cara agar pintar berbahasa inggris

Cara Agar Pintar Berbahasa Inggris

Apr 26, 2022 | Bahasa Inggris

Ada banyak cara agar pintar berbahasa inggris. Di era modern ini, bercakap Bahasa Inggris penting guna memperluas karir maupun wawasan. Bukan hal mengejutkan jika saat ini ada begitu banyak kalangan mulai belajar Bahasa Inggris.

Saat mulai belajar, sebagian orang pasti merasa menyerah sebelum mencobanya. Belajar juga tidak semudah hal tersebut, termasuk menghafal kosakata. Mahir berbahasa Inggris bukan berarti kamu harus hafal semua kosakata dalam satu kamus tebal. Bahasa Inggris hanya menggunakan 65% dari kosakata kamus untuk bacaan dan penulisan sehari-hari.

Baca Juga: TIPS PINTAR BAHASA INGGRIS SECARA OTODIDAK

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Jangan merasa putus asa untuk belajar meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Kali ini, ICAN English menyediakan kelas Bahasa Inggris agar kamu bisa berlatih secara intensif untuk fasih berbahasa inggris sesuai kebutuhan. Berikut adalah berbagai cara terbaik agar kamu bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris:

1. Pakai Flashcard

Flashcard adalah salah satu cara agar pintar berbahasa inggris. Flashcard merupakan jenis kartu yang bertuliskan kata-kata sesuai kategori, mulai dari kategori binatang, makanan, warna, ataupun lainnya.

Flashcard terkadang menjadi teknik belajar membosankan. Akan tetapi, cara tersebut terbilang ampuh untuk menghafalkan karena kamu akan mengulang-ulang belajar kata-kata pada flashcard secara terus-menerus.

Pembuatan flashcard terbilang mudah. Kamu bisa membuat sendiri atau langsung beli flashcard di pasaran. Biasanya flashcard dilengkapi gambar supaya membuat belajar lebih menarik.

2. Musik dan Lirik

Terkadang, kamu mungkin tidak sadar bahwa saat sedang mendengarkan kumpulan lirik lagu Bahasa Inggris, sebenarnya kamu sedang belajar pada saat itu. Mendengarkan musik masih menjadi metode populer untuk belajar bahasa bagi anak-anak kecil. Bukan berarti bahwa metode ini tidak berguna untuk pelajar dewasa.

Kamu tinggall memilih genre lagu favorit kamu supaya lebihh nikmat. Jangan pernah lupa untuk belajar arti pada lirik tersebut. Tujuannya adalah untuk memperluas kata-kata Bahasa Inggris.

3. Sering Baca Buku Inggris

Bagi para pemula, cobalah meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu melalui buku bacaan anak-anak berbahasa inggris. Tidak hanya penuh dengan gambar menarik, tapi kamu juga dapat mempelajari bahasa inggris dari dasar, mulai bagian kosakata sampai tata bahasa.

Kalau kamu sudah bisa menguasai Bahasa Inggris, kamu bisa langsung belajar secara bertahap pada buku yang menggunakan Bahasa Inggris lebih berat. Contohnya, membaca novel Bahasa Inggris.

4. Baca Berita dan Artikel

Jika kamu punya kebiasaan untuk membaca artikel Bahasa Indonesia, cobalah keluar dari zona nyaman tersebut. Kamu bisa membiasakan diri mencari berbagai berita Bahasa Inggris pada semua bidang, termasuk bisnis, kesehatan, ataupun selebriti.

CNN, Yahoo News dan Dailymail adalah beberapa contoh website yang menyajikan berbagai berita dalam Bahasa Inggris.

5. Menulis Rutin

Siapkan saja buku catatan dan bawa buku tersebut kemana saja kamu pergi. Dengan mencari kosakata baru setiap harinya yang menurut kamu menarik, kamu bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

Salah satu cara terbaik belajar Bahasa Inggris yaitu menulis satu paragraf per hari. Tentukan tema yang kamu inginkan dan tidak perlu merasa kuatir dengan kesalahan yang mungkin terjadi. Gunakan bantuan dari teman ataupun guru untuk memeriksa hasil tulisan tersebut.

Baca Juga: CARA BELAJAR BAHASA INGGRIS LENGKAP

Mengapa Harus Fasih Berbahasa Inggris?

Dengan mengetahui apa saja cara agar pintar berbahasa inggris, kamu bisa meningkatkan kesempatan dalam berbahasa inggris secara fasih. Terdapat banyak manfaat yang kamu peroleh jika bisa menguasai bahasa tersebut.

Pertama, kamu menguasai alat komunikasi global. Dari The Washington Post pada tahun 2015, menyebutkan jika penggunaan Bahasa Inggris telah digunakan hampir di seluruh dunia. Bahasa inggris merupakan bahasa minimal yang wajib kamu kuasai.

Pandai bahasa inggris membuat kamu juga lebih mudah berkarir. Kamu punya nilai tambah karena mampu berkomunikasi Bahasa Inggris. Bagi perusahaan besar, jika kamu punya kemampuan bahasa Inggris, maka kamu adalah aset. Sehingga punya kesempatan lebih besar untuk peluang kerja, promosi, dan kenaikan gaji.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH