bisakah tes sat secara online?

Bisakah Tes SAT Secara Online?

Scholastic Aptitude Test adalah tes standarisasi yang diciptakan oleh College Board, sebuah lembaga nirlaba yang berasal dari Amerika. SAT Tes ini, umumnya diikuti oleh para anak-anak yang telah menuntaskan sekolah wajib 12 tahun dan mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang perguruan tinggi. Namun Bisakah bila mengikuti Tes SAT Online?

Tes ini tentu sudah bisa di lakukan, dan khususnya di Indonesia saat ini ujian nya berbasis Komputer (Computed Based Test) untuk pelaksanaan nya. Hingga saat ini, terhitung sudah sebanyak 20 lokasi di beberapa kota-kota besar yang telah membuka pendaftaran untuk tes SAT lewat Digital Online.

4 Struktur Materi Ujian SAT Online

Dalam menjalankan ujian SAT online, tentunya College Board tetap mempersiapkan beberapa kisi – kisi yang akan menjadi bentuk penilaian dalam ujian. Berikut beberapa bagian yang perlu dipelajari sebelum menghadapi ujian SAT. Yaitu :

1. Reading Test

Dibagian Reading Section, Peserta uji diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang ada pada teks bacaan. Kemampuan dalam membaca menjadi aspek penting dalam kelulusan di tes SAT Online. Dalam reading tes terdapat 52 pertanyaan dengan model soal pilihan ganda dan berdurasi 65 menit

2. Writing Test

Dibagian Writing Test, peserta uji akan diberikan berbagai teks bacaan, dan ysng harus dilakukan peserta uji adalah menemukan kesalahan pada teks yang tersedia dan kemudian memperbaiki teks tersebut menjadi suatu kalimat yang benar. Dalam Writing Test terdapat 44 pertanyaan dengan model soal pilihan ganda dan berdurasi 35 menit

3. Math Calculating Test

Pada bagian uji matematika, peserta diminta untuk menyelesaikan soal – soal matematika cepat menggunakan kalkulator. Dalam Math Calculating Test terdapat 38 soal dengan model kombinasi pilihan ganda dan essay, durasi ujian yaitu 55 menit

4. Math Non Calculating Test

Pada bagian Uji Matematika tanpa kalkulator, peserta uji diminta untuk menghafal beberapa rumus matematika yang nantinya akan terpakai dalam pembelajaran. Dalam ujian matematika tanpa kalkulator terdapat 20 soal dengan model pilihan ganda dan essay, durasi ujian yaitu 25 menit.

Biaya Pendafaran Dan Jadwal Ujian SAT Online

Dalam melakukan pendaftaran di Ujian SAT Online ada beberapa rincian harga yang harus diperhatikan. Berikut biaya harga yang harus dikeluarkan adalah 113$ atau sekitar Rp 1.685.000 rupiah.

Rincian harga tersebut, termasuk biaya 60$ atau Rp 894.000 untuk biaya test dasar dan 53$ atau Rp 790.000 untuk pembiayaan test di zona wilayah Indonesia. Harga tersebut sudah diberlakukan diberbagai institusi pendidikan yang telah bekerja sama deegan College Board. Namun terkait untuk jadwal Ujian itu tersendiri yaitu :

2022 SAT Online Test

Di tahun 2022 ini untuk Test SAT Online Pihak institusi pendidikan yang telah bekerjasama dengan College Board telah membuka jadwal ujian sebanyak 3x dibulan Agustus, Oktober dan Desember

2023 SAT Online Test

Di tahun 2023, pihak Brand College akan tetap membuka ujian SAT secara online dibulan Maret, Mei, dan Juni.

Tips Dalam Menghadapi Test SAT Online

Menjelang mengikuti Tes SAT Online tentunya harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat mengikuti Tes SAT secara maksimal. Berikut ada beberapa tips – tips guna menghadapi Test agar tidak mendapatkan hasil yang tidak diinginkan. Yaitu :

Meminimalisir Grogi Dalam Mengerjakan Ujian

Tentunya meminimalisir grogi sangat penting dalam mempersiapkan diri saat menghadapi Uji SAT Online. Karena dengan persiapan materi yang matang, namun tanpa bisa memahami bagaimana untuk meminimalisir grogi maka akan sulit menjalankan ujian SAT dengan baik dan fokus

Berdoa Dan Meminta Pada Restu Keluarga

Berdoa juga menjadi hal yang penting dalam menghadapi Ujian SAT, karena dengan berdoa maka kita akan lebih percaya diri dan berharap adanya kemudahan dalam menyelesaikan Ujian. Meminta restu pihak keluarga bisa membawa kepercayaan diri lebih karena pihak keluarga akan senantiasa mendukung dan percaya bahwa kamu bisa memberikan hasil yang terbaik.

Menguasai Materi Ujian Dan Mempelajari Aspek Yang Penting Dalam Ujian

Aspek terpenting dalam menghadapi Ujian adalah dengan mempersiapkan dan mempelajari materi dengan baik. Karena kesuksesan dalam menjalani Ujian SAT tentunya akan bisa terwujud apabila kamu bisa menguasai aspek ujian yang akan diujikan.

Baca Juga:
IELTS Atau TOEFL IBT, Mana Lebih Sulit?

Penilaian Dalam Ujian SAT

Tentunya untuk mendapatkan nilai maksimal, perlu banyak persiapan yang harus kita lakukan guna mendapatkan sertifikat kelulusan. Selain persiapan terkait materi, kitapun perlu mengasah keahlian kita dalam berkosa kata bahasa Inggris, Kamu bisa memilih ICAN English sebagai rekomendasi sarana belajar dan berlatih bahasa inggrismu.

Dalam tes SAT Online, College Board memiliki standard nilai minimal untuk persyaratan kelulusan. Skor minimal berada di angka 400 poin dan maksimal berada di 1600 point, total point yang didapatkan akan dibagi bagi persection dalam tahap ujian matematika, dan tes reading serta writing. Apabila Tes SAT Online belum mencapai standard yang telah ditentukan, maka akan direkomendasikan untuk tes ulang.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi