Tes bahasa Inggris SMA

Tes Bahasa Inggris untuk Siswa SMA

Mar 21, 2022 | Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib ketika duduk di bangku sekolah formal, mulai dari SD, SMP, dan SMA. Bahkan UN dan UTBK SBMPTN pun terdapat mata pelajaran bahasa Inggris. Tes bahasa Inggris SMA dalam UN dan UTBK SBMPTN memiliki beberapa perbedaan.

UN atau Ujian Nasional merupakan prasyarat untuk dapat lulus dari SMA. Sedangkan SBMPTN merupakan salah satu tes seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi atau Universitas. Sehingga, kedua tes tersebut memang akan dihadapi oleh mayoritas siswa SMA. Kursus bahasa Inggris menjadi pilihan banyak siswa agar bisa mendapatkan nilai terbaik ketika ujian.

Baca Juga: TEMPAT KURSUS BAHASA INGGRIS UNTUK SMA

Tes Bahasa Inggris SMA: UN atau Ujian Nasional

Jenis tes yang pertama adalah UN atau mungkin saat ini akan lebih dikenal dengan ujian kelulusan. Apapun jenis ujiannya, biasanya tipe tesnya tidak akan berbeda jauh. Begitupun dengan jenis tes dalam pelajaran bahasa Inggris. Biasanya terdapat beberapa skill yang akan diujikan. Untuk lebih jelasnya, simak penjabarannya di bawah ini!

1. Listening: Main Idea dan Dialogue or Picture Matching

Jenis tes pertama adalah untuk skill listening. Dalam tes listening, biasanya terdapat dua tipe tes yang berbeda. Pertama adalah main idea, pada jenis ini biasanya akan ditanyakan terkait poin inti atau gagasan utama dalam sebuah narasi atau monolog yang dibacakan melalui audio. Umumnya, audio akan dibuka dengan monolog singkat kemudian dilanjutkan dengan narasi.

Kedua adalah melengkapi dialog dan mencocokkan gambar. Pada bagian melengkapi dialog atau dialogue completion biasanya akan dibacakan dialog yang tidak lengkap. Kemudian para siswa akan diminta untuk melengkapi isi dialog tersebut. Selain itu, adapun picture matching atau mencocokkan gambar sesuai dengan audio yang dinarasikan.

2. Reading: Main Topic dan Conclusion

Tes bahasa Inggris SMA berikutnya adalah reading. Dalam soal reading, biasanya terdapat dua tipe yaitu menanyakan main topic dan conclusion atau kesimpulan. Pertanyaan main topic dalam soal reading memang sudah menjadi hal yang umum. Biasanya siswa akan diberikan teks yang terdiri dari 2-3 paragraf. Setelah itu akan ditanyakan main idea dari teks tersebut.

Selain main idea, akan ditanyakan pula conclusion atau kesimpulan dari keseluruhan isi teks. Biasanya tipe soal seperti ini tidak akan terlalu banyak. Karena hanya ditanyakan sekitar 2-3 kali saja di soal UN atau ujian kelulusan. Karena kesimpulan biasanya diminta untuk memberikan inti atau kesimpulan dari seluruh paragraf dalam satu teks.

3. Sentence Arrangement

Jenis terakhir adalah sentence arrangement atau penyusunan kalimat. Dalam jenis tes ini, biasanya akan terdapat soal yang nomornya diacak. Kemudian siswa diminta untuk menyusun kalimat sesuai dengan urutannya. Biasanya pada jenis soal seperti ini, teks yang dicantumkan berupa teks prosedur. Sehingga isinya memang rangkaian peristiwa atau kejadian.

Baca Juga: MATERI DI KURSUS BAHASA INGGRIS UNTUK SMA

Tes Bahasa Inggris SMA: UTBK SBMPTN

Tipe berikutnya adalah pada soal UTBK SBMPTN. SBMPTN menjadi jenis seleksi yang banyak dilakukan oleh calon mahasiswa. Dalam SBMPTN, skill yang diujikan biasanya tidak akan jauh berbeda dengan UN. Namun, tipe-tipe soalnya akan cukup berbeda. Oleh karena itu, inilah beberapa tipe tes yang seringkali muncul di SBMPTN!

1. Reading

Tes bahasa Inggris SMA pada SBMPTN adalah reading. SBMPTN biasanya jarang memberikan tes listening. Pada tes reading, terdapat beberapa tipe. Pertama adalah general idea, biasanya akan ditanyakan terkait main topic atau gagasan utama pada suatu paragraf atau teks. Kedua adalah related information, yaitu berkaitan dengan informasi tertentu dalam teks.

Ketiga adalah twisted logic, mirip dengan related information. Hanya saja, dalam tipe ini biasanya akan ada kata except, not true, irrelevant. Sehingga, diharuskan fokus dalam membaca soalnya. Keempat adalah vocabulary, yaitu akan menanyakan terkait persamaan atau perbedaan kosa kata. Terakhir adalah comparison, biasanya akan membandingkan dua teks.

2. Grammar

Tes terakhir yang akan diujikan adalah grammar. Dalam jenis tes ini, biasanya akan memfokuskan terhadap penggunaan tata atau struktur bahasa. Para siswa akan diminta untuk melengkapi grammar pada sebuah teks dengan jenis fill the blank.

Tes bahasa Inggris SMA terdapat beberapa tipe, yaitu UN dan SBMPTN. Namun, sebenarnya secara umum setiap skill memiliki tipe yang hampir sama. Walau begitu, tipe tes pada soal SBMPTN biasanya akan lebih kompleks.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH