Tips Atur Waktu Agar Bisa Belajar Bahasa Inggris, Mahasiswa Wajib Tahu!

Tips Atur Waktu Agar Bisa Belajar Bahasa Inggris, Mahasiswa Wajib Tahu!

Banyak orang yang ingin bisa belajar bahasa inggris tetapi kesulitan dalam mengatur waktu karena terlalu sibuk. Jadwal kuliah ditambah kursus membuat kamu mungkin menjadi salah satu diantara mereka yang kesulitan mengatur waktu. Tidak perlu bingung, ada beberapa cara terbaik agar kamu bisa mengatur waktu belajar Bahasa inggris.

Setiap hari, sebagai seorang mahasiswa, kamu punya jadwal kegiatan yang padat, termasuk kuliah, mengerjakan tugas, dan mengikuti kursus. Padahal, kamu juga butuh waktu untuk belajar Bahasa inggris.

Cara Mengatur Waktu Belajar Bahasa Inggris

Agar bisa belajar bahasa inggris, kamu dituntut bijak dalam mengatur jadwal belajar. Selain memberikan banyak manfaat dalam studi ataupun karir, bisa Bahasa inggris sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri. Agar kamu dapat belajar dengan efektif, tanpa kehilangan waktu untuk beristirahat, berikut adalah beberapa cara mengatur waktu belajar tersebut:

1. Tulis Materi yang Ingin Kamu Pelajari

Langkah pertama agar kamu bisa membuat waktu belajar rutin dan teratur adalah menentukan apa saja daftar materi yang ingin kamu kuasai dalam Bahasa inggris, sehari-hari. Ingat, kamu tidak harus belajar seluruh materi tersebut dalam waktu satu hari.

Contoh, terdapat 16 tenses yang tidak mungkin kamu pelajari dalam sehari saja. Sehingga, kamu bisa menekankan cara belajar dengan mengatur materi simple present terlebih dahulu pada beberapa hari ke depan. Cara seperti ini akan membuat kamu fokus belajar, karena kamu mempelajarinya secara bertahap. Belajar juga sebaiknya tidak terlalu singkat tapi taidak terlalu lama.

Baca Juga:
Tips Belajar Bahasa Inggris dari Awal

2. Tentukan Prioritas

Ketika menyusun jadwal, kamu wajib membuat jadwal sesuai prioritas. Contoh, pada minggu ini kamu akan fokus mempelajari simple present tense, lalu pada minggu berikutnya bisa mempelajari terkait simple past tense. Gunakan hari minggu untuk melakukan evaluasi pembelajaran untuk mengetahui apakah kamu sudah benar-benar menguasai materi tersebut atau tidak, sehingga perlu pengulangan materi.

3.Durasi Belajar Sesuai Kemampuan

Masing-masing pelajar pasti punya kemampuan berpikir serta durasi fokus yang berbeda. Itulah mengapa, cobalah membuat jadwal dengan ketentuan durasi belajar sesuai kemampuan fokus diri sendiri. Contoh, kalau kamu hanya bisa belajar secara fokus maksimal dua jam, cobalah untuk menerapkan cara belajar tersebut secara rutin, tapi tidak lebih dari dua jam.

Kalau dipaksa belajar dalam waktu yang lama melebihi kemampuan diri, justru materi yang kamu pelajari tidak dapat dipahami dengan baik. Kamu bisa membuat diri sendiri jadi gampang stress hingga lupa istirahat.

4. Sisihkan Waktu

Dengan kegiatan yang sangat padat dalam kehidupan sehari-hari, kamu juga wajib meluangkan waktu untuk beristirahat. Contohnya, kamu bisa membaca komik, bermain dengan hewan peliharaan, dan lainnya. Memang, hal seperti ini bukan termasuk kegiatan belajar. Akan tetapi, sangat berguna untuk menghilangkan rasa jenuh atau stress karena terlalu keras dalam belajar.

Cara ini juga bisa membantu pikiran tetap segar. Sehingga, kamu dapat kembali ke rutinitas belajar Bahasa Inggris sesuai jadwal yang telah kamu buat setiap hari.

5. Menentukan Gaya Belajar

Agar belajar Bahasa inggris lebih efektif, maka tentukan terlebih dahulu seperti apa gaya belajar yang sesuai dengan kemampuan diri. Gaya belajar yang tepat akan membuat kamu lebih cepat memahami materi. Contoh, kamu bisa belajar dengan gaya visual, gaya belajar kinestetik, belajar gaya auditori, atau gaya belajar membaca.

Baca Juga:
Cara Paling Mudah Belajar Bahasa Inggris

Kegiatan Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris Sehari-hari

Agar kamu bisa belajar dengan efektif, ada banyak kegiatan sederhana yang bisa kamu lakukan secara menyenangkan. Contoh, kamu bisa memanfaatkan kemampuan teman dalam berbahasa inggris untuk menjadi tutor. Ajak teman tersebut untuk berlatih Bahasa inggris setiap hari, baik saat bertemu atau saat chatting. Dengan inilah, maka skill Bahasa inggris kamu jadi lebih meningkat.

Punya teman yang suka belajar pasti menyenangkan. Kamu dapat mencari teman tersebut di berbagai tempat, termasuk di forum, komunitas, ataupun dengan berkenalan di medsos seperti Facebook, Instagram, dan lainnya.

Mengatur waktu yang lebih konsisten dalam belajar Bahasa inggris berikutnya yaitu dengan mengambil kelas Bahasa inggris. ICAN English menyediakan kursus Bahasa inggris bagi para pelajar yang kesulitan mengatur waktu untuk belajar secara otodidak. Konsultasi terlebih dahulu agar kamu dapat memilih waktu yang tepat sesuai dengan jadwal belajar yang tersedia di lembaga kursus kami.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web