soal toefl reading section dan pembahasannya

Soal TOEFL Reading Section dan Pembahasannya

Dalam soal TOEFL, terdapat beberapa skill yang akan diujikan. Mulai dari listening, structure, reading, hingga speaking. Skill yang banyak memakan waktu adalah bagian reading. Biasanya, beberapa orang akan membaca teks sampai berulang kali dan menyebabkan waktu habis. Dalam mengerjakan soal TOEFL reading section, sebaiknya jangan hanya fokus pada teks. 

Apabila hanya fokus pada teksnya saja, maka waktu akan semakin berkurang. Hal tersebut dikhawatirkan akan menyebabkan banyak soal yang belum sempat terisi. Itulah mengapa sebaiknya biasakan diri untuk latihan mengerjakan soal-soal reading serta pelajarilah pembahasannya.

Soal TOEFL Reading Section dan Pembahasannya

Untuk meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan soal reading. Maka sebaiknya mencoba latihan soalnya terlebih dahulu. Dalam soal reading, biasanya akan terdapat beberapa teks yang bersifat ilmiah. Oleh sebab itu, jangan lupa pula untuk meningkatkan pengetahuan kosakata agar mampu mengerti teksnya. Inilah soal dan pembahasan untuk TOEFL reading section.

1. Soal Teks

Lockdown is an issue that has been discussed lately. It is a situation that prohibits the citizens of an area or country from entering and leaving the area. The country closes its access and borders. The term lockdown has become the subject of discussion since the COVID-19 pandemic. Some countries have also implemented this lockdown system.

However, until now Indonesia has not implemented a lockdown system because of several pro and con of various communities surrounding this lockdown system. Lockdown has not been the best choice or solution to apply because the government must also consider the sectors that will be severely affected..

Baca Juga:
Tips Belajar TOEFL dari Dasar

2. Pertanyaan

What can we imply from the passage?

  1. People don’t like the lockdown policy.
  2. Lockdown is the best solution for the pandemic.
  3. There are still many pros and cons that occur for the lockdown policy.
  4. Lockdown is only applied in Indonesia.

3. Jawaban dan Pembahasan

Perlu diingat, apabila terdapat soal yang bertanya terkait what can we imply, atau what is the main idea. Maka, yang ditanyakan adalah terkait inti atau kesimpulan dari keseluruhan teks. Dalam pertanyaan tersebut, jawaban yang benar adalah C. Dapat terlihat di paragraf 2, baris kedua. Dijelaskan bahwa lockdown masih memiliki pro dan kontra di masyarakat.

Apabila kesulitan menjawab, maka dapat melakukan eliminasi jawaban. Pada jawaban A, tidak dijelaskan bahwa masyarakat tidak menyukai lockdown. Pada jawaban B, disebutkan di paragraf 2 bahwa lockdown memang bagus, tetapi belum maksimal penerapannya. Pada jawaban C, dijelaskan pada paragraf awal bahwa beberapa negara menerapkan lockdown.

Baca Juga:
Cara Menguasai TOEFL untuk Skor yang Maksimal

Karena tes yang satu ini cukup rumit, kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di mana kamu bisa belajar secara maksimal. Kamu akan dibimbing oleh tutor berpengalaman dan belajar materi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk lebih memperdalam pengetahuan dan kemampuan dalam reading section. Maka sebaiknya seringlah berlatih mengerjakan soal TOEFL reading section. Agar kemampuan pun semakin meningkat dan berpotensi mendapatkan skor tinggi. Untuk infromasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English dan datang lansung ke kantor ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi