belajar gerund dan infinitive

Tips Belajar Gerund dan Infinitive Bahasa Inggris

Agu 9, 2022 | Bahasa Inggris

Pentingnya belajar gerund dan infinitive dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris adalah agar kamu bisa menggunakan Bahasa inggris lebih variatif. Penyisipan gerund dan infinitive menunjukkan sejauh mana kemampuan kamu dalam menggunakan Bahasa internasional tersebut.

Bagi pemula yang belum kenal dengan gerund dan infinitive, ICAN English akan memberikan sedikit penjelasan dalam artikel ini. Tujuannya supaya kamu dapat meningkatkan pemahaman dan mencoba melatih kemampuan Bahasa inggris secara spesifik terkait gerund dan infinitive.

Baca Juga: PENGGUNAAN GOING TO DALAM BAHASA INGGRIS

Penjelasan Tentang Gerunds dan Infinitive

Gerunds dan infinitives mempunyai fungsi sama, yaitu kata kerja. Perbedaannya adalah keduanya punya bentuk berbeda. Menurut Cambridge English Dictionary, gerund merupakan kata kerja mempunyai imbuhan -ing, fungsinya ada sebagai kata benda atau noun.

Berdasarkan penjelasan Collins COBUILD Learner’s Pocket Dictionary, infinitive yaitu bentuk dasar kata kerja, memakai “to” sebelumnya. Sehingga, gerund memakai -ing, dan infinitive menggunakan to, itulah perbedaannya.

Keduanya juga punya ciri berbeda pada kalimat Bahasa inggris. Agar lebih jelas, berikut penggunaan gerund dan infinitive dengan spesifik:

1. Gerund

Gunakan gerund untuk subyek kalimat. Gerund fungsinya menjelaskan aktivitas yang berdampak pada sesuatu, atau kegiatan atau trend pada umumnya, sebagaimana contoh berikut:

Studying and working at the same time will be hard.

Living in a small city gives some benefits.

Selanjutnya, gunakan gerund setelah kata depan atau preposisi seperti about, at, in, for, on, etc, dan with, sebagaimana contoh berikut:

I’m not happy about sleeping late.

My brother is good at accounting.

Gerund dapat juga digunakan dalam bentuk -ing setelah sebuah beberapa kata kerja berikut: finish, consider, prevent, avoid, keep, imagine, give up, practice, mind, involve, recommend, understand, suggest, dan lainnya, sebagaimana contoh berikut:

The scientist suggests introducing the new species to the public.

My brother considers working abroad.

2. Infinitives

Belajar gerund dan infinitives selanjutnya adalah mengetahui apa saja syarat penggunaan infinitives. Peraturan pertama adalah infinitives sesudah kata sifat atau adjectives. Kamu bisa memakai karta kerja “to” sesudah penggunaan kata sifat pada kalimat, sebagaimana contoh berikut:

It’s hard to find the right person to solve this problem.

It was hard for me to remember their names.

Terdapat sejumlah kata kerja yang wajib diikuti infinitives yaitu: afford, agree, arrange, appear, choose, ask, expect, decide, hope, learn, offer, manage, refuse, plan, want, seem, dan lainnya sebagaimana contoh berikut:

Mr. President agreed to meet the demonstrators.

The headmaster has arranged to hold a meeting with students.

Gunakan juga infinitive ketika ingin menjelaskan tujuan atau maksud sebuah kegiatan, sebagaimana contoh berikut:

They divided into three groups to do this project.

They should come earlier to welcome the visitors.

Walaupun ada sejumlah perbedaan saat belajar gerund dan infinitive, kamu bisa menggunakan dua hal tersebut dengan fleksibel. Kata kerja tertentu yaitu love, stop, start, begin, like, forget, remember dapat ditambahkan pada kalimat oleh gerund ataupun infinitive. Keduanya mmepunyai makna dan arti berbeda, sebagaimana contoh berikut:

I like playing football

I like to play football

Kalimat pertama maknanya adalah hobi, sedangkan kalimat kedua maknanya adalah keinginan.

Baca Juga: 4 SKILL BAHASA INGGRIS INI HARUS KAMU KUASAI

Tips Memahami Penggunaan Gerund dan Infinitive Bahasa Inggris

Ketika belajar gerund dan infinitive, kamu mungkin masih sering bingung membedakan keduanya. Tidak sedikit juga terjebak karena terbalik penggunaannya. Sehingga, ketika menggunakan gerund justru malah menggunakan infinitive, begitu sebaliknya.

Untuk mensiasatinya, pelajari bahwa struktur gerund dan infinitive pasti berbeda. Gerund mempunyai akhiran -ing pada kata kerja dasar. Sedangkan infinitive selalu menggunakan ‘to’ sebelum kata kerja dasar. Untuk memahami materi ini, kamu perlu mempelajari bahasa Inggris secara keseluruhan.

Bergabung dalam kursus bahasa Inggris akan membantu kamu memahami berbagai materi dalam bahasa Inggris. ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang menyediakan berbagai kelas belajar sesuai kebutuhan.

Kami memiliki kelas lengkap dengan berbagai fasilitas dan tutor profesional akan membantu proses belajar kamu secara maksimal. Kelas online dan offline juga tersedia dan bisa kamu pilih sesuai gaya belajar yang kamu miliki.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH