trik melatih reading bahasa inggris

Trik Melatih Reading Bahasa Inggris

Melatih reading bahasa Inggris bisa dilakukan secara perlahan-lahan untuk meningkatkan skill tersebut. Skill reading atau membaca dalam bahasa Inggris sangat penting agar kamu lebih terbiasa terhadap berbagai macam kosakata dan memudahkan membaca kalimat berbahasa Inggris dengan lancar.

Membaca adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan, namun sayangnya minat baca di Indonesia cukup rendah. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, maka mulai biasakan untuk membaca. Ada banyak keuntungan dalam proses belajar reading yang kamu lakukan loh.

Tips Melatih Membaca dalam Bahasa Inggris

Mungkin awalnya kamu masih merasa bingung, bagaimana cara membaca teks bahasa Inggris dengan lancar. Seseorang yang memiliki kemampuan untuk membaca teks bahasa Inggris dengan lancar bukan berarti mereka Langsung bisa, tetapi pasti ada proses belajar dan berlatih terlebih dahulu. Kamu juga bisa memiliki kemampuan tersebut dengan membiasakan melakukan beberapa hal seperti berikut:

Baca Juga:
Kesalahan Pemula ketika Belajar Bahasa Inggris

Pikirkan Bahwa Reading itu Mudah

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah selalu berpikir bahwa reading atau membaca dalam bahasa Inggris adalah sesuatu hal yang mudah dilakukan. Jika kamu berpikir bahwa membaca dalam bahasa Inggris adalah sesuatu hal yang membosankan, maka sampai nanti kamu tidak akan mengerti dan menyukai proses belajar reading.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang suka mengeluh sebelum mempelajari materi tersebut Jangan heran jika perjalanan untuk bisa menguasai kemampuan berbahasa Inggris menjadi cukup panjang dan melelahkan. 

Lantas bagaimana agar bisa menyukai proses belajar reading? Kamu harus berpikir positif bahwa reading adalah salah satu proses belajar bahasa Inggris yang menyenangkan. Dengan begitu rasa lelah yang kamu rasakan akan hilang karena pikiran positif tersebut. Sebab nanti ketika mempelajari reading akan banyak perjalanan berliku, jadi kamu harus berpikir positif terlebih dahulu. 

Sering Membaca dengan Bacaan Sesuai Kemampuan

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pemula dalam mempelajari reading adalah mereka salah memilih bacaan. Kamu memang disarankan untuk terus berlatih membaca entah itu novel, jurnal, atau lain sebagainya dalam bahasa Inggris. Tapi kamu juga harus memperhatikan Apa yang sedang kamu baca adalah hal yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu. 

Misalnya, kamu tidak pernah membaca jurnal sebelumnya kemudian tiba-tiba ingin belajar reading bahasa Inggris dengan membaca jurnal berbahasa Inggris. Membaca jurnal bahasa Inggris tentu bisa membuat kamu merasa bingung dan bosan. Selain tidak pernah membaca jurnal sebelumnya, kamu juga merasa kebingungan karena bahasa yang digunakan adalah bahasa asing. 

Maka dari itu, pilih bacaan yang sesuai dengan kemampuan. Jika memang kamu lebih suka untuk membaca novel fiksi berbahasa Inggris, maka cari novel yang menarik perhatian kamu. Dengan novel tersebut tentu akan membantu kamu untuk mendapatkan kesempatan mudah belajar reading bahasa inggris loh.

Pilih Tempat untuk Belajar Reading Bahasa Inggris

Selanjutnya cobalah untuk pilih tempat dan tentukan waktu khusus untuk belajar reading bahasa Inggris. Jadi kamu harus menentukan tempat dan waktu yang tepat sehingga akan lebih fokus dalam mempelajari reading dan tidak memiliki gangguan.

Materi bahasa Inggris itu sangat banyak, jadi kamu harus tahu akan belajar dari mana dan bisa membuat kalimat bahasa Inggris menjadi lebih cepat di pahami. Buatlah jadwal untuk belajar reading dalam bahasa Inggris. Misalnya dalam satu hari kamu membaca selama 30 menit atau 1 jam tetapi dilakukan secara konsisten ya.

Cobalah Teknik Skimming

Tingkatkan kemampuan reading berbahasa Inggris kamu dengan mencoba mempelajari teknik skimming sebelum dan sesudah belajar reading bahasa Inggris. Jadi kamu akan lebih paham tentang bacaan tersebut dengan cepat. Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang skimming dan scanning dimana kedua teknik tersebut memiliki kesamaan yaitu membaca dengan cepat. 

Jika skimming dilakukan untuk memahami makna secara keseluruhan, sedangkan scanning dilakukan untuk mencari informasi spesifik. Jika di dalam bacaan teks bahasa Inggris tersebut berisi beberapa halaman, maka kamu bisa melakukan scanning dengan membaca judul, subpoint, dan paragraf pertama sehingga bisa mendapatkan ide utama.

Baca Juga:
Tips Meningkatkan Skill Dalam Bahasa Inggris

Ajukan Pertanyaan Kepada Diri Sendiri

Kamu bisa mencoba untuk mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri setelah membaca. Hal tersebut akan membantu kamu mengetahui seberapa paham kamu terhadap bacaan tersebut. Agar bisa merangkai kata kata menjadi kalimat, maka kamu perlu mempelajari tentang kata, Frasa, Klausa, dan kalimat. 

Penutup

Melatih reading bahasa Inggris memang bukan sesuatu hal yang mudah, apalagi jika kamu tidak memiliki minat dalam membaca. Tapi jika kamu ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, Maka skill reading adalah salah satu hal yang harus dipelajari. Lakukan beberapa tips diatas untuk bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan dalam membaca bahasa Inggris.

Membaca dalam bahasa Inggris untuk pertama kalinya bisa jadi menakutkan, namun dengan latihan dan kesabaran, hal ini bisa menjadi lebih mudah. Berlatih dengan teman dapat membuat belajar bahasa Inggris lebih menyenangkan dan tidak terlalu menakutkan. Lakukan percakapan, bermain game, atau lakukan aktivitas bersama yang melibatkan membaca dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.