3 tips belajar toefl mandiri

3 Tips Belajar TOEFL Mandiri

Tes TOEFL dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris mereka yang tidak berbahasa Inggris. Tes ini menguji kemampuan menulis, membaca, mendengar dan berbicara. Menjadi tes yang cukup sulit, tips belajar TOEFL mandiri perlu kamu ketahui dengan baik sebelum menjalani tes ini.

Tes TOEFL ini biasanya dibutuhkan jika kamu berencana untuk mendaftar di universitas berbahasa Inggris. Mempersiapkan diri untuk menjalani tes ini diperlukan agar kamu mendapatkan skor yang maksimal. Bergabung dalam kelas persiapan TOEFL bisa jadi salah satu cara persiapan diri yang maksimal.

3 Cara Belajar TOEFL Secara Mandiri

Jika kamu berencana belajar TOEFL mandiri tanpa bergabung dalam kursus, pastikan kamu melakukan beberapa tips di bawah ini agar kamu bisa mempersiapkan diri secara efektif.

Baca Juga:
Soal TOEFL Subject Verb Agreement

Berikut tips belajar TOEFL mandiri yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Ketahui Format Tes

Jika kamu berencana untuk menjalani tes TOEFL, sangat penting untuk mengetahui format tes terlebih dahulu. Kamu bisa menunjungi situs resmi TOEFl untuk menemukan informasi mengenai format tes, menemukan jawaban dari setiap pertanyaan kamu dan di lokasi mana tes tersebut diadakan.

Sumber lain yang cukup relevan adalah Magoosh. Situs ini menawarkan informasi mengenai kursus TOEFL secara lengkap, termasuk pelajaran video, ratusan soal latihan, jadwal belajar dan dukungan dari guru. Ini adalah sumber yang luar biasa untuk mempelajari cara kerja ujian TOEFL dan cara mendapatkan skor tinggi.

2. Ciptakan Ruang Belajar yang Ideal

Lingkungan belajar yang baik penting untuk mencapai nilai yang diinginkan. Kamu bisa menciptakan lokasi belajar yang ideal di manapun, entah di kamar, cafe atau tempat lainnya.

Saat memilih lokasi belajar, ciptakan ruang tanpa gangguan. Beri tahu keluarga dan teman bahwa kamu sedang belajar agar mereka tidak mengganggu. Matikan ponsel dan jangan lihat media sosial untuk proses belajar yang efektif.

Kamu bisa mencoba latihan pernapasan santai. Tarik napas dalam dan keluarkan jika kamu mulai merasa lelah dan terbebani dengan setiap bagian tes. Ini akan membantu kamu untuk tetap fokus pada proses belajar.

3. Gunakan Aplikasi di Ponsel

Terakhir, kamu dapat belajar bahasa Inggris lebih cepat melalui situs web dan aplikasi. Salah satu contoh populer adalah Duolingo, situs web belajar gratis ini tersedia untuk iOs dan Android.

Duolingo menggunakan suasana seperti permainan yang efektif untuk mengajarkan bahasa asing kepada pengguna. Ini sangat membantu untuk meninjau pola tata bahasa dasar dan kata-kata kosa kata di tingkat pemula dan menengah.

Baca Juga:
Rekomendasi Buku Persiapan TOEFL Terbaik

Belajar TOEFL Lewat Kesalahan

Kamu juga harus meluangkan waktu untuk menganalisis kesalahan yang kamu buat pada soal latihan. Menentukan di mana kesalahan pada soal latihan TOEFL bisa membantu kamu menghindari kesalahan yang sama pada tes sebenarnya.

Jika kamu memilih jawaban yang salah untuk sebuah pertanyaan, jangan hanya membaca penjelasan jawabannya. Sebaliknya, gunakna pilihan jawaban yang benar untuk memandu pemikiran kamu.

Misalnya, di bagian membaca dan mendengarkan, baca ulang bagian tersebut atau dengarkan audio sekali lagi untuk membantu menemukan bukti baru yang mungkin kamu lewatkan sebelumnya. Terus lakukan proses ini sampai kamu menemukan mengapa satu jawaban dianggap benar.

Ulangi proses ini untuk semua pertanyaan yang kamu jawab salah selama studi TOEFL. Seiring waktu, kamu harus mulai dapat mengidentifikasi pola dan mencari tahu lebih cepat mengapa pilihan jawaban tertentu benar atau salah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web