Mengenal Tata Bahasa Inggris dan Aturannya

Mengenal Tata Bahasa Inggris, Apa Saja Aturannya?

Tata bahasa inggris merupakan aturan yang harus kamu pelajari terkait penggunaan Bahasa Inggris. tata bahasa membuat kamu bisa mempelajari setiap materi dalam Bahasa Inggris lebih mudah. Dengan memahaminya, maka kamu bisa meningkatkan kemampuan menulis atau berbicara.

3 Materi Belajar Tata Bahasa

Dalam tata bahasa, terdapat struktur kompleks yang bisa kamu kuasai hanya dengan meluangkan waktu, usaha, dan latihan secara intensif. ICAN English akan memberikan penjelasan terkait tata bahasa dan semua aturan dalam penggunaan bahasa Inggris yang tepat. Kami juga menyediakan kursus bahasa Inggris yang dapat memudahkan kamu dalam mempelajari bahasa ini.

Berikut adalah penjelasan terkait apa saja materi dalam mempelajari tata bahasa inggris:

1. Part of Speech

Setiap kata pada Bahasa Inggris bisa digolongkan dalam part of speech yang khusus. Adalah anggapan yang salah jika part of speech adalah mendefinisikan apa itu kata, tetapi justru lebih cenderung pada bagaimana menggunakan kata.

Noun adalah kata benda, orang, tempat, dan benda apapun seperti school, pencil, grandma, dan sebagainya. Pronoun membahas kata ganti kata benda dalam kalimat tertentu, seperti he, they, dan she. Article juga merupakan bagian part of speech, istilah khusus untuk memulai kata benda pada kalimat seperti a, the, dan an.

Adjective merupakan kata sifat, menjelaskan kata benda atau kata ganti seperti red, beautiful, sweet. Verb yaitu kata kerja, menjelaskan kondisi atau tindakan, seperti read, walk, sleep. Adverb adalah kata keterangan, memodifikasi maupun menjelaskan kata kerja juga untuk memodifikasi kata sifat, seperti beautifully, rapidly, perfectly.

Sedangkan conjunction adalah penghubung dua kalimat, seperti but, and, dan nevertheless. Preposition juga part of speech untuk kata benda atau kata ganti sehingga membentuk frasa dan memodifikasi part of speech lain, seperti kata benda, kata ganti, kata kerja, dan kata sifat, misalnya from, up, dan down.

Terakhir, yaitu interjection, kata seru untuk keadaan emosional seperti halnya hey!, ouch!, wow!

Baca Juga :
Materi Belajar Bahasa Inggris Dasar

2. Lambang Bilangan

Lambang bilangan juga merupakan bagian dari tata bahasa Inggris. untuk menulis lambang bilangan satu angka dari 0 hingga 9, maka ditulis pada bentuk huruf. Sementara lambang bilangan dua angka dari 10 hingga seterusnya, maka harus ditulis dalam numerik.

3. Menyusun Kalimat Dasar

Dalam menyusun kalimat bahasa inggris, maka harus ada subjek dan verbb. Apabila ada kalimat yang tidak punya salah satunya, dikenal sebagai sentence fragment atau kalimat yang tidak benar.

Subjek dalam Bahasa Inggris bisa kata benda atau kata ganti, sedangkan tindakan yang dilakukan berbentuk kata kerja, sebagaimana contoh berikut:

The dog slept.

Subjek adalah dog atau anjing dan tindakannya adalah slept atau tidur.

Contoh kalimat yang tidak tepat yaitu yesterday morning, karena itu adalah keterangan waktu saja, tidak ada subjek dan tidak ada verb.

Baca Juga:
Belajar Bahasa Inggris Expression

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Tata Bahasa

Tata bahasa inggris sangat penting untuk diperhatikan ketika ingin menguasai kemampuan berbahasa. Salah satu hal penting yang harus kamu pelajari yaitu subject-verb agreement. Pada sebuah kalimat, subjek dan noun harus menggunakan kondisi tunggak atau jamak. Subjek jamak harus berpasangan dengan verb jamak, seperti contoh berikut:

John and Sam are at school (Benar)

John and Sam is at school (Salah)

Selanjutnya, kamu juga bisa memahami lebih lanjut tentang tata bahasa dalam Bahasa Inggris dengan memperhatikan kalimat majemuk atau compound sentence. Conjunction dibutuhkan untuk menggabungkan dua kalimat sehingga menjadi satu kalimat, seperti contoh berikut:

The cat slept. He was sick.

Kamu bisa mengubah dua kalimat tersebut menjadi satu kalimat seperti contoh berikut:

The cat slept and he was sick.

Nah, sekarang kamu jadi tahu banyak tentang beberapa hal penting dalam tata bahasa. Dengan demikian, kamu bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris secara bertahap.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi