tips berhasil menyelesaikan listening section ielts

Tips Berhasil Menyelesaikan Listening Section IELTS

Ketika mengerjakan soal listening section IELTS, kamu akan mendengarkan empat rekaman (dialog dan monolog), dan menjawab pertanyaan yang diujikan. Rekaman tersebut adalah dialog dan monolog dari native English speakers dengan berbagai aksen. Kamu hanya bisa mendengarkan rekaman tersebut satu kali saja.

Dalam rekaman pertama, kamu akan mendengarkan dialog dengan konteks kegiatan sehari-hari. Pada rekaman kedua, kamu akan mendengarkan monolog dengan konteks kehidupan sosial sehari-hari, seperti kondisi jalan raya di sebuah tempat.

Rekaman kedua memperdengarkan percakapan lebih dari dua orang dengan konteks kehidupan akademik. Misalnya, diskusi antara murid dan guru. Rekaman keempat memperdengarkan sebuah monolog dengan subjek akademik apapun, contohnya perkuliahan.

Persiapan Listening Section dalam tes IELTS

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum mengikuti ujian. Seluruh persiapan sebelum ujian ini akan membantu supaya dapat meningkatkan skor sebagaimana berikut:

1. Meningkatkan Keterampilan General Listening

Tujuan Listening section dalam tes IELTS adalah untuk menguji kemampuan mendengarkan. Jangan hanya menggunakan soal-soal listening saja untuk latihan, karena cara ini hanya akan membuat kamu lebih familiar dengan format tes, tetapi kurang efektif untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan.

Belajar akan lebih efektif apabila kamu sering mendengarkan berbagai macam aksen bicara orang lain. Misalnya, dengan mendengarkan laporan radio, pertunjukan TV, atau program dokumentasi dalam Bahasa Inggris. Setelah itu, kamu bisa menguji kemampuan mendengarkan dengan mengerjakan berbagai soal listening.

2. Tingkatkan Kemampuan Kosakata

Pada listening section IELTS untuk sesi ketiga selalu berkaitan dengan pendidikan. Contoh, seorang guru dan murid berbicara tentang tugas akademik. Kamu harus mempelajari seluruh kosakata terkait belajar di perguruan tinggi. Hal ini akan membantu meningkatkan pemahaman lebih tinggi dalam sesi tersebut.

Baca Juga:
Cara Menemukan Tempat Tes IELTS di Jakarta yang Bagus

3. Latih Konsentrasi

Akan lebih sulit untuk bisa tetap fokus saat mengerjakan tes Listening. Tetapi, agar kamu bisa mendapatkan band 7 atau lebih, kamu harus mampu meningkatkan konsentrasi dan berlatih active listening. Caranya, lakukan latihan kecil ketika kamu sedang mendengarkan sesuatu untuk menguji kemampuan mendengarkan.

Dengan melakukan active listening, kamu akan meningkatkan kemampuan spelling, grammar, dan vocabulary. Semua pengetahuan tersebut sangat penting agar kamu bisa lolos ujian listening IELTS.

4. Kenali Seperti Apa Ujian Listening IELTS

Ujian IELTS Listening berjalan selama 30 menit, dengan total 40 soal dan ujian dibagi dalam empat bagian. Soal-soal tersebut akan semakin sulit, sehingga kunci utamanya adalah pembagian waktu. Untuk tiap sesi, kamu harus melihat soal terlebih dahulu sebelum rekaman diputar.

Ikuti instruksi dalam soal dengan hati-hati, apalagi jika ada batasan jumlah kata.Jika soal tersebut menyebutkan bahwa jawaban tidak boleh lebih dari tiga kata, maka jawaban kamu akan salah jika tidak sesuai dengan perintah tersebut. Pastikan kamu mempunyai waktu cukup untuk memeriksa jawaban di akhir ujian.

5. Latihan dengan Bijak

Jika sudah rutin berlatih, mengoreksi seluruh hasil belajar sangatlah penting, walaupun ini adalah proses yang sulit. Belajar listening bukan berarti kamu harus menyelesaikan satu per satu latihan, karena keterampilan ini butuh peningkatan. Uji kemampuan kamu secara berulang juga tidak akan efektif.

Jadi, latihan secara konsisten seperti mengerjakan soal listening yang mirip dengan tes resmi IELTS dengan durasi yang sama. Cara ini akan meningkatkan keterampilan mengatur waktu. Kamu juga harus memperhatikan lebih pada bagian spelling.

Baca Juga:
Panduan Lengkap Belajar Speaking IELTS

Cara Berhasil Memperoleh Band 8 IELTS Listening

Jika kamu ingin mengikuti listening section IELTS dengan skor band 8 untuk kebutuhan akademik, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan. Ujian IELTS diawasi dan diatur oleh para profesional. Sehingga, tidak ada trik atau tips yang bisa menjamin kamu akan mendapatkan skor tinggi.

Maka, cara paling penting agar band 8 bisa kamu capai adalah mengembangkan keterampilan mendengarkan. Rajin mendengarkan Bahasa Inggris akan meningkatkan pemahaman kamu dalam bahasa tersebut secara alami. Ada banyak cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Contohnya, kamu bisa mendengarkan podcast, nonton BBC, atau lainnya.

ICAN English menyediakan kursus Bahasa Inggris yang bisa membantu meningkatkan band skor listening kamu, lebih baik dari sebelumnya. Dengan adanya tutor dan materi pembelajaran yang intensif, kamu dapat menginvestasikan waktu beberapa bulan supaya lebih siap menghadapi IELTS resmi.

Dalam kursus tersebut, kamu akan mendapatkan panduan secara sistematis, lengkap dengan sumber belajar, dan penjelasan dari tutor profesional. Sehingga, kamu mempunyai pemahaman fundamental yang kuat sebelum menghadapi ujian IELTS. Kamu juga akan lebih merasa percaya diri dan mempunyai teknik manajemen yang tepat untuk menyelesaikan soal-soal.

Jika kamu tidak terbiasa mendengarkan Bahasa Inggris, akan sangat mudah kehilangan fokus ketika menghadapi ujian nanti, khususnya pada sesi Listening. Persiapkan diri sebaik mungkin, dengan bergabung di kelas khusus persiapan IELTS agar kamu tidak belajar sendiri dan mendapatkan arahan dari tutor yang sudah berpengalaman.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web