ielts atau toefl ibt, mana lebih sulit?

IELTS atau TOEFL iBT, Mana Lebih Sulit?

IELTS atau TOEFL iBT memiliki ciri dan tantangannya tersendiri sehingga jika kamu ingin fokus mempelajari salah satu, maka tentukan terlebih dahulu tujuanmu. Perlu kamu ketahui bahwa IELTS cenderung banyak diakui oleh berbagai instansi pendidikan maupun universitas yang berada di Kanada, Australia, Inggris, Selandia, Selandia Baru, maupun wilayah Eropa lainnya.

Bahkan di Amerika sendiri kurang lebih ada 3.000 universitas mengakui IELTS. Sementara untuk TOEFL sendiri di akui oleh 90% universitas yang berada di Amerika Serikat dan menyarankan untuk melampirkan skor TOEFL calon mahasiswa. Selain di negara tersebut, ada pula negara yang mengakuinya diantaranya adalah Jerman, Prancis, Australia, Kanada, dan lain sebagainya.

Perbandingan Antara IELTS Atau TOEFL iBT

Keduanya tentu menjadi tes kemampuan yang penting dan cukup sulit. Untuk itu, banyak siswa yang memutuskan untuk bergabung dalam kursus persiapan IELTS dan TOEFL IBT. ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang menyediakan kelas ini dan kelas bahasa Inggris lain. Hubungi tim kami di kontak resmi untuk informasi lebih lanjut, ya.

Untuk mengetahui mana yang lebih sulit, kamu perlu mengetahui perbandingan diantaranya keduanya. Dengan begitu, kamu data mengukur mana sebenarnya yang lebih sulit menurutmu. Adapun untuk perbandingannya adalah sebagai berikut!

Perbedaan

TOEFL diujikan secara online, meskipun sebelumnya diadakan dengan format PBT (paper-based test). Namun, pada bulan April 2021, ujian seperti ini ditiadakan. Semnetara IELTS sendiri, diujikan secara tradisonal. 

Namun, diketahui bahwa ada rencana untuk pengujian dilakukan dengan format online pada tahun 2022. Selain itu, TOEFL menggunakan bahasa American English. Sementara IELTS menggunakan British English.

Persamaan

Meskipun keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok, ternyata keduanya sama terdiri dari empat bagian ujian. Dimana diantaranya adalah listening, writing, speaking, dan reading. Selain itu, keduanya pun tidak memiliki bagian khusus dalam penilaian grammar.

Baca Juga:
Cara Mengerjakan IELTS Writing Task 1

Ciri Khas IELTS dan TOEFL

Selain kesamaan dan perbedaan dari keduanya, kamu pun perlu mengetahui dengan baik ciri khas dari IELTS maupun TOEFL. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengetahui materi mana yang jauh lebih sulit.

IELTS

Ketika kamu melakukan ujian IELTS ada beberapa hal yang akan kamu lakukan. Diantaranya adalah berbicara secara tatap muka dengan penguji, ketika bagian tes speaking. Selain itu, soal ujian dari tes inipun mencakup pilihan ganda dan soal yang bertujuan untuk menguji ketangkasan seseorang dalam berpikir.

Bahkan kamu dapat menjawab berbagai soal ketika mendengarkan soal yang akan diujikan pada listening. Ketika melaksanakan ujian ini, kamu akan dipersilahkan untuk beristirahat sejenak. Pasalnya, selalu ada jeda tiap bagian yang telah diselesaikan. Sementara waktu dalam menempuh ujian yaitu sekitar 2 jam 24 menit.

TOEFL iBT

Pada tes ini kamu akan menggunakan ejaan American English dan  ujian dilakukan di depan komputer. Bahkan ketika bagian speaking pun, kamu hanya perlu merekam jawabanmu. Setelah itu, aka nada seorang penilai akan mengevaluasi jawaban yang telah kamu berikan. Selain itu, kamu pun perlu memiliki kemampuan untuk mengetik cepat untuk menyelesaikan bagian writing.

Namun, kamu pun perlu menganalisa soal dengan detail sehingga jawaban yang diberikan tepat. Lalu bagaimana tipe soal dalam ujian TOEFL ini? Kebanyakan merupakan pilihan ganda, terkecuali pada bagian writing. Kamu pun hanya bisa memberikan jawaban setelah soal dari listening didenagrkan. Adapun untuk durasi waktunya adalah sekitar tiga hingga empat jam.

Baca Juga:
Cara Mengerjakan IELTS Writing Task 2

Jadi manakah yang lebih sulit, IELTS atau TOEFL iBT?  Tentunya jawabannya beragam, pasalnya hal tersebut balik lagi kepada dirimu. Untuk mengetahui jawabannya, cobalah perhatikan perbandingan maupun ciri khas dari masing-masing ujian tersebut. Setelah itu, cobalah pahami materi dari keduanya. Kemudian setelah belajar keduanya, kamu dapat menentukan mana yang lebih sulit untuk dikerjakan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi