skill dalam bahasa Inggris

Tips Meningkatkan Skill dalam Bahasa Inggris

Mei 31, 2022 | Bahasa Inggris

Apakah kamu saat ini sedang mempelajari bahasa Inggris? Ada beberapa skill dalam bahasa Inggris yang harus ditingkatkan sehingga bisa membantu kamu menguasai bahasa asing tersebut lebih cepat. Ketika pertama mempelajari bahasa Inggris ada 4 hal yang harus dilakukan, pertama-tama kita akan mendengar dalam bahasa Inggris yaitu listening, kemudian berbicara atau speaking, membaca atau reading, dan yang terakhir menulis atau writing. 

Dengan menggunakan 4 kemampuan tersebut bisa membantu kamu lebih maksimal untuk memperoleh hasil yang signifikan. Bisa dikatakan bahwa wa skill tersebut merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh seseorang yang belajar bahasa Inggris.

Baca Juga: KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS YANG HARUS DIKUASAI

Cara Meningkatkan Skill dalam Bahasa Inggris

Mungkin kamu sudah tahu bahwa di dalam bahasa Inggris ada beberapa skill yang harus dikuasai secara perlahan-lahan. Bagi para pemula, untuk menguasai 4 skill tersebut memang tidak mudah sebab membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan berbagai macam kosakata dalam bahasa Inggris. Namun berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris ada 4 skill tersebut;

Kemampuan Listening

Pertama ada kemampuan listening yaitu mendengarkan dimana skill yang satu ini sangat penting untuk mempelajari dalam bahasa apapun termasuk bahasa Inggris. Melalui mendengarkan percakapan bahasa Inggris, kamu bisa mencontoh sesuatu dengan meningkatkan akurasi ketika akan berbicara. 

Cara untuk meningkatkan skill listening bisa dengan belajar mendengarkan percakapan bahasa Inggris secara aktif tidak hanya memperhatikan isi pembicaraan tapi juga cara pengucapannya. Oleh karena itu kamu bisa melatih kemampuan listening dengan melakukan beberapa tips berikut;

  • Sering mendengarkan musik dalam bahasa Inggris sesuai dengan selera. Kamu bisa mulai belajar untuk mendengarkan lirik secara seksama sehingga bisa menangkap arti maupun intonasi yang baik.
  • Sering mendengarkan TV maupun film dalam bahasa Inggris untuk melatih kemampuan listening. Awalnya mungkin kamu membutuhkan subtitle, namun secara perlahan-lahan cobalah untuk menikmati tontonan dalam acara tersebut menggunakan bahasa Inggris tanpa subtitle sama sekali 
  • Kamu juga bisa mengikuti seminar maupun Tokyo yang diselenggarakan oleh lembaga sekolah maupun lembaga pendidikan lainnya yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama 

Apabila kamu berhasil menerapkan tips tersebut, maka kemampuan listening akan semakin meningkat dan hal tersebut bisa mempengaruhi skill lainnya untuk terus ditingkatkan. 

Kemampuan Speaking

Selanjutnya ada speaking di mana kebanyakan orang lebih sulit untuk memulai pembicaraan dalam bahasa Inggris karena mereka tidak terbiasa. Sangat penting untuk mempraktekkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, tidak perlu takut salah sebab hal tersebut adalah proses dan sangat wajar. Kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan kemampuan speaking dalam bahasa Inggris;

  • Kemampuan speaking bisa ditingkatkan dengan cara mencoba voice chat yang saat ini tersedia akibat perkembangan teknologi. Jadi kamu bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris melalui voice chat dan kamu bisa terhubung dengan siapa saja.
  • Sering berlatih dengan cara merekam suara mu sendiri kemudian dengarkan. Mungkin akan terasa aneh, tetapi kamu bisa menyadari kekurangan dari intonasi dan membantu cara berbicara menjadi lebih cepat. 
  • Berbicara dalam bahasa Inggris juga bisa dilakukan dengan teman partner yang kamu temui di tempat kursus. Untuk mendapatkan partner yang seimbang, kamu bisa bergabung dengan ICAN English sebagai salah satu kursus bahasa Inggris berkualitas bagus dan di tempat tersebut kamu bisa menemukan teman yang memiliki kemampuan bahasa Inggris setara sehingga percakapan terasa lebih nyaman dan sama-sama akan meningkatkan kualitas.

Sangat penting untuk terus berbicara dalam bahasa Inggris jika kamu ingin meningkatkan skill tersebut. Tidak apa-apa jika awalnya salah melafalkan atau mengucapkan setiap kosakata, sebab dari kesalahan tersebut kamu bisa memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. 

Kemampuan Reading

Selain meningkatkan skill listening and speaking, sangat penting bagi kamu untuk memiliki kemampuan reading atau membaca dalam bahasa Inggris. Walaupun minat baca di Indonesia termasuk rendah, tetapi membaca merupakan kegiatan yang membantu kamu untuk meningkatkan proses belajar bahasa lebih cepat dan membantu pikiran kamu lebih mudah mengartikan sebuah kalimat maupun frasa lainnya.

Selain itu, dengan membaca bisa membantu kamu untuk memahami grammar tenses, dan lain sebagainya dalam bahasa Inggris. Jadi kamu bisa melatih kemampuan reading dengan beberapa tips seperti berikut;

  • Sering membaca buku, jurnal, maupun artikel yang menggunakan bahasa Inggris. Sekalipun saat ini banyak sekali buku yang menggunakan bahasa Indonesia, jauh lebih baik jika kamu meningkatkan kemampuan reading dengan membeli buku versi bahasa Inggris. Nanti perlahan-lahan jika ada kosakata yang dirasa sulit, kamu bisa mencari artinya dan membantu kamu memperkaya kosakata.
  • Tips selanjutnya juga bisa dilakukan dengan mengubah pengaturan bahasa gadget menggunakan bahasa Inggris. Dengan demikian kamu akan lebih cepat memperbanyak kosakata bahasa Inggris, minimal kamu akan lebih cepat untuk menghafal kata-kata yang sering muncul di smartphone.

Jika kamu rutin melakukan 2 tips tersebut maka kemampuan reading dalam bahasa Inggris bisa terus meningkat dan memberikan kemudahan bagi kamu untuk memperbanyak kosakata.

Baca Juga: CARA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LISTENING

Kemampuan Writing

Apakah kamu memiliki kebiasaan menulis? Menulis memberikan tantangan tersendiri bagi seseorang, apalagi jika menulisnya menggunakan bahasa asing yaitu bahasa Inggris. Kemampuan menulis dalam bahasa Inggris terus ditingkatkan dan membantu kamu menghafal kosakata lebih cepat. 

Ketika kamu sedang menulis, kemampuan grammar akan diuji secara penuh. Maka dari itu di sela-sela waktu, biasakan untuk menulis dalam bahasa Inggris. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut;

  • Tuliskanlah setiap kata atau kalimat yang menurutmu penting beserta dengan artinya sehingga akan lebih mudah untuk memahami. 
  • Tidak perlu takut untuk menulis komentar di sebuah blog maupun media sosial menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu kamu bisa terlibat dalam sebuah percakapan yang interaktif. 

Dengan menggunakan  kebiasaan menulis dalam bahasa Inggris kesempatan untuk meningkatkan skill writing menjadi meningkat. 

Ada banyak hal yang dilakukan untuk membantu meningkatkan skill dalam bahasa Inggris. Bagi para pemula mungkin masih merasa kebingungan,  tetapi perlahan-lahan kebiasaan yang dilakukan dengan bahasa Inggris bisa ditingkatkan loh.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH