Tes writing IELTS

Tips Lewati Tes Writing IELTS dengan Lancar

Feb 15, 2022 | IELTS

Ketika mengikuti tes IELTS, kamu akan dihadapkan dengan ujian writing. Tes writing IELTS terdiri dari 2 soal, dengan Task 1 yang mengharuskan peserta untuk menuliskan laporan berdasarkan grafik, bagan atau diagram yang diberikan.

Sedangkan, Task 2 meminta peserta untuk menuliskan essai berdasarkan topik yang telah diberikan.

Baca Juga: PERSIAPAN BELAJAR IELTS OTODIDAK

Trik Mengerjakan Writing IELTS

Bagian writing ini sendiri adalah bagian ketiga pada tes  IELTS dan berdurasi 1 jam. Tidak ada batas waktu untuk setiap soal yang ada pada bagian ini, jadi kamu dapat mengatur waktu sesuai kemampuan kamu.

Nah, untuk mengerjakan tes writing IELTS, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar dapat melewatinya dengan mudah.

1. Baca Pertanyaan dengan Baik

Bacalah pertanyaan dengan baik, beri garis bawah pada poin yang penting yang pelru dijelaskan dalam tulisan kamu. Hal ini bisa membantu kamu menjawab dengan relevan dan mencegah menulis bahasan yang tidak ada hubungannya dengan topik.

Untuk Task 1, kamu pelru menghubungkan tulisan kamu dengan data yang bisa kamu dapatkan dari diagram, bahan atau grafik. Biasanya, kamu harus membandingkan data pada tahap ini. Sedangkan, Task 2 mengharuskan kamu untuk menuliskan argument. Di sini, kamu perlu menuliskan jawaban dengan alasan yang jelas.

2. Jangan Langsung Mulai Menulis

Setelah membaca soal, kamu tidak perlu mulai menulis. Buatlah rencana terlebih dahulu mengenai bagaimana kamu akan menjawab pertanyaan tersebut dan bagaimana kamu membagi tulisan kamu dalam sebuah paragraph.

Tuliskan juga poi napa saja yang perlu kamu masukkan ke setiap paragraph tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menulis dengan lebih lancar dan tidak membuang waktu.

3. Perhatikan Word Limit

Kamu perlu mengetahui bahwa di setiap bagian terdapat word limit. Task 1 biasanya meminta kamu menuliskan minimal 150 kata dan task 2 minimal 250 kata. Jika kamu menulis kurang dari word limit tersebut, maka nilai kamu akan dikurangi.

Namun, hindari juga menulis terlalu panjang. Kamu perlu memperhatikan juga batas waktu yang diberikan. Selain itu, pastikan tulisan kamu relevan dengan topik yang diberikan dan jangan menuliskan argument atau pernyataan yang tidak diperlukan.

Baca Juga: TIPS BELAJAR TES IELTS UNTUK PEMULA

Tips Menghemat Waktu dalam Tes Writing IELTS

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa IELTS memiliki batas waktu sendiri. Kamu perlu merencanakan konsep sebelum menulis agar bisa menghemat waktu. Setelah selesai membuat perencananaan, kamu tidak akan bingung mengenai topik apa yang akan kamu tulis.

Untuk mengetahui apakah kamu sudah mencapai target word limit, hitunglah jumlah baris tulisan kamu, dan jangan hitung per kata.

Setiap kali kamu berlatih menulis, jangan lupa untuk menghitung perkiraan berapa kata yang bisa kamu tuliskan dalam setiap baris. Lalu, kamu bisa kalikan jumlah baris tersebut dengan jumlah kata. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan perkiraan kata yang telah kamu tuliskan.

Karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi, kursus persiapan IELTS akan sangat diperlukan agar kamu bisa mendapatkan skor maksimal.

Untuk bagian writing, sebaiknya kamu mengalokasikan waktu untuk merencanakan tulisan dan memeriksa ulang tulisan tersebut. Kamu juga perlu ingat bahwa kualitas tulisan selalu lebih penting daripada kuantitasnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Memilih Kursus IELTS Terbaik

Tips Memilih Kursus IELTS Terbaik

IELTS atau The Internasional English Language Testing System merupakan tes bahasa inggris yang banyak digunakan secara internasional. Tes ini digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar kuliah, kelengkapan syarat kuliah, melamar pekerjaan hingga untuk syarat...

Berapa Kisaran Biaya Tes IELTS?

Berapa Kisaran Biaya Tes IELTS?

Persiapan IELTS melibatkan pemahaman format tes, bagaimana itu ditandai dan kemudian membuat rencana untuk mencapai skor yang diinginkan. Selain mempersiapkan diri, kamu juga perlu mempersiapkan biaya tes IELTS. Persiapan IELTS sendiri biasanya meliputi latihan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH