Ujian listening

Tips Melewati Ujian Listening Bahasa Inggris

Mar 16, 2022 | Bahasa Inggris

Ujian listening menjadi salah satu tes yang memerlukan fokus dengan tingkat tinggi. Sehingga kamu perlu menyimaknya dengan baik. Bahkan ada beberapa kasus peserta ujian terkecoh dengan pelafalannya.

Hal ini sebenarnya tidak heran, mengingat ada beberapa kata dalam bahasa inggris yang cenderung mirip-mirip. Untuk mengikuti tes listening ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sehingga ujian dapat dilewati dengan lancar.

Baca Juga: SOAL TOEFL LISTENING DAN PEMBAHASANNYA

Tips Dalam Melaksanakan Ujian Listening Bahasa Inggris

Supaya ujian listening bahasa inggris yang kamu jalan berjalan dengan lancar, maka diperlukan persiapan yang matang. Dari mulai belajar secara teknis hingga menyiapkan mental dalam menghadapinya. Untuk lebih jelasnya, simak yuk tips berikut ini sehingga kamu lebih percaya diri!

1. Pelajari Kembali Pronunciation

Pronunciation  merupakan sebuah cara pengucapan dalam bahasa inggris. Sehingga materi ini memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu kamu dalam menyelesaikan ujian listening yang sedang kamu laksanakan.

Untuk mengasah kemampuan ini, kamu dapat langsung berbicara atau mengobrol dengan native speaker. Biasanya, jika kamu mengikuti suatu kursus di sebuah Lembaga resmi maka ada native speakernya. Hal tersebut dapat kamu manfaatkan sebaik mungkin.

2. Lakukan Latihan Listening Sesering Mungkin

 Dengan melakukan latihan listening setiap hari, maka kemanapun kamu akan merasa. Kamu dapat  berlatih dengan memanfaatkan media youtube , MP3, maupun CD atau Audio dari Lembaga pelatihan yang kamu ikuti.

Aturlah jadwal dalam setiap minggu. Misalnya, kamu berlatih selama 30 menit selama lima hari berturut-turut. Akan lebih maksimal lagi jika kamu latihan setiap harinya. Selain itu, cobalah untuk berbicara bahasa inggris juga, sehingga kamu mengetahui apakah pronunciation yang kamu ucapkan sudah benar atau tidak.

3. Cobalah Untuk Fokus

Selain berlatih secara teknis, kamu pun perlu melakukan ujian listening dalam keadaan fokus. Salah satu cara agar kamu bisa fokus yaitu, sarapan terlebih dahulu dengan porsi yang cukup (usahakan konsumsi makanan yang tidak membuat kamu sakit perut atau hal lainnya), tidur yang cukup, dan lain sebagainya.

Selain itu, usahakan pula untuk tidak berusaha sempurna. Pasalnya, ketika kamu berusaha seperti ini, maka akan menimbulkan rasa panik. Sehingga, fokusmu akan terhambat dan kamu dapat mengerjakannya secara maksimal.

4. Memahami Instruksi Soal Dan Menjawab Pertanyaan Ketika Narrator Bicara

Strategi lainnya adalah dengan memahami instruksi dari soal. Jadi, sebelum lanjut narrator berbicara pahami terlebih dahulu soalnya. Sebenarnya, apakah yang diinginkan oleh soal tersebut. Apakah menyuruhmu melengkapi kalimat, mengetahui  subjek yang dimaksud, atau yang lainnya.

Setelah kamu memahaminya dengan baik, maka cobalah untuk menyimak dengan baik narator berbicara. Pahami apa yang dikatakan maupun isi percakapan narrator. Sehingga, kamu akan lebih mudah mengetahui pesan yang disampaikan dan dapat memprediksi isi jawabannya apa

5. Cobalah Gali Informasi Berapa Kali Rekaman Akan Diputar

Kamu pun perlu mengetahui berapa kali rekaman akan diputar saat ujian, sehingga kamu dapat mengatur strategi. Misalnya, diketahui bahwa rekaman di putar sebanyak dua kali. Maka satu kali putaran kamu dapat gunakan untuk menyimak isi dialog maupun pembicaraan dari narator.

Sementara untuk satu kalinya digunakan untuk memastikan apa yang telah kamu pahami dari putaran audio pertama itu benar adanya. Dengan begitu, akan lebih percaya diri dalam menjawab soal ujian.

6. Gunakan Waktu Sebaik Mungkin

Seperti yang diketahui dalam ujian listening, biasanya hanya diberikan waktu yang tidak terlalu banyak. Bahkan hitungannya hanya beberapa menit saja. Sehingga, kamu dapat menstrategikannya dengan berfokus kepada soal yang mudah.

Misalnya, jika soal nomor satu dianggap sulit, maka cepatlah pindah dan dengarkan narrator kembali untuk menjawab pertanyaan nomor dua. Hal ini akan meminimalisir kamu menghabiskan waktu terlalu banyak. Dimana jika hal ini berlanjut maka kamu memiliki peluang yang sangat sedikit dalam menyelesaikan ujian dengan maksimal.

Baca Juga: BELAJAR LISTENING TOEFL ONLINE

Cara Manajemen Waktu Untuk Memaksimalkan Persiapkan Ujian Listening

Seperti yang sudah di bawah di atas, bahwa diperlukan persiapan yang matang. Dimana hal ini dapat dilakukan dengan memanajemen waktu sebaik mungkin. Misalnya, jika kamu memiliki kegiatan seperti bekerja maupun kuliah ketika pagi hari, maka kamu dapat belajar bahasa Inggris di sore atau malam hari,.

Maka, kamu dapat berlatih ketika malam hari sebelum tidur atau lakukan ketika subuh. Atur pula durasi waktunya dan selama durasi waktu tersebut, kamu hanya fokus latihan listening dan tidak memikirkan hal lainnya.

Ujian listening memang merupakan salah satu tahap dalam menyempurnakan kemampuan kamu dalam bahasa inggris. Selain tahap untuk mendapatkan sertifikat, ujian tersebut pun dapat membantu untuk mengukur seberapa jauh tingkat kemampuan kamu dalam bahasa inggris. Terutama dalam listentening. Sehingga kamu dapat lebih memaksimalkannya lagi.

Tips Sebelum Mengerjakan Ujian Listening

Ada beberapa strategi yang dapat kamu lakukan sebelum mengikuti ujian listening bahasa inggris. Tes mendengarkan dirancang untuk menguji seberapa baik kamu dalam memahami bahasa Inggris. Tingkatkan keterampilan mendengarkan dengan banyak bahasa Inggris yang diucapkan. Manfaatkan sumber belajar yang kamu butuhkan secara online dan gratis.

Luangkan beberapa menit mendengarkan atau buat rencana belajar selama satu jam. Dari internet, kamu bisa akses banyak materi hanya dalam hitungan detik. Tes mencakup dua monolog (satu orang berbicara) dan dua percakapan, sehingga kamu harus berlatih mendengarkan keduanya.

Podcast merupakan sumber bagus untuk belajar selama selama dua menit atau selama satu jam. Podcast juga mencakup berbagai topik agar kamu bisa menemukan sesuatu yang menarik didengarkan. Platform terbaik untuk mencari podcast adalah Stitcher.

Tidak ada gunanya menghabiskan berjam-jam mendengarkan bahasa Inggris dan menyelesaikan tes latihan. Belajar akan lebih efektif kalau kamu mengidentifikasi area kelemahan dan fokus pada peningkatan tersebut secara khusus.

Kelemahan tersebut bisa saja terletak pada tata bahasa, rentang kosakata terbatas, atau sulit mengikuti percakapan. Salah satu cara mengidentifikasi tantangan, jika belum tahu mana kelemahannya, adalah menganalisis hasil tes latihan. Evaluasi kesalahan apa yang sering kamu lakukan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH