Belajar TOEFL dari nol

Trik Belajar TOEFL dari Nol

Jan 12, 2022 | TOEFL

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah tes dari ETS (Educational Testing Service) sebuah lembaga di Amerika. Ini menjadi salah satu tes yang cukup populer yang digunakan oleh kampus luar negeri untuk melihat kemampuan bahasa Inggris calon mahasiswanya. Untuk itu, belajar TOEFL dari nol harus kamu lakukan.

Biasanya, tes ini memiliki durasi sekitar tiga jam dan memiliki empat bagian utama. Empat bagian ini mencakup grammar structure and written expression, reading comprehension, listening comprehension dan writing.

Baca Juga:

MACAM TES TOEFL YANG PERLU KAMU TAHU

Tips Sukses Belajar TOEFL dari Nol

TOEFL sendiri menjadi salah satu tes yang dianggap rumit karena menguji banyak kemampuan bahasa Inggris kamu. Belajar TOEFL dari nol harus kamu lakukan untuk mendapatkan skor maksimal dan dapat diterima di kampus tujuan.

Nah, untuk bisa belajar TOEFL dari nol, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan!

1. Luangkan Waktu untuk Belajar

Dalam satu hari, kamu bisa meluangkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam. Namun, bagi kamu yang juga harus bekerja atau kuliah, kamu bisa menjadwalkan waktu belajar sesuai dengan mood terbaik kamu. Namun, pastikan kamu konsisten melakukannya setiap hari. Belajar 2 jam setiap hari akan lebih baik daripada belajar 10 jam satu kali dalam seminggu.

Kamu juga harus fokus dan menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa mendistraksi proses belajar kamu. Kamu juga bisa menerapkan proses belajar berpola, seperti misalnya 1 hari belajar listening, lalu hari berikutnya belajar reading dan seterusnya. Lakukan juga scoring di hari ketujuh untuk mengevaluasi perkembangan kamu.

2. Sering Latihan Soal

Tes atau latihan TOEFL bisa kamu dapatkan di manapun. Kamu bisa meminjam buku latihan atau mendapatkannya dari website online. Beberapa situs yang bisa kamu kunjungi untuk latihan soal TOEFL adalah English-test.net, engvid.com, dan examenglish.com.

Semakin sering kamu berlatih soal, maka akan semakin mudah kamu mengerjakan soal-soal TOEFL tersebut. Sesuaikan juga dengan cara belajar dan pilih sumber yang sesuai dengan kenyamanan kamu.

3. Tingkatkan Penguasaan Vocabulary

Penguasaan vocabulary menjadi hal penting yang perlu kamu lakukan agar dapat melewati tes TOEFL dengan sukses. Kamu bisa memulainya dari soal reading TOEFL dan berlatih menerjemahkannya bisa sangat membantu memperkaya vocabulary.

Membaca buku atau bacaan apapun berbahasa Inggris bisa sangat membantu meningkatkan kosakata kamu. Kamu dapat menyesuaikannya dengan topik yang kamu sukai agar tidak bosan. Cukup dengan membaca 30 menit sehari secara konsisten dapat sangat membantu proses belajar kamu.

Baca Juga:

TIPS MEMILIH KURSUS TOEFL ITP ONLINE

Bergabung dalam Kursus Persiapan TOEFL

Jika belajar TOEFL dari nol secara otodidak dirasa belum maksimal, kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di berbagai lembaga kursus yang menyediakannya. Tentukan tujuan apa yang ingin kamu capai. Kursus TOEFL preparation bisa jadi pilihan ketika kamu ingin mendapatkan skor tinggi dalam ujian ini.

Beberapa kursus persiapan TOEFL memiliki kurikulum internasional di mana materi yang akan kamu dapatkan akan lebih terstruktur, jelas dan bisa diterapkan di negara manapun. Kurikulum internasional juga biasanya lebih advanced sehingga persiapan yang kamu lakukan bisa lebih maksimal.

Jika berencana bergabung dalam kursus persiapan TOEFL, kamu harus memilih lembaga kursus yang menyediakan kelas preparation dasar, seperti TOEFL Preparation atau IELTS. Tak hanya itu, kamu juga perlu memilih lembaga kursus yang bisa mempersiapkanmu untuk masuk ke universitas, seperti persiapan untuk tes GMAT dan SAT.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

TOEFL (test Of English as a Foreign Language) merupakan salah satu bentuk tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu bentuk soal yang akan muncul dalam TOEFL yakni mengenai grammar. Terdapat berbagai jenis grammar yang sering keluar di TOEFL....

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mencari tahu tips dan trik lulus TOEFL yang bisa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH