tiga buku terbaik untuk latihan bahasa inggris

Tiga Buku Terbaik untuk Latihan Bahasa Inggris

Meskipun ada banyak cara untuk belajar bahasa Inggris, cara terbaik untuk mulai belajar adalah dengan membaca beberapa buku teks berkualitas. Banyak buku latihan bahasa Inggris yang bisa kamu baca untuk meningkatkan kemampuan berbahasa kamu.

Membaca buku adalah suatu keharusan jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan baik. Sebelum kamu memulai buku dengan halaman yang banyak, kamu bisa memulainya dengan buku-buku dengan halaman sedikit untuk berlatih membaca.

3 Buku Terbaik dan Populer untuk Belajar Bahasa Inggris

Beberapa buku memiliki harga yang cukup mahal, namun dengan mempertimbangkan bahwa kamu bisa membacanya untuk beberapa tahun ke depan, maka ini bisa menjadi investasi terbaik dan murah untuk pendidikan kamu.

Baca Juga:
Cara Agar Pintar Berbahasa Inggris

Nah, ada beberapa buku latihan bahasa Inggris terbaik yang bisa kamu pilih!

1. English Grammar in Use

Buku yang bagus untuk belajar bahasa Inggris di rumah adalah buku dari Raymond Murphy, English Grammar in Use. Ini adalah buku tata bahasa paling populer di dunia. Setiap topik grammar dijelaskan secara sederhana, dengan banyak contoh dan latihan.

Di bagian belakang buku ini, ada tes yang dapat kamu lakukan untuk mengidentifikasi topik tata bahasa mana yang paling sulit. Sebenarnya, cara terbaik untuk mempelajari buku ini adalah memulai dengan topik yang menurut kamu  paling menarik atau membingungkan.

Namun, perhatikan bahwa buku Intermediate ditulis untuk pelajar B1/B2, jadi jika tingkat bahasa Inggris kamu lebih rendah atau lebih tinggi, kamu harus mempertimbangkan untuk membeli buku Beginner atau Advanced.

2. Practical English Usage

Buku yang satu ini dirancang khusus untuk para pembaca yang ingin belajar bahasa Inggris. Practical English Usage pertama kali diterbitkan pada 1980 dan telah ditingkatkan beberapa kali selama 40 tahun terakhir.

Untuk kamu yang memiliki kemampuan bahasa Inggris menengah dan lanjutan, ini adalah sumber yang bagus untuk dibaca. Namun, perhatikan bahwa di dalam buku ini tidak ada latihan. Buku ini hanya menawarkan penjelasan dan contoh.

3. English Conversation

Buku ini mengajarkan frasa dan idiom umum melalui percakapan contoh, penjelasan terperinci, dan latihan-latihan untuk situasi seperti:

  • Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
  • Mengungkapkan pendapat, suka, dan tidak suka
  • Mengungkapkan keinginan dan kebutuhan
  • Menceritakan sebuah cerita atau menceritakan kembali percakapan

Kamu juga dapat mendengarkan rekaman audio percakapan di situs web mereka atau melalui aplikasi Android dan iPhone gratis. Buku ini akan sangat cocok untuk siswa level B2/C1, tetapi mungkin agak terlalu sulit untuk siswa A2/B1.

Baca Juga:
Contoh Proverbs Bahasa Inggris yang Populer

Tips Memilih Buku Bahasa Inggris yang Tepat

Untuk kamu yang ingin memaksimalkan proses belajar, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Kamu akan dibimbing oleh tutor berpengalaman dan profesional. Semua materi akan disesuaikan dengan kebutuhan dan level kemampuan kamu. Nah, untuk kamu yang sedang memilih buku bahasa Inggris. Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

Pertama, kamu harus memastikan buku apa yang paling cocok dengan tingkat kemampuan kamu saat ini. Sebagian besar buku dibuat untuk tingkat kesulitan pemula, menengah dan lanjutan.

Kedua, ketahui bidang bahasa Inggris mana yang paling sulit. Apakah gramamr? Berbicara? Atau semua area? Setelah mengidentifikasi area kelemahan, kamu akan dapat memilih buku yang sesuai dengan kebutuhan spesifik kamu.

Terakhir, ketahui gaya belajar yang paling sesuai dengan dirimu. Apakah kamu  seorang pelajar visual yang merasa lebih mudah untuk mengingat informasi melalui gambar? Atau mungkin lebih suka mendengarkan buku audio? Atau apakah lebih  menikmati buku teks interaktif dengan kuis dan contoh latihan. Pilih buku yang sesuai dengan gaya belajar kamu, ya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web