Tips Belajar Tes TOEFL Bagi Pemula

Tips Belajar Tes TOEFL Bagi Pemula

Test Of English as a Foreign Language atau lebih dikenal dengan TOEFL merupakan salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris. Tips tes TOEFL bagi pemula sangat penting untuk diketahui bagi kamu yang hendak mengikuti tes ini. hal tersebut dikarenakan TOEFL memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi, jadi diperlukan persiapan yang matang.

Tes TOEFL biasanya diperuntukan sebagai salah satu persyaratan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri atau sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti sidang skripsi jenjang S1. Di bawah ini merupakan berbagai informasi yang kamu butuhkan saat hendak mempersiapkan diri sebelum melakukan tes.

Berbagai Tips Tes TOEFL Bagi Pemula Dengan Mudah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa soal TOEFL memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk kamu mempersiapkannya secara matang sebelum tes. Berikut merupakan beberapa tips tes TOEFL bagi pemula yang bisa diikuti.

1. Luangkan Waktu Minimal 2 Jam Per Hari dan Buat Target Capaian

Tips pertama yang bisa kamu lakukan dengan cukup sederhana yaitu, kamu harus setidaknya meluangkan waktu selama 2 jam setiap harinya. Misalnya, kamu bisa membuat jadwal 2 hari untuk belajar listening, 2 hari belajar structure, 2 hari belajar writing, dan 1 hari belajar reading.

 Selain itu, buat juga target capaian yang harus kamu raih setiap minggunya agar pembelajaran kamu lebih terarah. Misalnya, di minggu pertama kemampuan listening kamu harus sudah paham akan kata-kata dasar yang diucapkan oleh native speaker, kemampuan structure kamu telah paham mengenai konsep simple present tense, dan lainnya.

Baca Juga:
Cara Belajar TOEFL untuk Pemula

2. Latihan Untuk Meningkatkan Skill

Tips tes TOEFL bagi pemula untuk persiapan berikutnya yaitu, kamu harus melakukan latihan skill secara konsisten. Setelah pembuatan jadwal dan target tersusun rapi, selanjutnya kamu harus mulai melakukan latihan secara intensif. Kamu bisa melakukan berbagai cara menyenangkan untuk melatih skill bahasa inggris.

Misalnya, untuk melatih kemampuan listening kamu bisa menggunakan media film atau lagu berbahasa Inggris. Lalu, untuk melatih kemampuan dalam reading dan writing kamu bisa menggunakan media buku cerita berbahasa inggris, dan sebagainya.

3. Download Berbagai Contoh Soal

Setelah kamu melakukan dua tips diatas, tips tes TOEFL bagi pemula selanjutnya kamu bisa mengunduh berbagai contoh soal TOEFL yang tersebar di internet. Contoh-contoh soal tersebut dapat kamu jadikan sebagai gambaran kelak saat melakukan tes yang sesungguhnya.

Selain itu, dengan mengunduh berbagai soal tersebut juga akan mengukur sejauh mana kemampuan kamu dalam mengisi tes. Jangan lupa juga untuk memilih soal yang terdapat penjelasanya agar bisa kamu jadikan bahan pembelajaran selanjutnya.

Baca Juga:
Belajar TOEFL Reading untuk Pemula

Lakukan Persiapan Lebih Matang dengan Mengikuti Kursus Pelatihan

Selain dari melakukan tips-tips di atas, kamu juga bisa melakukan persiapan dengan mengikuti kursus pelatihan khusus untuk TOEFL. Dengan mengikuti kursus, maka proses pembelajaran kamu akan lebih terarah dan ditangani oleh tenaga profesional. Berikut, merupakan informasi tempat kursus yang penting untuk diketahui.

1. Pilih Lembaga Kursus Bersertifikat

Dalam memilih tempat kursus, kamu tidak bisa sembarangan. Pastikan untuk memilih tempat kursus yang terpercaya dan resmi. Sehingga, lembaga tersebut dapat dipastikan memiliki kualitas yang baik. Hal tersebut bisa kamu jadikan pertimbangan saat hendak melakukan kursus pelatihan TOEFL agar dapat lulus dengan nilai yang memuaskan.

2. Pilih Lembaga yang Memberikan Pelayanan Terbaik

ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang juga menyediakan kelas persiapan TOEFL, kami juga memberikan pelayanan terbaik. Kami menyediakan kelas dengan jumlah siswa yang dibatasi sehingga mereka lebih fokus dan tutor bisa melihat perkembangan mereka secara pribadi.

Tutor berpengalaman dan profesional juga disediakan demi menjamin peningkatan kemampuan siswa. Kamu juga bisa memilih untuk bergabung dalam kelas offline maupun online yang jadwalnya bisa kamu sesuaikan dengan jadwal lainnya.

Tips tes TOEFL bagi pemula sangat penting untuk diketahui dan diikuti oleh kamu yang hendak melakukan tes. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu akan mendapatkan gambaran saat kelak melakukan tes yang sesungguhnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web