tips bahasa inggris jadi lancar

Tips Bahasa Inggris Jadi Lancar

Semua orang pasti ingin bisa menggunakan bahasa Inggris jadi lancar, walaupun terdengar sulit. Sama seperti proses belajar lainnya, hal yang paling sulit adalah mengambil langkah pertama.

Mengingat bahasa Inggris mulai dibutuhkan pada berbagai sektor, dan dapat mempermudah penggunanya, ICAN English kali ini akan membagikan tentang tips termudah untuk membuat penggunaan bahasa Inggris kamu jadi lebih lancar mulai dari sekarang.

Lima Cara Berbahasa Inggris Dengan Lancar

Gunakan cara belajar ini sebagai strategi menguasai Bahasa inggris secara rutin agar lebih efektif dan terlihat hasilnya:

1. Percaya Diri

Tidak peduli seberapa jauh tingkat Bahasa inggris yang kamu miliki, rasa percaya diri sangatlah penting. Ketika berbiacara Bahasa inggris, mulailah dengan tersenyum agar lebih percaya diri.

Hal ini dapat membantu untuk memperbanyak teman baru. Pastikan untuk mengambil nafas sembari berbicara. Kalau kamu tiba-tiba blank atau kehilangan ide untuk berbicara, berhentilah, ambil nafas, dan gunakan cara tersebut untuk mengembalikan rasa percaya diri kamu.

Baca Juga:
Cara Belajar Aksen Bahasa Inggris

2. Ingat Contoh dengan Vocabulary

 Jangan hanya menghafal daftar beberapa kata. Pastikan kamu menyertakan contoh. Jika kamu menggunakan flashcards, tulis kalimat keseluruhan di tiap kartu, sehingga kamu tahu bagaimana menggunakan kata-kata sesuai konteksnya.

Pastikan untuk membuat contoh yang gampang diingat, semudah mungkin dengan cerita-cerita lucu atau gunakan sesuatu yang berhubungan dengan hidup kamu untuk membantu mengingat kata-kata tersebut terus melekat di benak.

3. Mendengarkan untuk Belajar

Ketika mendengarkan radio, berita, atau film bahasa Inggris, perhatikan apa yang kamu dengar. Gunakan sebuah catatan untuk menulis frasa baru. Dengan mendengarkan, kamu akan lebih mengenal berbagai aksen dan pengucapan dalam bahasa Inggris. Atau kamu juga bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English yang akan dipandu oleh tutor berpengalaman.

4. Hafalkan contoh dengan kosa kata

Jangan hanya menghafal daftar kata. Pastikan untuk menyertakan contoh juga. Jika kamu menggunakan kartu flash, tuliskan seluruh kalimat pada setiap kartu sehingga kamu tahu cara menggunakan kata-kata tersebut dalam konteksnya. Jadikan contoh-contoh tersebut semenarik mungkin dengan cerita lucu atau gunakan sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan untuk membantu mengingatnya.

5. Pelajari frasa daripada satu kata

Tip lain untuk meningkatkan kefasihan dalam bahasa Inggris adalah berbicara menggunakan berbagai frasa, bukan kata-kata individual. Misalnya, daripada bertanya secara otomatis “Halo, how are you today?”, gabungkan dengan memilih ekspresi lain seperti “What’s up, man?” “Hey dude!” atau “How ya going, mate?” (Namun berhati-hatilah: Beberapa ekspresi akan sangat informal dan tidak ideal untuk beberapa situasi)

Kalau kamu berbicara dengan seorang native speaker, tidak usah takut untuk bertanya kepada mereka agar dapat menjelaskan apa makna ekspresi atau idiom yang tidak kamu ketahui. Belajar bahasa Inggris dengan lancar dengan terjun langsung adalah cara terbaik untuk membuat bahasa Inggris kamu lebih natural dan relevan daripada sekedar belajar dari sebuah buku teks.

Baca Juga:
Keuntungan Belajar Bahasa Inggris dari Rumah

Bagaimana Cara Lancar Bicara Bahasa Inggris

Ketika kamu ingin mencari tahu apa saja cara agar bisa bahasa Inggris lancar, terutama berbicara, maka ada sejumlah hal yang harus kamu lakukan. Pertama, jangan berhenti berbicara Bahasa inggris. Tidak ada cara terbaik fasih berbahasa inggris kecuali dengan berkomitmen untuk terus latihan speaking.

Kedua, setelah sering latihan berbicara bahasa Inggris, kamu bisa melakukan evaluasi terkait bagaimana jalannya percakapan sebelumnya. Cari tahu dengan bertanya pada diri sendiri tentang sejauh mana pemahaman kamu dalam berinteraksi dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris.

Jika berbicara dengan native speaker, apakah kamu mendapatkan sejumlah vocabulary yang tidak kamu ketahui artinya. Dengan cara berpikir seperti ini, maka kamu dapat terus memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas kemampuan berbahasa Inggris.

Cara lainnya adalah dengarkan dan baca. Kamu membutuhkan sejumlah kata jika ingin mengutarakan suatu hal dalam bahasa Inggris. Cobalah untuk belajar vocabulary agar terus meningkat, seperti menonton televisi, mendengarkan music, radio, atau podcast. Baca buku, blog, dan majalah juga penting. Saat listening dan reading, temukan ekspresi terbaru yang menarik, termasuk sinonim dan istilah slang. Tulis materi tersebut dan lihat kembali jika kamu merasa asing dengan kata-kata tertentu.

Terakhir, siapkan secarik kertas untuk contekan. Ini bisa menjadi Teknik terbaik saat grogi speaking atau berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Cheat sheet berguna bahkan saat sedang interview pekerjaan, atau membuat pengaduan dan laporan apapun dalam bahasa Inggris. Cheat sheet selalu membantu agar kamu bisa menghadapi semua kondisi saat sedang cemas.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web