Macam-Macam Tes Kemampuan Bahasa Asing

Macam-Macam Tes Kemampuan Bahasa Asing

Mempersiapkan tes kemampuan bahasa asing mungkin tampak menegangkan pada awalnya. Namun, dengan pendekatan tepat dan tips bermanfaat, kamu dapat menyelesaikan ujian dan meningkatkan keterampilan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris.

Cara terbaik untuk mempersiapkan ujian kemahiran berbahasa Inggris adalah dengan memahami format tes dan jenis pertanyaan yang akan diajukan penguji. Setelah mengetahuinya, kamu dapat membuat rencana studi dan fokus pada bidang yang paling membutuhkan pekerjaan.

Macam-macam Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Ada banyak macam tes kemampuan bahasa asing untuk kamu ikuti, berikut beberapa contohnya:

TOEFL

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) mengukur kemampuan non-penutur asli bahasa Inggris untuk menggunakan dan memahami Bahasa Inggris Amerika Utara saat diucapkan, ditulis, dan didengar di lingkungan perguruan tinggi dan universitas.

Tes ini diperlukan bagi penutur bahasa Inggris non-pribumi yang ingin belajar di perguruan tinggi dan universitas berbahasa Inggris. TOEFL diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS) dan International English Language Testing System (IELTS).

Baca Juga:
Manfaat Belajar Bahasa Inggris

IELTS

International English Language Testing System (IELTS) adalah tes kemahiran bahasa Inggris berstandar internasional untuk penutur bahasa Inggris non-pribumi. British Council mengelolanya bersama-sama dengan IDP: IELTS Australia dan Cambridge Assessment English.

IELTS adalah salah satu tes bahasa Inggris utama di dunia, dan diakui oleh lebih dari 10.000 organisasi di seluruh dunia, termasuk universitas, perusahaan, badan profesional, otoritas imigrasi, dan lembaga pemerintah lainnya.

IELTS adalah satu-satunya tes bahasa Inggris di mana kemampuan berbicara dan mendengarkan dinilai oleh penilai manusia, jadi sangat disarankan agar bergabung dalam kelas persiapan IELTS mencakup latihan dengan orang sungguhan.

Ujian Cambridge C1 dan C2 (Lanjutan dan Kemahiran).

C1 dan C2 adalah ujian tingkat tertinggi yang ditawarkan oleh Cambridge Assessment English. Tes ini dirancang untuk menguji kemampuan menggunakan bahasa Inggris untuk belajar atau bekerja di lingkungan akademis atau profesional.

Ujian C1 terdiri dari empat bagian: Membaca dan Penggunaan Bahasa Inggris, Menulis, Berbicara, dan Mendengarkan. Ujian C2 sama dengan ujian C1 namun dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Lulus ujian ini menunjukkan bahwa kamu dapat menggunakan bahasa Inggris pada tingkat yang setara dengan penutur asli. Tes ujian C1 saja akan memberi kamu sertifikat CAE. Lulus ujian C2 memberi sertifikat CPE

Tes Bahasa Inggris Duolingo

Ujian Bahasa Inggris Duolingo adalah cara baru untuk mengikuti tes kemahiran berbahasa Inggris. Tes ini adalah satu-satunya yang dilakukan sepenuhnya secara online.

Sertifikat dari Duolingo semakin dikenal oleh universitas dan perusahaan sebagai cara untuk menunjukkan kemahiran bahasa Inggris, namun tanyakan kepada sekolah atau perusahaan untuk mengetahui apakah lembaga tersebut menerimanya.

OET

OET (Occupational English Test) adalah tes yang khusus diperuntukkan bagi orang-orang yang berprofesi di bidang kesehatan. Artinya, OET adalah cara ideal untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang diperlukan untuk bekerja di lingkungan layanan kesehatan. OET dapat digunakan untuk mengajukan pendaftaran dan perizinan di banyak negara berbahasa Inggris.

Tips Persiapan Tes Bahasa Asing

Dalam menghadapi tes Bahasa asing, angat disarankan untuk bekerja sama dengan tutor yang ahli sesuai pilihan tes. ICAN English adalah platform bimbingan belajar bahasa Inggris terkemuka di Indonesia dengan pilihan tutor terbaik untuk membantu meningkatkan kemahiran bahasa Inggris pada ujian apa pun.

Di kelas kami, kamu bisa belajar dengan intensif, mendapatkan dukungan penuh dari tutor profesional. Selain itu, juga memperoleh kegiatan belajar yang akan mengevaluasi kemampuan kamu, seperti mock test, quiz, dan latihan soal-soal. Sehingga, setelah ikut kursus kami, kamu bisa lebih siap menghadapi tes Bahasa Inggris resmi yang kamu pilih.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web