trik melatih kemampuan reading bahasa inggris

Trik Melatih Kemampuan Reading Bahasa Inggris

Melatih kemampuan reading bahasa inggris perlu menggunakan trik. Supaya tidak monoton, menyerah karena materi sulit, maupun hal lainnya. Setiap orang sebenarnya memiliki metode maupun trik nya sendiri dalam belajar. Sehingga kamu pun akan lebih enjoy dalam belajar.

Trik Untuk Melatih Kemampuan Reading Bahasa Inggris

Trik merupakan sebuah cara untuk mencapai sesuatu, termasuk dalam mempertajam kemampuan bahasa Inggrismu. Inilah beberapa trik yang bisa kamu coba dalam mengasah kemampuan reading dalam bahasa Inggris!

1. Latihan Dengan Rutin

Trik pertama yang bisa kamu coba adalah dengan melakukannya dengan rutin. Lebih bagus lagi jika kamu setiap hari menyempatkan waktu untuk berlatih reading. Namun, jika memiliki waktu yang padat untuk urusan lain, kamu dapat melakukannya seminggu tiga kali bahkan empat kali. Perlu diingat, bahwa lakukan hal ini dengan konsisten sehingga hasil belajar pun akan nampak.

2. Memperbanyak Kosa Kata

Selain latihan rutin, kamu pun perlu mencatat kosakata yang baru didapatkan dari latihan tersebut. Dengan begitu kosa kata yang kamu miliki akan semakin banyak. Hal tersebut tentu akan membantu kamu untuk menguasai reading bahasa inggris lebih mudah.

Hafalkan pula kosa kata tersebut. Bahkan jika perlu, nanti disusun menjadi sebuah kalimat. Bisa juga dijadikan sebagai permainan. Dimana permainan tersebut memuat kosakata yang baru kamu temukan.

Baca Juga:
Trik Melatih Reading Bahasa Inggris

3. Belajar Di Tempat Yang Berbeda

Supaya tidak bosan, cobalah untuk belajar di tempat yang berbeda. Misalnya, biasanya kamu belajar di dalam ruangan. Maka ketika rasa bosan menghampiri, cobalah untuk belajar di luar sehingga kamu dapat merasakan hembusan angin dan dapat melihat pemandangan yang indah.

Dengan begitu, kamu akan lebih enjoy dan menikmati waktu belajar. Selain itu, jika kamu bosan belajar sendiri, cobalah ajak temanmu yang memiliki tujuan yang sama. Yaitu mempertajam kemampuan bahasa Inggrisnya.

4. Buat Target

Trik terakhir yaitu dengan membuat target. Baik target mingguan maupun target bulanan. Misalnya, dalam seminggu ini ketika latihan kamu mampu menjawab minimal 5 soal dari 10 soal yang benar. Namun, untuk urusan nominal itu dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu saja.

Selain itu, bisa juga kamu menargetkan untuk paham artikel yang kamu baca. Misalnya sebanyak lima artikel dalam seminggu atau sebagainya. Dengan begitu, ketika kamu latihan selalu ada pemicu untuk belajar dengan serius.

Cara Konsisten Dalam Melatih Kemampuan Reading Bahasa Inggris

Melatih kemampuan reading bahasa inggris tidak hanya cukup sekali. Perlu dilakukan hingga berkali-kali. Hal itu dimaksudkan agar kemampuan yang kamu  miliki maksimal. Kursus bahasa Inggris juga bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan berbahasa agar bisa menguasai bahasa ini sepenuhnya.

Selain itu, semakin konsisten maka tingkat kemampuan kamu pun akan semakin tajam. Inilah beberapa cara agar kamu konsisten dalam melatih kemampuan reading bahasa inggris.

Baca Juga:
Latihan Reading Bahasa Inggris

1. Membuat List Tujuan Dan Ditempelkan Pada Dinding

Coba kamu buat list tujuan pada sebuah HVS atau karton. Kemudian nantinya ditempelkan pada dinding yang sering kamu lihat. Misalnya, di depan meja belajar kamu atau di area-area yang dapat kamu lihat.

2. Ingat Kembali Goal Yang Ingin Dicapai

Ketika perasaan malas atau bosan menyerang, cobalah untuk mengingat kembali goal yang kamu inginkan itu apa sebenarnya. Ingat pula, bagaimana perjuangan yang telah kamu lakukan untuk sampai di titik ini. Biasanya, dengan mengingat goal, rasa semangat dalam diri akan tumbuh kembali.

3. Ingat Benefit Yang Akan Didapatkan

Setiap apa yang dilakukan pasti ada tujuan. Coba perhitungkan apa saja yang akan kamu dapatkan ketika belajar dengan rutin dan konsisten. Misalnya, dengan belajar konsisten, kamu fasih dalam bahasa Inggris, terutama dalam aspek reading. Tentu hal ini akan memudahkanmu dalam mengikuti tes. Dimana peluang untuk kamu lulus pun tinggi.

Trik melatih kemampuan reading bahasa Inggris harus dilakukan secara terus menerus. Untuk triknya sendiri, kamu dapat memilih yang paling sesuai. Selain itu, belajar di lembaga kursus bahasa Inggris akan membuat kamu lebih terarah dalam belajar. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web