Cara Meningkatkan Skor Tes TOEFL Reading

Cara Meningkatkan Skor Tes TOEFL Reading

Tes TOEFL reading membutuhkan waktu, dan terkadang pertanyaan-pertanyaan tersebut sepertinya mencoba menjebak. Namun, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu manfaatkan untuk mengerjakan soal TOEFL

Reading agar dapat menghemat waktu dan meningkatkan skor membaca. Ada beberapa tips TOEFL yang dirancang untuk membantu belajar lebih cerdas dan membaca lebih baik. Sehingga, kamu dapat mencapai skor TOEFL impian.

5 Cara Meningkatkan Nilai Tes TOEFL Reading

Berikut adalah beberapa tips mengerjakan tes TOEFL reading:

Baca Juga:
Syarat TOEFL Untuk Beasiswa S1-S2 Luar Negeri

1. Hafalkan Jenis Pertanyaannya

TOEFL Reading berisi 10 jenis pertanyaan berbeda. Beberapa muncul lebih sering dibandingkan yang lain dan beberapa membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan yang lain. Sebagian besar bernilai satu poin, tetapi ada pula yang bernilai dua atau tiga.

2. Temukan Kata Kunci

Untuk sebagian besar jenis pertanyaan, kamu dapat mengandalkan kata kunci dalam pilihan pertanyaan dan jawaban untuk membantu menemukan opsi yang tepat.

Kata kunci adalah kata-kata penting dalam pertanyaan yang dapat digunakan untuk membantu menemukan jawaban dengan cepat. Kata kunci hampir tidak pernah berupa preposisi (under/in) atau artikel (a/an/the). Kata kunci hampir selalu berupa kata kerja, kata benda, atau kata sifat.

Dalam satu kalimat, coret prepoisi, artikel, dan beberapa jenis kata lain seperti konjungsi seperti “and”. Jangan terlalu terjebak dengan terminologi tata bahasa. Secara umum, berikan sedikit perhatian pada kata-kata ekstra kecil yang tidak membawa terlalu banyak informasi.

Kata-kata tersebut kadang-kadang disebut sebagai kata fungsi, yang menyiratkan bahwa kata-kata tersebut digunakan sebagai alat tata bahasa, bukan untuk membawa informasi berharga. Pikirkan tiga aturan kata kunci sebagai panduan, gunakan logika untuk menghilangkan kata-kata lain yang tidak perlu kamu fokuskan.

3. Latihan Membaca Berbatas Waktu

Kamu akan diberikan waktu 36 menit untuk menyelesaikan bagian TOEFL Reading, dan menjadi sebuah tantangan. Setelah setiap sesi membaca, kamu akan memiliki 10 pertanyaan tentang teks tersebut. Kamu memiliki 36 menit untuk membaca sekitar 1400 kata (700 kata per bagian) dan menjawab 20 pertanyaan (10 per bagian).

Membaca 1400 kata dan menjawab 20 pertanyaan dalam 36 menit itu sulit. Maka cara latihan yang baik adalah mengatur waktu saat mengerjakan soal Latihan Membaca TOEFL. Cukup atur timer di komputer atau ponsel.

Kamu dapat memulai dengan mengatur waktu sendiri untuk melihat berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap pertanyaan.

Beberapa pertanyaan membutuhkan waktu lebih lama untuk dijawab dibandingkan yang lain.

Kamu mungkin tidak akan bisa langsung menjawab pertanyaan dalam jangka waktu tersebut. Latih keterampilan dengan metode menghilangkan pilihan untuk meningkatkan peluang mendapatkan jawaban benar dan jangan ragu untuk menebak. Terkadang, kamu tidak yakin 100% apakah jawaban benar, namun kamu harus melanjutkan dan menjawab semua pertanyaan sebelum waktu habis.

4. Cermati Modifier

Waspadalah terhadap modifier dalam pilihan jawaban. Salah satu cara untuk memilih jawaban benar adalah dengan memperhatikan modifier. Modifier adalah sebuah kata, biasanya kata sifat atau kata benda yang mengubah arti kata benda utama. Modifier yang salah dapat mengubah signifikansi suatu pernyataan.

Modifier adalah cara mudah untuk membuat pilihan yang mungkin salah. Apa yang harus kamu lakukan adalah mengubah satu kata sehingga akan mengubah keseluruhan arti kalimat. Modifier seringnya menjadi salah satu jawaban TOEFL yang paling terkenal, karena sangat menjebak.

5. Tingkatkan Kosakata Akademis

Karena bagian-bagian dalam TOEFL Reading semuanya adalah teks akademis, maka kosakatanya berada pada tingkat akademis. Kamu mungkin tahu harus mempelajari kosakata akademi dalam Academic Word List? Daftar ini dibuat oleh ahli bahasa Averil Coxhead pada tahun 2001, berisi 570 kata akademis paling umum dalam jurnal dan teks ilmiah

Kamu tidak harus mengetahui semua bentuk satu kata. Intinya adalah jika kamu mengetahui bentuk kata kerja sederhananya (contoh: acquire), maka kamu mungkin bisa mengetahui arti bentuk lain dari kata yang sama. Jangan menghafal setiap kata dalam setiap rumpun kata, fokus saja membiasakan diri dengan kata utamanya.

Baca Juga:
Ini Syarat Nilai TOEFL Untuk Beasiswa Luar Negeri Studi Pascasarjana

Belajar Meningkatkan Skor Tes TOEFL Reading di ICAN English

Rata-rata bagian TOEFL Reading adalah 700 kata, diikuti oleh 10 pertanyaan, tetapi bagian pendek ini terdiri dari 100-250 kata. Selain itu, hanya diikuti oleh satu atau dua pertanyaan. Kamu dapat fokus memahami apa yang kamu baca dan menguasai setiap jenis pertanyaan.

Melatih bagian-bagian pendek tidak hanya akan membantu memahami mengapa salah menjawab pertanyaan tertentu, tetapi juga memungkinkan kamu mempersempit fokus pada kekuatan dan kelemahan bacaan. Gunakan juga teknik membaca skimming, menjawab pertanyaan satu per satu dan membaca sambil menjawab.

Pertanyaan-pertanyaannya disusun secara kronologis sehingga terasa alami untuk membaca dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Cobalah untuk tidak melewatkan pertanyaan. Berfokuslah menghilangkan satu pilihan pada satu waktu daripada menemukan jawaban benar dari empat kemungkinan pilihan.

Mau lebih mudah belajar TOEFL? Ikuti kelas persiapan TOEFL di ICAN English! Belajar Reading secara mandiri itu tidak akan mudah, berbeda dengan belajar bersama tutor yang mendukung penuh setiap perkembangan skill reading kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web