tips belajar bahasa inggris online

Tips Belajar Bahasa Inggris Online

Seperti yang diketahui bahwa belajar bahasa Inggris online menjadi pilihan oleh semakin banyak siswa daripada belajar di kelas langsung. Kemudahan dalam belajar dan menyesuaikan jadwal menjadi alasan sendiri mengapa banyak siswa lebih memilih belajar online daripada di kelas.

Bahasa Inggris adalah bahasa yang menyenangkan untuk dipelajari. Sebab, ada banyak sumber belajar yang bisa kamu akses. Belajar bahasa Inggris online bukanlah hal yang sulit dilakukan, asal kamu memiliki konsistensi yang baik. Kamu tak perlu belajar selama beberapa jam dalam satu hari, cukup beberapa menit namun konsisten dilakukan setiap hari.

Trik Sukses Belajar Bahasa Inggris secara Online

Untuk dapat belajar bahasa Inggris secara online, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar proses belajar kamu berjalan lancar. Kamu tak perlu membayangkan proses belajar yang rumit, sebab dengan beberapa kegiatan sederhana, kamu tetap dapat belajar bahasa Inggris.

Berikut beberapa trik dan tips yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris online:

1. Buat Jadwal Belajar

Membuat jadwal belajar yang matang akan membantu kamu belajar bahasa Inggris online dan tetap teratur. Ini juga membantu kamu membagi waktu untuk setiap keterampilan bahasa, seperti berbicara, membaca, menulis dan mendengarkan.

Pilih waktu terbaik untuk belajar. Kamu bisa belajar di malam hari maupun di pagi hari. Sesuaikan dengan gaya belajar kamu, ya. Penting untuk menetapkan waktu dan hari yang sama setiap minggu agar membantu kamu menjadi konsisten. Beri diri sendiri waktu sebanyak mungkin untuk menyelesaikan setiap tugas dan kamu juga harus menjadwalkan waktu untuk bersantai.

2. Buat Ruang Belajar yang Nyaman

Tempat belajar bisa memengaruhi kinerja kognitif kamu. Misalnya, sianr matahari menyebabkan hasil belajar yang lebih baik. Suhu dan kebisingan juga bisa memengaruhi cara belajar kamu.

Jadi, penting untuk mengatur ruang belajar kamu di lingkungan yang santai dan terang. Carilah tempat yang tenang, jika mungkin di balik pintu yang tertutup. Kamu mungkin juga ingin mendekorasi ruang belajar dengan tanaman, karena dapat meningkatkan konsentrasi hingga 15%.

Baca Juga:
Benefit Kursus Privat Bahasa Inggris

3. Gunakan Teknik Belajar yang Tepat

Untuk memudahkan kamu belajar bahasa asing, ada beberapa teknik yang bisa kamu gunakan dan tentunya bisa membantu kamu tetap fokus belajar. Kamu bisa menggunakan teknik dengan mengatur timer selama 20 menit. Setiap kali timer berbunyi, tulislah tanda centang pada selembar kertas dan istirahatlah selama lima menit.

Lanjutkan untuk menggunakan alarm dalam interval 20 menit. Setelah kamu menulis empat tanda centang, istirahatlat selama 20 menit. Sistem manajemen waktu ini bekerja dengan baik karena memberikan waktu istirahat dan membantu berkonsentrasi. Kamu bsia beristirahat dengan meregangkan tubuh, menikmati camilan, berjalan-jalan atau lainnya.

Website untuk Belajar Bahasa Inggris Online

Mempelajari bahasa bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Banyak sumber belajar yang bisa kamu gunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa. Pilih website yang tepat dan menyediakan latihan gratis agar kamu bisa melatih kemampuan.

Berikut beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari bahasa Inggris:

  • BBC Learning English
  • British Council Learn English
  • Duolingo
  • Talk English
  • TED
  • Live Mocha
  • Fluent U
  • One Minute English

Baca Juga:
Tips Memilih Les Bahasa Inggris Online

Selain lewat website, kamu juga bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris online yang kini tersedia di banyak lembaga kursus. Dengan begitu, kamu tetap memiliki tutor yang dapat membimbing kamu dalam proses belajar.

Dengan banyaknya sumber bahasa Inggris, dari video hingga artikel, podcast hingga blog, tidak ada alasan untuk tidak belajar bahasa Inggris di internet.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi