ini materi ielts speaking practice

Ini Materi IELTS Speaking Practice

Tes IELTS Speaking memiliki tujuan yaitu mengasah kemampuan kamu dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris secara lisan. Agar mendapatkan nilai yang maksimal, maka kamu harus mempunyai kemampuan dalam memahami soal IELTS speaking question yang diberikan oleh penguji.

Dalam menjawab soal yang diberikan kamu harus memberikan tanggapan yang jelas seputar topik tersebut. Jika menginginkan nilai yang lebih baik lagi, grammar serta tense dan kosakata yang digunakan harus sesuai dengan penggunaannya.

Selain itu, penting untuk berbicara dengan rasa percaya diri tanpa ada pengulangan kata-kata, karena hal itu akan menimbulkan kesan yang buruk di mata para penguji. Jadi, kunci penting untuk mendapatkan nilai maksimal ialah melakukan persiapan sejak jauh hari dan latihan dengan berbagai macam contoh soal speaking.

Materi Pembelajaran Persiapan Speaking IELTS 

Apabila kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi IELTS,  persiapan menguasai  speaking  juga perlu diperhatikan . Maka dari itu,  bergabung dengan kursus bahasa Inggris terbaik akan membantu kamu untuk mendapatkan banyak materi penting. 

Berikut ini merupakan 3 tahapan dalam tes IELTS speaking practice:

Bagian 1 – Perkenalan dan Wawancara

Materi yang perlu dipelajari untuk meningkatkan kualitas speaking kamu menghadapi IELTS  adalah perkenalan dan wawancara. Bagian pertama akan dimulai dengan perkenalan singkat kepada penguji.

Kamu akan menjelaskan mengenai diri sendiri didepan para penguji meliputi: nama, umur, pendidikan, alamat rumah, hobi dan informasi penting mengenai dirimu. Berikut  Ini beberapa contoh speaking yang mungkin ditanyakan:

  • How old are you now?
  • What’s your name?

Proses perkenalan dan wawancara biasanya menggunakan kemampuan bahasa Inggris dasar yang akan kamu kuasai. 

Bagian 2 – Tentang Pendapat Individu 

Kemudian pada bagian kedua bisa bercerita tentang pendapat kamu mengenai topik tertentu. Pada bagian ini kamu akan diberikan sebuah topik  lalu menjelaskan perintah yang ada sesuai dengan topik tersebut.

Jadi penguji akan memberikan kartu yang merupakan topik diskusi, kartu tersebut juga disertai poin-poin yang harus dibahas dalam diskusi nantinya. Telah menerima kartu akan diberikan waktu 1 menit Untuk menulis catatan singkat dan mempersiapkan jawaban yang akan disampaikan melalui speaking diskusi.

Dibagian ini durasi yang diberikan biasanya kurun waktu 1-2 menit. Berikut contoh speaking untuk bagian 2:

  • Where do you see it?
  • What’s interesting about it?

Baca Juga:
Trik IELTS Listening Practice untuk Pemula

Bagian 3 – Diskusi

Di bagian ketiga  ini kamu akan melakukan diskusi dengan penguji mengenai topik pada bagian kedua. Nantinya akan ada tanya jawab antara kamu dengan penguji, lalu kamu juga diminta menjelaskan sesuai dengan sudut pandang kamu saat beropini tersebut.

Selain itu, kamu harus menyertakan fakta pendukung atas dasar opini yang kamu jelaskan. Berikut ada beberapa contoh speaking :

  • What is the message conveyed by the advertisement?
  • What is the meaning of the image of the painting?

Poin diskusi bisa menjadi bagian yang cukup sulit, karena penguji bisa mengetahui penguasaan kosakata kamu. Jadi untuk bisa menguasai materi speaking, kemampuan kamu menguasai kosakata  dalam bahasa Inggris juga penting. 

Persiapan untuk Speaking IELTS

Ada berbagai macam persiapan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan speaking dalam menghadapi IELTS. Berikut ini beberapa persiapan yang bisa dilakukan;

  • Terus berlatih di setiap ada kesempatan
  • Belajar berbicara dengan orang asing 
  • Perbanyak conversation dengan membicarakan topik-topik baru

Masih banyak persiapan lainnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas speaking kamu menghadapi IELTS. Berdasarkan materi tes IELTS yang telah dijabarkan, maka kamu bisa memahami persiapan apa saja yang perlu dilakukan.

Apabila memungkinkan, kamu bisa mencari lawan bicara yang dapat membantu untuk komunikasi secara interaktif. Jauh lebih baik jika  menggunakan bahasa inggris, agar latihan tersebut seperti tes speaking sungguhan.

Walaupun kamu sudah bisa lancar dalam berbahasa inggris, tetapi tetap mempersiapkan diri semenjak jauh hari tentu diperlukan. Mungkin saja dalam pengucapannya ada beberapa teknik yang tidak terlalu kamu perhatikan. 

Baca Juga:
Pilihan Kursus Online untuk IELTS Listening Practice

Selain itu, ketika kamu menjelaskan pada waktu tes IELTS harus dengan fakta pendukung yang runtut. Penjelasannya pun harus dengan suara yang teratur, dan ketegasan pada saat memberi jawaban agar nantinya nilai yang didapatkan bisa maksimal.

Mempersiapkan diri menghadapi IELTS  untuk meningkatkan kualitas speaking kamu,  disarankan agar bergabung dengan kursus persiapan IELTS profesional, seperti ICAN English. Terus bahasa Inggris profesional  memberikan tutor yang sudah ahli pada bidangnya dan menyediakan  native speaker  sehingga kamu bisa mempelajari percakapan bahasa Inggris dengan pelafalan yang tepat dan menguasai lebih banyak kosakata.

Ada berbagai macam materi yang akan kamu  pelajari untuk  menguasai soal-soal IELTS  speaking section. Misalnya saja seperti memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris,  membicarakan topik yang diberikan oleh penguji,  diskusi dua arah dengan penguji sesuai dengan topik yang telah diberikan,dan lain sebagainya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi