TOEFL ITP Grammar

Tips Belajar Grammar TOEFL ITP

Apr 22, 2022 | TOEFL

Skill yang akan diujikan di TOEFL ITP adalah listening, reading, dan structure. Dalam structure, yang akan dites adalah terkait grammar. Grammar menjadi aspek yang cukup kompleks dalam berbahasa Inggris. Begitupun dengan skill TOEFL ITP grammar.

Karena dalam grammar gris, terdapat struktur yang cukup rumit. Itulah mengapa sebaiknya pelajari terlebih dahulu grammar TOEFL sebelum melakukan tesnya. Karena kemampuan grammar yang baik akan berpotensi mendapatkan hasil atau skor tinggi di TOEFL. Untuk itu, banyak orang memilih untuk bergabung dalam kelas persiapan TOEFL di lembaga kursus ternama.

Baca Juga: WEBSITE BELAJAR TOEFL, GRATIS!

Tips Belajar TOEFL ITP Grammar

Secara umum, grammar akan diujikan pada bagian structure and written expression. Bagian ini memiliki 40 soal dan waktu pengerjaannya selama 30 menit. Salah satu tips untuk belajar grammar secara efektif adalah dengan memahami materi-materi yang biasanya muncul dalam tes grammar. Simak beberapa materi grammar TOEFL di bawah ini!

1. Memahami Part of Speech

Part of speech menjadi bagian yang paling krusial dalam pemahaman grammar bahasa Inggris. Karena pertanyaan terkait part of speech pun akan cukup banyak ditanyakan. Oleh karena itu, cobalah untuk mempelajari serta memahami terlebih dahulu terkait masing-masing part of speech dalam bahasa Inggris. Secara umum, part of speech terdiri dari 8 jenis.

Jenis pertama adalah kata benda atau noun, yaitu nama orang, hewan, benda, tempat, ide, dan sejenisnya. Kedua adalah kata ganti atau pronoun yang digunakan untuk mengganti noun. Berikutnya adapun kata kerja (verb), kata sifat (adjective), adverb (kata keterangan), dan preposition (kata depan), conjunction (kata hubung), dan terakhir interjection (kata seru).

2. Memahami Frasa

Dalam memahami TOEFL ITP grammar, frasa pun menjadi hal yang cukup penting. Karena akan cukup banyak soal yang membahas terkait frasa. Jenis soal tersebut biasanya akan berupa fill the blank. Kamu akan diperintahkan mengisi potongan kalimat sesuai dengan grammar atau structurenya. Frasa dalam bahasa Inggris umumnya dibagi menjadi 5 jenis.

Diantaranya adalah noun phrase yaitu kata benda, misalnya adalah sweet cake. Adverbial phrase yaitu kata keterangan, misalnya adalah after the lunch. Verb phrase yaitu kata kerja, contohnya adalah come late. Gerund phrase yaitu berupa gerund, contohnya singing to the song. Terakhir infinitive phrase yaitu frasa yang dimulai dengan infinitive verb.

3. Memahami Kalimat dan Klausa

Selain frasa, terdapat pula kalimat dan klausa. Pengetahuan terakhir jenis kalimat dan klausa menjadi penting pula. Karena sama halnya dengan frasa, terdapat beberapa soal TOEFL yang berupa fill the blank. Dalam soal tersebut, kamu harus melengkapi frasa, klausa, atau kalimat yang sesuai dengan grammar. Terdapat 4 jenis kalimat dalam bahasa Inggris.

Pertama adalah kalimat sederhana yang hanya terdiri dari subject dan verb, misalnya adalah I am a woman. Kedua adalah kalimat campuran, yaitu berisi konjungsi. Berikutnya kalimat kompleks, yaitu berisi dua klausa dalam satu kalimat. Keempat adalah kalimat gabungan yang kompleks. Terakhir yang wajib diketahui dan dipahami adalah 16 tenses dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: KESALAHAN BELAJAR UNTUK TOEFL YANG HARUS DIHINDARI

Cara TOEFL ITP Grammar

Dalam grammar TOEFL, biasanya terdapat beberapa soal yang berisi kalimat atau klausa. Dalam kalimat atau klausa tersebut, terdapat bagian yang tidak lengkap dan kamu harus mengisinya sesuai grammar. Terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengisi soal tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak penjabarannya di bawah ini!

1. Mencari Subjek dan Verb (Kata Kerja)

Dalam setiap kalimat, biasanya akan terdapat subjek serta kata kerja. Begitupun dalam kalimat bahasa Inggris. Sehingga, setiap kalimat dalam soal TOEFL pun biasanya akan memiliki subjek dan kata kerjanya. Cara pertama ketika menemukan soal grammar di TOEFL ITP grammar adalah mencari kata kerjanya terlebih dahulu.

Dalam kalimat sederhana, biasanya subjek serta kata kerja akan ditemukan dengan mudah. Namun, dalam kalimat kompleks biasanya subjek dan kata kerja akan lebih sulit ditemukan. Sehingga, cara terbaik untuk mencari subjek dan kata kerja dengan mudah adalah rutin serta rajin berlatih mengerjakan soal-soal grammar untuk TOEFL.

2. Memerhatikan dan Eliminasi Jawaban

Dalam tes TOEFL, biasanya akan terdapat 5 opsi jawaban. Setelah memerhatikan dan memahami soalnya, cara berikutnya adalah memerhatikan jawaban dari soal tersebut. Apabila sudah mengetahui pola atau struktur kalimat bahasa Inggris. Maka tidak akan terlalu sulit untuk mencari bagian apa yang hilang dalam kalimat tersebut.

Carilah bagian yang hilang dari kalimat tersebut. Apakah bagian subjeknya, kata kerja, konjungsi, dan sebagainya. Setelah mengetahui apa yang hilang, maka dapat langsung memerhatikan jawaban. Cobalah untuk mengeliminasi jawaban satu persatu. Hilangkan terlebih dahulu jawaban-jawaban yang sudah pasti salah.

Salah satu bagian yang cukup kompleks dalam tes TOEFL adalah pada bagian structure and written expression atau TOEFL ITP grammar. Untuk dapat mengerjakan bagian grammar dengan mudah, pastikan sudah belajar dan berlatih dengan giat. Lakukanlah pula latihan soal grammar TOEFL untuk mendapatkan hasil maksimal.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Cara Mengerjakan TOEFL Grammar

Cara Mengerjakan TOEFL Grammar

Cara mengerjakan TOEFL grammar mungkin merupakan salah satu yang tersulit ketika sedang mengisi soal TOEFL. Hal tersebut dikarenakan konsep grammar dalam bahasa inggris sangatlah luas dan beragam. Sehingga, sering kali membuat banyak orang merasa bingung mana...

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

TOEFL (test Of English as a Foreign Language) merupakan salah satu bentuk tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu bentuk soal yang akan muncul dalam TOEFL yakni mengenai grammar. Terdapat berbagai jenis grammar yang sering keluar di TOEFL....

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH