trik memilih les bahasa inggris terbaik

Trik Memilih Les Bahasa Inggris Terbaik

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus mengikuti les bahasa Inggris terbaik. Ketika memilih tempat les, maka dapat mempengaruhi kemampuan bahasa Inggris kamu. Tempat les berkualitas pasti mampu menyediakan tenaga pendidik profesional sesuai kebutuhan dan tujuan kamu dalam mengikuti kursus.

Dengan mengikuti les kamu juga akan mengikuti program pendidikan non formal. Pendidikan formal saja tidak cukup, karena kamu juga harus upgrade pengetahuan, apalagi jika ingin kursus dengan tujuan khusus. Misalnya, untuk meningkatkan kemampuan TOEFL yang justru tidak mungkin kamu temukan ilmu tersebut secara spesifik di bangku sekolah.

6 Cara Pilih Tempat Les Bahasa Inggris

Dengan begitu banyak pilihan tempat les, maka ada beberapa cara untuk memutuskan mana tempat les bahasa Inggris terbaik. Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan tips dari ICAN English sebagaimana berikut:

1. Metode Pembelajaran

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan ketika mencari tempat les bahasa Inggris adalah metode pembelajaran. Pastikan lembaga les tersebut menyediakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan supaya kamu bisa merasa lebih semangat dalam belajar bahasa Inggris.

Misalnya ada lembaga kursus dengan menerapkan metode belajar, mencoba, dan menerapkan.

Metode pembelajaran seperti ini mengajak kamu sebagai pelajar untuk melakukan interaksi dengan tutor profesional, baik di kelas atau baik melalui buku. Pada metode mencoba, kamu juga akan melakukan interaksi dengan teman dan tutor menggunakan bahasa Inggris secara spontan.

Kamu juga bisa belajar tentang cara menulis maupun mengutarakan opini dalam bahasa Inggris. Sedangkan ketika belajar menggunakan metode penerapan, artinya kamu akan melakukan penerapan terhadap apa yang sudah kamu pelajari dalam kondisi nyata.

2. Kelas Kecil

Beberapa pelajar yang mengikuti kursus bahasa Inggris mempunyai kebutuhan spesifik sehingga membutuhkan konsentrasi lebih tinggi. Misalnya, ketika ingin mengikuti kursus persiapan TOEFL atau IELTS, ada beberapa strategi penting dalam mengerjakan soal supaya kamu bisa memperoleh skor tinggi.

Hal ini membutuhkan interaksi lebih banyak dengan tutor, untuk memastikan bahwa kamu benar-benar paham dengan seluruh materi pembelajaran. Kamu juga membutuhkan konsentrasi tinggi dengan suasana kelas yang mirip seperti saat kamu mengikuti tes TOEFL resmi. Sehingga kamu harus memilih kelas kecil dengan jumlah sekitar 8 atau 10 siswa didalamnya.

Dengan materi pembelajaran secara intensif dan kelas kecil, maka kamu bisa melakukan pembelajaran secara efektif. Selain itu, jadi lebih bebas bertanya kepada tutor jika ada hal yang belum kamu mengerti.

3. Kualitas Tutor

Langkah selanjutnya agar kamu bisa memilih les bahasa Inggris terbaik adalah dengan mencari informasi tentang tutor. Pastikan tutor yang mengisi kelas tersebut adalah tutor berpengalaman dibuktikan dengan sertifikat.

Misalnya, kamu ingin mencari tempat les bahasa Inggris untuk persiapan TOEFL, maka kamu harus memastikan bahwa tutor sudah mempunyai sertifikat TOEFL dan sertifikat lainnya seperti Teaching English as a Foreign Language atau TEFL.

Lembaga Kursus bahasa Inggris biasanya juga menawarkan kelas percobaan atau disebut dengan trial class. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah kamu sudah merasa cocok dengan metode pembelajaran tutor, dan bagaimana cara mengajar yang mereka tawarkan.

4. Suasana Belajar

Pastikan bahwa kamu memilih tempat kursus bahasa Inggris dengan suasana belajar menyenangkan didukung fasilitas pembelajaran mendukung siswa. Fasilitas interaktif seperti penggunaan white board adalah salah satu cara untuk membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan.

Beberapa lembaga kursus juga menyediakan metode pembelajaran diluar kelas. Sehingga, suasana belajar lebih interaktif.

Baca Juga:
Trik Memilih Les Bahasa Inggris Terdekat

5. Dengarkan Ulasan

Kebanyakan tempat kursus bahasa Inggris pasti memberikan testimoni pada bagian situs dari beberapa siswa pilihan. Tujuannya adalah supaya memberikan informasi tentang gambaran Bagaimana kualitas dalam tempat les bahasa Inggris tersebut. Hanya saja seringkali testimoni yang diberikan merupakan komentar-komentar positif.

Untuk mengetahui kualitas sebenarnya pada sebuah tempat les bahasa Inggris, maka langkah terbaik adalah langsung bertanya tentang kelebihan dan kekurangan tempat kursus tersebut kepada siswa yang sudah pernah atau sedang belajar di lokasi.

Selain bertanya langsung kepada siswa di lokasi, kamu juga bisa mencoba mencari testimoni atau ulasan independen tentang tempat les tersebut menggunakan internet, seperti berkunjung pada forum atau komunitas. Biasanya selalu ada wadah dimana para siswa bebas beropini dan mengutarakan pendapat tentang kesan maupun pengalaman mereka selama belajar di lembaga kursus tersebut.

6. Cermati Biaya Kursus

Banyak orang beranggapan bahwa ketika kamu mencari tempat les bahasa Inggris terbaik, maka biaya yang harus kamu keluarkan cukup tinggi. Sebaliknya, jika ada tempat kursus menawarkan biaya murah, maka kualitasnya tidak begitu bagus.

Kursus bahasa Inggris berkualitas tidak bisa dilihat begitu saja dari biaya yang ditawarkan. Akan tetapi kamu bisa mencermati kualitas tempat kursus apabila bisa memenuhi kebutuhan belajar. Jika harus melihat harga, maka kamu bisa memperhatikan apa yang akan kamu peroleh.

Ada lembaga kursus menawarkan biaya murah, tetapi kamu harus mencari buku teks dan membayar kebutuhan ujian di lain waktu. Ada juga lembaga kursus yang menawarkan biaya langsung secara keseluruhan mulai dari biaya untuk buku teks, biaya ujian, biaya sertifikat, hingga biaya fasilitas pendukung sehingga kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya di kemudian hari.

Itulah mengapa jika kamu ingin mencari les bahasa Inggris terbaik, mendapati biaya mahal atau murah tergantung dari apa saja fasilitas yang kamu peroleh. Jika biaya tersebut tinggi karena fasilitas yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran, maka lembaga kursus tersebut layak kamu pertimbangkan.

Baca Juga:
Memilih Les Bahasa Inggris Online Terbaik

Manfaat Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik

Selain belajar langsung dari tutor profesional, pemilihan tempat les bahasa Inggris terbaik juga juga memberikan beberapa manfaat bagi para pelajar.

Pertama, di tempat kursus bahasa Inggris kamu bisa meningkatkan keterampilan bahasa. Tempat les bahasa Inggris terbaik membuat kamu lebih fokus belajar bahasa Inggris langsung dengan cara praktek, belajar lebih intensif, dan selalu ada latihan pada setiap pertemuan.

Kursus bahasa Inggris juga dapat meningkatkan kreativitas siswa. Misalnya pada kelas speaking dan kamu dituntut untuk melakukan presentasi, maka kamu harus bisa mencari ide, agar kamu bisa mencari topik yang membuat hasil presentasi kamu berbeda dengan teman lainnya. Kamu juga dituntut untuk mempunyai kreativitas tinggi supaya selama melakukan presentasi, tutor dan siswa lain tertarik untuk mendengarkan topik apa yang kamu bahas.

Manfaat lainnya dari mengikuti les bahasa Inggris terbaik adalah untuk memperoleh sertifikat keahlian. Walaupun sertifikat keahlian merupakan formalitas, tetapi mempunyai fungsi yang sangat penting. Sertifikat TOEFL misalnya dapat kamu gunakan untuk melamar pekerjaan. Sehingga menjadi nilai tambah karena kamu mempunyai keunggulan bahasa dibandingkan dengan kandidat lain.

Atau kamu juga bisa menggunakan sertifikat TOEFL untuk menunjukkan keahlian bahasa supaya bisa melamar kuliah di dalam atau di luar negeri. Hal ini karena sertifikat TOEFL merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa internasional dalam melanjutkan studi.

Itulah informasi lengkap tentang bagaimana cara mencari tempat les bahasa Inggris terbaik. kamu juga jadi lebih tahu tentang apa manfaatnya mengikuti program kursus bahasa Inggris untuk kebutuhan pendidikan maupun karir.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web