trik belajar toefl dan ielts

Trik Belajar TOEFL dan IELTS

TOEFL dan IELTS merupakan jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang yang digunakan untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Belajar TOEFL dan IELTS sangat diperlukan sebelum melakukan tes, karena untuk bisa lulus dalam tes tersebut tidaklah mudah.

Tes TOEFL dan IELTS memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sehingga, penting untuk mencari tahu terlebih dahulu apa yang kamu butuhkan sebelum memutuskan untuk mengikuti tes. Selain itu, agar proses belajar kamu juga dapat lebih terarah. Dibawah ini merupakan trik yang bisa kamu ikuti dalam mempelajari materi TOEFL dan IELTS.

Cara-cara Belajar TOEFL dan IELTS

Sebelum memulai untuk melakukan tes TOEFL atau IELTS, sebaiknya kamu perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan belajar secara intensif. Selain belajar secara otodidak, kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL atau IELTS agar bisa belajar secara maksimal.

Hal tersebut diperlukan agar kamu bisa lulus dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Berikut merupakan beberapa cara untuk belajar TOEFL dan IELTS yang bisa kamu ikuti.

Baca Juga:
Tips Belajar Tes TOEFL Bagi Pemula

1. Luangkan waktu setidaknya 2 jam setiap hari

Trik untuk belajar TOEFL atau IELTS yang pertama yaitu, kamu harus meluangkan waktunya minimal 2 jam setiap harinya untuk mempelajari materi bahasa Inggris yang akan muncul dalam soal TOEFL atau IELTS. Untuk pemilihan waktu belajarnya, kamu bisa menyesuaikan dengan mood (bisa pagi, siang, atau malam hari).

Selain itu, buat juga jadwal belajar serta target apa saja yang harus tercapai dalam waktu tertentu. Misalnya, kamu dapat membuat jadwal 2 hari untuk belajar listening, 2 hari untuk belajar reading, 2 hari untuk belajar structure, dan 1 hari untuk belajar speaking. Kemudian, buat target yang ingin kamu capai setiap minggunya.

2. Latihan listening dengan cara menonton film atau mendengarkan lagu

Cara belajar TOEFL dan IELTS berikutnya yang bisa kamu ikuti yakni, latihan listening dengan cara menyenangkan lewat film dan lagu berbahasa Inggris. Cara ini dinilai cukup efektif dalam melatih kemampuan kamu dalam listening atau mendengarkan percakapan berbahasa inggris dari native speaker.

Adapun, untuk proses pembelajarannya kamu bisa menambahkan terjemahan ketika menonton film. Namun, lama kelamaan jika sudah dirasa mampu, kamu bisa menghapuskan terjemahan tersebut dan mulai menonton tanpa terjemahan. Begitu juga untuk latihan menggunakan media lagu, kamu bisa menerapkan cara yang serupa.

3. Latihan vocabulary dengan banyak membaca teks berbahasa inggris

Trik untuk belajar TOEFL atau IELTS berikutnya yaitu, kamu perlu menambah kemampuan di bidang vocabulary atau kosa kata. Hal tersebut sangat penting karena, seluruh soal yang terdapat dalam TOEFL dan IELTS menggunakan bahasa inggris. Sehingga, penting untuk kamu memperkaya kosa kata bahasa inggris.

Adapun salah satu cara yang cukup efektif yakni, kamu bisa menggunakan media buku berbahasa inggris. Untuk level dasar, kamu bisa memilih jenis buku cerita anak-anak yang penggunaan bahasanya masih sederhana. Kemudian, jika kamu sudah berada di level yang lebih tinggi, kamu bisa memilih jenis buku lain dengan topic yang lumayan kompleks.

4. Mengunduh berbagai contoh soal di internet

Trik selanjutnya yang bisa kamu lakukan yakni, kamu bisa mengunduh berbagai contoh soal secara online lewat internet. Soal-soal tersebut dapat kamu jadikan acuan untuk berlatih, karena akan memiliki kemiripan dengan soal yang kelak akan muncul pada tes TOEFL atau IELTS yang sesungguhnya.

Baca Juga:
Website Terbaik Untuk Belajar TOEFL

5. Mengikuti kursus pelatihan khusus

Trik terakhir, yang bisa kamu pilih untuk belajar sebelum mengikuti tes TOEFL atau IELTS yaitu dengan mengikuti kursus pelatihan khusus. Kamu bisa memilih lembaga terpercaya untuk membantu kamu dalam proses belajar. Lewat kursus tersebut kamu akan dilatih secara intensif oleh tenaga ahli, sehingga jadi lebih siap dalam mengikuti tes.

Belajar TOEFL dan IELTS perlu dipersiapkan dengan matang sebelum mengikuti tes yang sesungguhnya agar kamu bisa mendapatkan nilai yang memuaskan. Beberapa trik di atas dapat kamu ikuti dengan mudah. Kunci utama agar kamu bisa lolos tes TOEFL atau IELTS dengan nilai sempurna yakni, selalu konsisten dalam berlatih dan jangan mudah menyerah. Jiak ingina informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web