Tata bahasa Inggris

Mengenal Tata Bahasa Inggris, Apa Saja Aturannya?

Mar 16, 2022 | Bahasa Inggris

Tata bahasa inggris merupakan aturan yang harus kamu pelajari terkait penggunaan Bahasa Inggris. tata bahasa membuat kamu bisa mempelajari setiap materi dalam Bahasa Inggris lebih mudah. Dengan memahaminya, maka kamu bisa meningkatkan kemampuan menulis atau berbicara.

Baca Juga : MATERI BELAJAR BAHASA INGGRIS DASAR

Materi Belajar Tata Bahasa

Dalam tata bahasa, terdapat struktur kompleks yang bisa kamu kuasai hanya dengan meluangkan waktu, usaha, dan latihan secara intensif. ICAN English akan memberikan penjelasan terkait tata bahasa dan semua aturan dalam penggunaan bahasa Inggris yang tepat. Kami juga menyediakan kursus bahasa Inggris yang dapat memudahkan kamu dalam mempelajari bahasa ini.

Berikut adalah penjelasan terkait apa saja materi dalam mempelajari tata bahasa inggris:

1. Part of Speech

Setiap kata pada Bahasa Inggris bisa digolongkan dalam part of speech yang khusus. Adalah anggapan yang salah jika part of speech adalah mendefinisikan apa itu kata, tetapi justru lebih cenderung pada bagaimana menggunakan kata.

Noun adalah kata benda, orang, tempat, dan benda apapun seperti school, pencil, grandma, dan sebagainya. Pronoun membahas kata ganti kata benda dalam kalimat tertentu, seperti he, they, dan she. Article juga merupakan bagian part of speech, istilah khusus untuk memulai kata benda pada kalimat seperti a, the, dan an.

Adjective merupakan kata sifat, menjelaskan kata benda atau kata ganti seperti red, beautiful, sweet. Verb yaitu kata kerja, menjelaskan kondisi atau tindakan, seperti read, walk, sleep. Adverb adalah kata keterangan, memodifikasi maupun menjelaskan kata kerja juga untuk memodifikasi kata sifat, seperti beautifully, rapidly, perfectly.

Sedangkan conjunction adalah penghubung dua kalimat, seperti but, and, dan nevertheless. Preposition juga part of speech untuk kata benda atau kata ganti sehingga membentuk frasa dan memodifikasi part of speech lain, seperti kata benda, kata ganti, kata kerja, dan kata sifat, misalnya from, up, dan down.

Terakhir, yaitu interjection, kata seru untuk keadaan emosional seperti halnya hey!, ouch!, wow!

2. Lambang Bilangan

Lambang bilangan juga merupakan bagian dari tata bahasa Inggris. untuk menulis lambang bilangan satu angka dari 0 hingga 9, maka ditulis pada bentuk huruf. Sementara lambang bilangan dua angka dari 10 hingga seterusnya, maka harus ditulis dalam numerik.

3. Menyusun Kalimat Dasar

Dalam menyusun kalimat bahasa inggris, maka harus ada subjek dan verbb. Apabila ada kalimat yang tidak punya salah satunya, dikenal sebagai sentence fragment atau kalimat yang tidak benar.

Subjek dalam Bahasa Inggris bisa kata benda atau kata ganti, sedangkan tindakan yang dilakukan berbentuk kata kerja, sebagaimana contoh berikut:

The dog slept.

Subjek adalah dog atau anjing dan tindakannya adalah slept atau tidur.

Contoh kalimat yang tidak tepat yaitu yesterday morning, karena itu adalah keterangan waktu saja, tidak ada subjek dan tidak ada verb.

Baca Juga: BELAJAR BAHASA INGGRIS EXPRESSION

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Tata Bahasa

Tata bahasa inggris sangat penting untuk diperhatikan ketika ingin menguasai kemampuan berbahasa. Salah satu hal penting yang harus kamu pelajari yaitu subject-verb agreement. Pada sebuah kalimat, subjek dan noun harus menggunakan kondisi tunggak atau jamak. Subjek jamak harus berpasangan dengan verb jamak, seperti contoh berikut:

John and Sam are at school (Benar)

John and Sam is at school (Salah)

Selanjutnya, kamu juga bisa memahami lebih lanjut tentang tata bahasa dalam Bahasa Inggris dengan memperhatikan kalimat majemuk atau compound sentence. Conjunction dibutuhkan untuk menggabungkan dua kalimat sehingga menjadi satu kalimat, seperti contoh berikut:

The cat slept. He was sick.

Kamu bisa mengubah dua kalimat tersebut menjadi satu kalimat seperti contoh berikut:

The cat slept and he was sick.

Nah, sekarang kamu jadi tahu banyak tentang beberapa hal penting dalam tata bahasa. Dengan demikian, kamu bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris secara bertahap.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH