tips belajar reading bahasa inggris

Tips Belajar Reading Bahasa Inggris

Belajar reading Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan beberapa cara. Bahkan dari sering-sering berlatih dengan soal reading hingga membaca artikel dalam bahasa Inggris. Hal ini tentunya akan meningkatkan kemampuan kamu dalam bahasa inggris. Namun, hal ini perlu dilakukan secara rutin atau konsisten.

Tips Belajar Reading Bahasa Inggris Dari Berbagai Media

Beberapa hal dibawah ini dapat kamu jadikan referensi untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki. Selain itu, tidak hanya satu media saja yang dapat digunakan. Kamu dapat menggunakan beberapa media, sehingga belajar reading bahasa Inggris tidak akan membosankan. Inilah cara-cara tersebut!

1. Sering Belajar Dengan Soal Latihan

Kamu dapat memanfaatkan soal-soal reading yang telah kamu kerjakan dari tempat kursus yang kamu ikuti. Biasanya akan ada beberapa soal. Sehingga usahakan untuk tidak membuang soal ujian tersebut. Sehingga dapat kamu gunakan untuk belajar. Selain itu, lingkari atau berikan tanda pada soal-soal yang dijawab kurang tepat.

Nantinya, kamu bisa mempelajari soal tersebut dan apa yang salah dari jawaban yang kamu berikan. Biasanya, setelah ujian akan ada pembahasan soal. Manfaatkanlah hal ini, jika kamu kurang paham, cobalah tanyakan pada tutor mu saat ini. Sehingga kebingunganmu dapat terjawab.

Baca Juga:
Trik Melatih Kemampuan Reading Bahasa Inggris

2. Membaca Novel

Media lainnya adalah dengan membaca novel bahasa Inggris. Tentu hal ini sangat menyenangkan bagi kamu yang senang membaca novel atau cerita-cerita fiksi. Ternyata, hobi ini pun dapat membantu kamu untuk belajar reading bahasa Inggris. Pilihlah novel-novel yang memiliki sinopsis yang menarik. Dengan begitu, kamu pun tidak akan cepat bosan membacanya.

Untuk membelinya sendiri, kamu dapat mengunjungi toko buku terdekat atau membelinya di marketplace. Pasalnya, sekarang sudah banyak buku yang dijual secara online, termasuk novel dalam bahasa Inggris.

Namun, untuk awal-awal, cobalah pilih novel yang memiliki gaya bahasa dan bahasan yang ringan. Pasalnya ada beberapa novel memang memiliki bahasan yang berat. Ini tentu, akan membutuhkan banyak waktu untuk memahami apa maksud dari kalimat atau paragraf dalam novel tersebut.

3. Membaca Koran Dalam Bahasa Inggris

Koran bahasa inggris memang tidak dipasarkan seramai koran bahasa Indonesia. Namun, kamu dapat dengan mudah mendapatkannya di tempat jualan buku-buku bekas. Selain itu, lebih mudah lagi, kamu dapat mencarinya di marketplace.

Disana ada beberapa orang yang menjual koran bahasa Inggris lengkap dengan  harga dan detail produknya. Dengan begitu, hal tersebut dapat memudahkan untuk menemukan koran mana yang cocok untuk jadi bahan pembelajaran bahasa Inggris.

Setelah mendapatkan koran, kamu dapat fokus terlebih dahulu pada satu rubik saja terlebih dahulu. Setelahnya, kamu pahami maksudnya seperti apa. Selain itu, jika ada kosa kata baru, kamu dapat mencatatnya sebagai tambahan kosakata baru.

4. Membaca Artikel Bahasa Inggris Pada Sebuah Website

Cara ini cukup mudah dan gratis. Pasalnya, kamu dapat membaca artikel bahasa inggris kapanpun dan dimanapun. Selama jaringan internet memang bagus. Kelebihan lain dari membaca artikel dengan cara ini adalah kamu dapat dengan bebas membaca artikel tema apa saja.

Tanpa terkecuali. Dari mulai artikel kesehatan, news, lifestyle, parenting, maupun hal lainnya sehingga kamu dapat menambah pengetahuan, menemukan kosakata baru, dan lain sebagainya. Dimana hal tersebut dapat membuat knowledge kamu meningkat pula.

Baca Juga:
Latihan Reading Bahasa Inggris

Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Belajar Reading Bahasa Inggris

Untuk belajar reading bahasa Inggris, supaya lebih semangat dan tidak berhenti hanya karena rasa bosan. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Meski begitu, bergabung dalam kursus bahasa Inggris menjadi cara terbaik agar kamu bisa mahir berbahasa Inggris. Nah, berikut hal yang perlu kamu lakuan agar belajar reading lebih efektif.

1. Temukan Waktu Yang Tepat

Menemukan waktu yang tepat, akan membuat kamu lebih rileks dalam belajar. Pasalnya, kamu tidak akan diburu-buru oleh suatu hal. Misalnya, kerjaan, jadwal memasak, jadwal bertemu dengan seseorang, maupun hal lain.

Salah satu caranya untuk menemukan waktu yang tepat adalah dengan membuat jadwal harian. Misalnya, dalam seminggu itu kamu akan melakukan apa saja. Sehingga, aktivitas akan lebih tertata dan kamu pun akan lebih fokus lagi dalam melakukan setiap aktivitas. Termasuk dalam belajar bahasa Inggris.

2. Buat Komitmen

Cobalah untuk komitmen dengan jadwal maupun target yang telah kamu buat. Misalnya, dalam waktu 30 menit, kamu harus menyelesaikan 5 soal reading. Maka maksimalkan waktu yang ada. Dengan begini, kamu akan terbiasa dengan mengerjakan soal menggunkan waktu.

3. Ingat Tujuan

Sebelum belajar, cobalah ingat tujuanmu melakukan kursus dan ingin mendapatkan sertifikat. Apakah untuk karir, pendidikan, atau yang lainnya. Sehingga ketika merasa bosan dalam belajar, kamu dapat mengingat tujuan tersebut dan hal tersebut bisa menstimulasi semangat kamu kembali.

Tips belajar reading Bahasa Inggris dapat kamu terapkan untuk melatih kemampuanmu. Selain itu, untuk menambah enjoy ketika kamu belajar. Temukan metode yang tepat agar kamu lebih enjoy belajar di alam yang terbuka, belajar malam hari, belajar dengan cara membaca novel sambil jalan, atau yang lainnya. 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi