trik ielts listening practice untuk pemula

Trik IELTS Listening Practice untuk Pemula

Listening section  dalam IELTS  menjadi salah satu bagian yang  penting untuk diperhatikan agar kamu mendapatkan skor yang tinggi. Bagian  listening  atau mendengarkan dalam bahasa Inggris sangat sulit bagi beberapa pelajaran yang berupa pertama kali menghadapi ujian IELTS. Maka, IELTS listening practice perlu dilakukan bagi kamu yang akan menghadapi tes ini.

Jika sebelumnya kamu menganggap bahwa IELTS  bisa dikerjakan dengan baik seseorang memiliki kemampuan bahasa Inggris, maka hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Bahkan seseorang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris cukup tinggi pun akan merasa kesulitan jika tidak pernah melakukan latihan  untuk  listening section. 

Sekalipun kamu sudah memiliki kemampuan bahasa Inggrisnya yang baik,  latihan menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan. Karena dalam listening, pembiasaan adalah bagian paling penting. 

Tips Persiapan IELTS Listening

Listening IELTS dibagi menjadi empat bagian, dengan 10 pertanyaan di setiap bagian. Tes membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk diselesaikan, dengan setiap bagian semakin sulit diselesaikan. Kamu hanya memiliki waktu 10 menit di akhir tes mendengarkan dan memastikan jawaban kemudian diberikan pada lembar jawaban.

Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk IELTS listening practice:

1. Biasakan Diri dengan Berbagai Aksen

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah mulai membiasakan diri dengan berbagai macam aksen dalam bahasa Inggris. Tes  listening section IELTS  akan menampilkan berbagai macam aksen untuk menunjukkan bahasa Inggris secara internasional.

Oleh karena itu,  kamu harus membiasakan diri mendengar berbagai macam aksen bahasa Inggris di beberapa negara. Latihan bisa dilakukan dengan menggunakan musik, menonton film, mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

2. Tetap Fokus

Selanjutnya kamu harus tetap fokus dan jangan sampai kehilangan konsentrasi. Semakin sulit kamu berkonsentrasi selama tes IELTS  listening section,  maka semakin sulit untuk menyelesaikan semua soal dengan benar. Jika ingin mendapatkan skor 7 band  atau lebih melatih konsentrasi bisa dilakukan dengan sering-sering mendengarkan bahasa Inggris secara aktif.

Atau kamu bisa memilih untuk melibatkan diri menetapkan beberapa tugas-tugas kecil ketika berlatih  listening,  misalnya seperti  mengerjakan  latihan soal  listening section  secara online. Hal ini akan memposisikan diri kamu sedang mengikuti ujian.

3. Ikuti Instruksi dengan Hati-Hati

Selanjutnya kamu juga harus mengikuti instruksi dengan hati-hati, terutama  ketika sampai batas kata. Apabila ada pertanyaan yang menyatakan “ tidak lebih dari 3 kata”, maka jangan sampai menulis lebih dari 3 kata. Jika jawaban yang kamu tulis sebanyak 4 kata,  maka dinilai salah.

Baca Juga:
Ini Materi IELTS Speaking Practice

4. Mulai Biasakan Diri dengan Pertanyaan

Biasakan diri untuk memahami berbagai macam pertanyaan yang ada di bagian  listening section. Jika kamu sudah memutuskan ikut tes IELTS,  tes maka harus melakukan dengan baik dan kamu harus tahu gambaran ketika ujian tersebut sedang berlangsung.

Maka dari itu cobalah untuk sering-sering latihan soal agar sudah terbiasa dengan berbagai macam pertanyaan dalam  listening section. Untuk membantu proses latihan soal atau persiapan IELTS  dengan baik disarankan agar bergabung dengan kursus bahasa Inggris profesional yang menyediakan program untuk persiapan IELTS.

5. Berlatih Mendengarkan untuk Sekali

Tips selanjutnya bisa digunakan adalah cobalah berlatih untuk mendengarkan Hanya Satu Kali Saja. Biasanya di beberapa kursus lembaga bahasa Inggris untuk pertama kali pemula akan didengarkan sebuah record listening selama 3 sampai 4 kali. 

Tetapi kursus bahasa Inggris profesional akan mulai membuat kamu belajar, mendengarkan sesi listening hanya satu kali saja. Dengan mendengarkan rekaman satu kali dalam latihan soal   listening section  akan membuat kamu lebih terbiasa ketika menghadapi ujian.

Baca Juga:
Pilihan Kursus Online untuk IELTS Listening Practice

Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris untuk Listening IELTS

IELTS listening practice  menjadi bagian paling penting. Kamu bisa bergabung dengan kursus bahasa Inggris profesional yang akan membantu untuk terbiasa dengan berbagai macam aksen dalam bahasa Inggris.

Materi pembelajaran yang komprehensif akan membantu kamu lebih mudah memahami dan  menyelesaikan  listening tanpa ada kendala. Tidak hanya itu,  kursus bahasa Inggris profesional juga akan memberikan latihan soal untuk listening beberapa kali,  Hal ini bertujuan agar kamu mulai terbiasa dengan rekaman bahasa Inggris.

Kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam tips-tips menarik untuk menyelesaikan soal   listening section  dengan mudah. Lembaga bahasa Inggris terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi IELTS listening section  bisa menggunakan ICAN English. Kami memiliki kursus persiapan IELTS di mana siswa akan dipersiapkan khusus untuk menghadapi tes bahasa Inggris ini.

Ada berbagai macam tips yang bisa digunakan untuk menyelesaikan soal listening section dalam ujian IELTS. Berapa diantaranya seperti,  mulai membiasakan diri dengan berbagai macam aksen bahasa Inggris,  selalu fokus, mengikuti instruksi  dengan hati-hati,  mulai membiasakan diri dengan pertanyaan, berlatih mendengarkan  rekaman hanya satu kali saja.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web