Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Mengetahui apa saja tips belajar Bahasa Inggris untuk pemula sangatlah berharga. Kamu bisa mencoba tips-tips tersebut untuk mempermudah proses belajar agar dapat mencapai tujuan.

Bahasa Inggris adalah bahasa global dan penggunaannya tersebar luas di seluruh dunia. Karena memiliki basis pengguna global, maka akan memberikan keuntungan besar bagi siapa saja di ruang kerja. Berinteraksi dengan orang-orang dari budaya berbeda di kantor pun menjadi lebih mudah jika kamu menguasai bahasa Inggris dan dapat berbicara dengan baik!

5 Tips Belajar Bahasa Inggris, Pemula Wajib Baca!

Dalam beberapa kesempatan dan bahkan dalam bisnis sehari-hari, mengetahui bahasa Inggris memberi manfaat dalam banyak hal. Kamu dapat menggunakan bahasa tersebut untuk berinteraksi secara bebas dengan rekan kerja, kolega, atasan, dan orang lain. Berikut adalah beberapa tips belajar Bahasa Inggris untuk pemula:

Baca Juga:
Kelebihan Belajar Bahasa Inggris

1. Praktek Berbicara Bahasa Inggris

Beberapa cara yang bisa kamu pilih dalam praktek bahasa Inggris yaitu menulis, membaca dan berbicara. Sebaiknya kamu mempunyai lawan berbicara bahasa Inggris saat belajar, karena dapat membantu mengoreksi apabila terdapat kesalahan.

Jika kamu masih malu berbicara dengan teman menggunakan bahasa Inggris, maka berbicaralah di depan cermin. Tujuan berbicara dengan bahasa Inggris adalah untuk memfasihkan pelafalan. 

2. Memiliki Teman Bule 

Mempunyai teman bule pasti mahir bahasa Inggris, akan tetapi sebenarnya tidak perlu harus bule. Teman asli Indonesia yang mahir berbahasa Inggris juga dapat kamu jadikan partner dalam berbicara dengan bahasa asing. Mempunyai teman bule hanyalah salah satu cara yang bisa membantu kamu untuk lebih mudah memiliki teman ngobrol sambil latihan bahasa Inggris.

Cara ini memang terbilang sangat bagus dan efektif. Kamu tidak harus kursus dengan meluangkan waktu agar bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Jika teman kamu sudah sangat lancar berbahasa Inggris, kamu dapat meminta pertolongan untuk mengoreksi kesalahan saat berbahasa Inggris. Teman kamu bisa mengajari dan memberikan masukan.

Berlatih bahasa Inggris dengan teman sendiri tidak membuat kamu merasa sangat malu karena salah atau kurang ahli. Kesalahan atau kekurangan yang kamu lakukan akan dimaklumi dan dikoreksi.

Memiliki teman bule bisa dicari dengan menggunakan media sosial sehingga kamu dapat berkomunikasi seperti belajar menulis bahasa Inggris. Kamu tidak harus berkomunikasi secara langsung dengan teman bulemu. Kamu tetap dapat belajar melalui chat, komen status dan masih banyak lagi.

3. Ganti Bahasa di Gadget

Smartphone sampai komputer memiliki aplikasi untuk mengatur bahasa. Hal ini bisa kamu gunakan bahasa Inggris untuk dijadikan sebagai salah satu cara belajar bahasa Inggris. 

Meskipun hanya sedikit kata yang kamu temukan saat mengoperasikan gadget, namun tidak ada salah jika kamu mencobanya. Latihan bahasa Inggris bisa ditempuh dengan berbagai macam cara.

Mode bahasa Inggris dalam gadget kamu membuat kamu terbiasa membaca dan mengingat kosakata seperti emergency call, setting, dan masih banyak lagi. Tidak panik dan bingung membuat kamu lebih cepat memahami metode belajar bahasa Inggris yang satu ini. 

4. Menguji atau Menantang Diri Sendiri 

Paham dan hafal dengan kosakata ataupun vocabulary yang banyak tentu membantu kamu semakin baik dalam berbahasa Inggris. Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghafal kosakata sangat beragam.

Pertama, hafalkan sedikitnya 5 kata yang kamu dapatkan dari buku, artikel maupun berita yang menggunakan bahasa Inggris untuk sehari-hari. 5 kata tersebut ditulis pada kertas atau catatan atau smartphone. Setelah satu minggu diulangi hafalannya supaya tidak lupa.

Kedua, membaca artikel bahasa Inggris setiap hari. Kamu juga bisa memilih tantangan lain untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris. Pilih tantangan yang menarik dan menyenangkan agar kamu tidak bosan mengulangi.

5. Menggunakan Internet dan YouTube

Jika cara di atas sudah kamu pilih, akan tetapi masih ingin mencoba cara yang lain, gunakan internet atau YouTube. Kamu bisa menonton banyak chanel yang menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa tetap belajar bahasa Inggris dengan cara yang kekinian dan menyenangkan.

Agar kamu dapat semakin lancar berbahasa Inggris bisa menonton chanel yang dikelola oleh orang luar negeri. Chanel yang membahas per kata, tutorial membuat kalimat past tense, present tense dan lain sebagainya.

Baca Juga:
Motivasi Terbaik Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris Paling Efektif Untuk Pemula

Tips belajar Bahasa Inggris yang paling efektif untuk pemula adalah dengan ikut kursus, mengapa? Dengan bergabung di kursus Bahasa Inggris, akan ada tutor yang mendampingi dan membantu menyelesaikan semua kesulitan.

Tempat belajar yang nyaman, jadwal, dan materi juga telah dipersiapkan. Sehingga, pemula tidak perlu lagi merasa bingung harus belajar mulai dari mana.

Kamu harus meluangkan waktu agar bisa rutin mengikuti kursus. Kelebihan dari mengikuti kursus bahasa Inggris yaitu jika kamu menemukan kesulitan dapat langsung bertanya kepada tutor. Kamu tidak perlu kebingungan jika mengalami hal yang kurang jelas. 

Kursus bahasa Inggris dapat diikuti oleh seseorang yang akan mengikuti tes TOEFL dan ujian masuk sebuah universitas. Jika kamu ingin mahir berbahasa Inggris dengan keperluan berkomunikasi, akan tetapi bukan untuk keperluan akademis bisa memilih tips-tips di atas. 

Untuk kebutuhan belajar pemula, kamu bisa bergabung bersama ICAN English. Kamu akan belajar banyak hal, mulai dari tata bahasa, tanda baca, kosakata, keterampilan membaca, ataupun keterampilan berbicara.

Tutor kami yang profesional dan terlatih menggunakan kerja tim, permainan, teknik pemfokusan ulang, dan penetapan tujuan sebagai metode belajar. Sehingga, kami memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pendidikan bahasa Inggris terbaik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web