Trik Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Trik Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Ingin menguasai bahasa Inggris dengan lancar? Kamu bisa belajar sendiri dirumah dengan belajar otodidak. Nah, belajar otodidak ini artinya belajar sendiri. Semua materi pembelajaran harus kamu siapkan sendiri. Ada beberapa trik belajar bahasa Inggris otodidak yang bisa kamu lakukan.

Melalui pembelajaran otodidak, banyak juga kok yang sukses menguasai bahasa Inggris. Tetapi paling penting dari belajar otodidak ini kamu harus konsisten dan disipin ya. 

Trik Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Belajar bahasa Inggris bukan hanya sekedar teori tetapi juga mempraktekkan. Memutuskan untuk belajar otodidak, kamu harus mengetahui apa saja yang dilakukan untuk bisa menguasai bahasa tersebut. Nah, berikut ini trik belajar bahasa inggris secara Otodidak.

Baca Juga:
Trik Sukses Mulai Belajar Bahasa Inggris

Cara Bahan Materi

Materi belajar adalah hal penting untuk membantu kamu menguasai bahasa Inggris. Agar proses belajar bahasa Inggris secara otodidak menyenangkan, kamu harus cari materi yang menarik sebelum memulai belajar nih. 

Materi yang digunakan bisa dari tulisan atau buku, audio,  maupun video ya. Misalnya, kamu belajar bahasa Inggris dari lagu-lagu bahasa Inggris yang sedang hits saat ini. Atau justru Kamu lebih suka melihat film dan membaca novel.

Materi sederhana tersebut bisa membantu kamu untuk menambah kosakata dalam bahasa Inggris loh. Kamu juga bisa berlatih listening sekaligus  reading dengan cara tersebut. 

Secara tidak langsung kamu bisa mengetahui dan membedakan aksen aksen bahasa Inggris yang berbeda. Kamu juga bisa mencoba untuk menggabungkan unsur materi dalam belajar bahasa Inggris. Biasanya ada nih buku materi bahasa Inggris dengan fasilitas audio. Jadi kamu bisa melihat materi ada di buku sembari mendengarkan audio lesson.

Jika ingin meningkatkan kemampuan, kamu bisa mendengarkan podcast dan mencoba mengerti berbagai macam topik maupun itu yang dibicarakan dalam podcast tersebut. Semua materi pembelajaran bahasa Inggris saat ini bisa didapatkan dengan mudah karena kecanggihan teknologi. Kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi untuk menunjang proses belajar bahasa Inggris mu.

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Sudah memiliki niat kuat untuk belajar secara otodidak, terapkan hal tersebut dengan belajar dimana saja dan kapan saja. Salah satu kunci bisa menguasai bahasa Inggris  adalah sering berlatih. Salah satu kelebihan belajar otodidak ini kamu bisa melakukan dimana saja dan kapan saja. 

Hal tersebut untuk bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lebih cepat, mudah, dan efektif. Kamu bisa menggunakan jam istirahat kuliah untuk mendengarkan audio lesson dan mengisi smartphone dengan berbagai macam modul maupun aplikasi bahasa Inggris secara gratis. Atau kamu juga bisa menggunakan novel bahasa Inggris untuk dibawa kemana saja dan membacanya ketika senggang.

Baca Juga:
Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Praktek secara Rutin

Anggaplah kamu sudah mendapatkan banyak kosakata yang dihafal dengan belajar secara otodidak. Langkah selanjutnya kamu harus praktek secara rutin dengan menggunakan kosakata maupun tata bahasa yang sudah dipelajari ya.

Rasanya akan percuma ketika kamu sudah menguasai teori bahasa Inggris tidak pernah mempraktikkan. Kamu tidak akan bisa menguasai bahasa Inggris. Jangan pernah takut untuk salah ketika takut mempraktekkan bahasa Inggris. Kamu bisa menguasai beberapa kata dan pola kalimat, cobalah gunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari berbicara sendiri di depan cermin, mengajak teman mengobrol, menerapkan pada social media, dan lain sebagainya. Kamu harus memiliki komitmen untuk belajar bahasa Inggris dengan rutin praktek dan mempelajari teori secara seimbang .

Banyak Pelajar Kosakata Bahasa Inggris

Belajar secara otodidak kamu harus bisa menguasai kosakata dengan baik. Cobalah untuk selalu menulis kosakata-kosakata baru dan menghafalnya. Dari mana kosakata tersebut bisa ditemukan? Kamu bisa menemukan kosakata baru dari menulis, membaca, atau mendengarkan materi baru.

Dengan begitu kamu bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik ya.

Baca Juga:
Trik Belajar Bahasa Inggris Online

Apa Keuntungan Belajar Otodidak?

Sebagian mungkin masih merasa ragu untuk belajar secara otodidak tanpa bergabung dalam kursus bahasa Inggris. Jadi otodidak ini mengharuskan kamu belajar sendiri tanpa bantuan seorang guru. Namun, otodidak ini memberikan banyak keuntungan loh, seperti berikut.

  • Belajar otodidak mengajarkan kamu untuk disiplin dalam waktu belajar. 
  • Secara tidak langsung kamu akan menjadi sosok mandiri, karena telah terbiasa sendiri.
  • Belajar otodidak membantu kamu untuk berpikir secara kreatif, karena harus menemukan cara baru untuk menguasai bahasa Inggris.
  • Memiliki rasa ingin tahu lebih banyak untuk bisa meningkatkan proses belajar otodidak
  • Jika kamu bisa menguasai bahasa Inggris secara otodidak, bisa jadi dianggap jenius dan rendah hati karena siap berbagi ilmu yang sudah didapatkan.

Jadi akan banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan melalui belajar bahasa inggris secara otodidak. Semua keuntungan tersebut secara alami akan kamu rasakan loh.

Trik belajar bahasa Inggris otodidak bisa kamu gunakan untuk  meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Kamu juga bisa mencoba beberapa cara lain yang menunjang proses belajar bahasa Inggris lebih meningkat.  Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English untuk konsultasi langsung dengan tim kami.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web