game ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk beberapa orang. Karena telah banyak game online yang hadir dengan konsep scrabble. Game ini cocok untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris dan dapat dimainkan oleh 2-4 pemain.

Cara bermainnya adalah setiap pemain diharuskan menyusun kata di atas papan yang terdapat kepingan huruf. Biasanya akan terdapat banyak kepingan, dan para pemain dapat menyusunnya menjadi kata berbahasa Inggris. Pemenangnya adalah pemain yang mendapatkan skor tertinggi.

Baca Juga:
Trik Melatih Reading Bahasa Inggris

3. Pictionary

Selanjutnya adalah game Pictionary, yaitu game tebak gambar. Pictionary merupakan kependekan dari picture dan dictionary. Permainan ini dapat dimainkan oleh 2 kelompok atau grup, dengan masing-masing kelompok sebanyak 2-4 pemain. Cara bermainnya adalah dengan menyiapkan beberapa kosakata atau vocabulary dalam bahasa Inggris.

Lalu, setiap kelompok diharuskan memilih satu kata setiap sesinya secara bergantian. Lalu, kelompok tersebut diharuskan menggambar benda atau hal sesuai dengan kata yang tertulis. Kelompok lainnya bertugas menebak gambar tersebut. Game akan dimenangkan oleh kelompok yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak.

4. Scattergories

Rekomendasi game terakhir adalah scattergories. Permainan dapat dimainkan oleh 2-4 orang. Caranya adalah dengan mempersiapkan kategori kata dan kertas berisikan huruf-huruf yang nantinya akan diundi. Setelah itu, tentukan satu kategori kata dan undi kertas sampai keluar satu huruf.

Para pemain bertugas untuk mencari kata dari huruf yang keluar sesuai dengan kategori kata. Misalnya kategori kata yang ditentukan adalah peralatan sekolah. Lalu, huruf yang keluar adalah huruf C. Maka, pemain harus mencari kata-kata berawalan huruf C yang seringkali dipakai untuk peralatan sekolah. Setiap pemain harus menebak kata yang berbeda.

Baca Juga:
Permainan Tradisional dalam Bahasa Inggris

Keuntungan Bermain Game Bahasa Inggris untuk Melatih Reading

Bermain game memang tidak selamanya memberikan dampak negatif. Karena game pun memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai sarana belajar bahasa Inggris. Inilah beberapa keuntungan bermain game untuk belajar bahasa Inggris!

Mampu Melatih Skill Reading

Beberapa game yang telah disebutkan di atas dapat membantu kamu dalam melatih skill reading atau membaca. Karena salah satu cara meningkatkan kemampuan reading adalah dengan memperkaya kosakata atau vocabulary.

Menyenangkan dan Efektif

Belajar menggunakan game dapat lebih efektif, karena bermain game bukanlah sesuatu yang berat. Bahkan lebih terkesan menyenangkan dan mengasyikan. Sehingga, pembelajaran pun dapat dilakukan dengan asyik dan tetap menyerap materi-materinya.

Penutup

Game bahasa Inggris untuk melatih reading menjadi salah satu solusi apabila ingin belajar bahasa Inggris. Namun, tidak terlalu menyukai pembelajaran yang terlalu formal atau konvensional. Pastikan untuk memilih game yang mudah dimainkan, agar pembelajaran pun tetap menyenangkan untuk dilakukan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi