3 Tips untuk Lulus Ujian IELTS

3 Tips untuk Lulus Ujian IELTS

Mempersiapkan diri untuk ujian IELTS bisa menjadi pengalaman yang menakutkan. Banyak siswa mencari tahu tips lulus ujian IELTS agar bisa melewati tes ini dengan baik. Namun, persiapan paling penting adalah bergabung dalam kursus persiapan IELTS agar kamu lebih mudah untuk belajar secara maksimal.

Setiap kandidat ingin lulus IELTS pada percobaan pertama. Seperti tes lainnya, kuncinya terletak pada persiapan. Namun, sebagai ujian bahasa Inggris utama bagi siswa internasional yang pergi ke luar negeri, persiapan kamu mungkin berbeda dari ujian rata-rata.

Tips Lulus Ujian IELTS yang Bisa Dilakukan

Format IELTS termasuk unik, memberikan penilaian dalam empat kategori terpisah: mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Oleh karena itu, kamu harus membuktikan keterampilan yang memadai di setiap ujian untuk lulus. Simak tiga tips ini untuk lulus IELTS pada percobaan pertama!

Baca Juga:
Tempat Les Bahasa Inggris di Bekasi

1. Gunakan Bahan Otentik Bila Memungkinkan

Dengarkan berita dan podcast secara teratur. Kamu dapat menemukan berbagai acara musik, budaya, dan acara terkini di situs Podcast BBC. Biasakan membuat catatan tentang cerita yang menarik.

Atau kamu juga dapat membaca koran seperti Economist atau Guardian setiap minggu. Kamu akan menemukan bahwa mereka memiliki artikel dengan panjang dan kerumitan yang sama dengan yang akan dihadapi dalam ujian.

2. Lakukan Percakapan Sehari-Hari

Lakukan percakapan dalam bahasa Inggris kapan pun kamu bisa: di sekolah, di toko, dan bahkan online. Bicaralah dengan orang yang lebih fasih, sehingga mereka dapat membantu memperbaiki kesalahan kamu.

Selain itu, kamu juga dapat merekam diri saat berbicara dan mendengarkannya. Ini memungkinkan untuk memeriksa tata bahasa, aksen, dan pengucapan dan membuat koreksi jika diperlukan. Banyak non-native speaker kesulitan dengan bagian berbicara IELTS, namun kepercayaan diri akan menunjukkan kepada penguji bahwa kamu siap untuk tinggal di luar negeri.

3. Tingkatkan Titik Lemah Kamu

Selain berbicara dengan orang lain, tulisan kamu juga harus diperiksa oleh guru atau teman yang fasih. Setelah guru memeriksa esai, tulis ulang mengikuti komentar dan koreksi mereka.

Jika kamu ingin lulus IELTS tanpa repot, selalu belajar dari kesalahan. Catat kata atau frasa yang membingungkan atau kesalahan umum yang kamu buat. Kemudian pelajari sampai kamu mempelajari versi yang benar.

Baca Juga:
Pilihan Kursus IELTS di Bekasi

Persiapan di Hari Tes

Setelah kamu mempersiapkan diri sebelum ujian, jangan lupa untuk mengumpulkan dokumen yang relevan. Bawalah kartu identitas atau dokumen milikmu, khususnya, yang kamu gunakan untuk mendaftar IELTS.

Kamu mungkin juga perlu membawa foto ukuran paspor, atau difoto pada hari itu. Periksa persyaratan di pusat ujian tepat sebelum ujian agar aman. Jangan lupa untuk datang tepat waktu atau sebelum ujian dimulai, ya.

Isi jawaban dengan percaya diri dan ingat apa yang telah kamu pelajar sebelumnya. Ini akan membantu kamu melewati tes dengan mudah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.