trik menjawab soal listening dalam tes toefl

Trik Menjawab Soal Listening dalam Tes TOEFL

Salah satu skill yang akan dites dalam TOEFL adalah listening. Terkadang, bagian listening menjadi yang paling sulit. Pasalnya, audio hanya akan diputar satu kali. Sehingga kamu perlu benar-benar teliti dan mendengarkan audio dengan seksama. Untuk mendapatkan hasil TOEFL yang maksimal, sebaiknya mengetahui trik tes TOEFL listening.

Pokok permasalahan dalam tes listening adalah pada pengucapan native speaker. Dalam beberapa tes TOEFL, biasanya native speaker akan mengucapkan dialog atau narasinya dengan kurang jelas. Hal ini tentunya menjadi permasalahan krusial, terlebih bagi peserta TOEFL yang masih asing dengan suara native speaker ketika membacakan narasi.

Empat Trik Tes TOEFL Listening yang Efektif

Oleh sebab itu, diperlukan adanya trik dan strategi dalam mengerjakan listening dalam TOEFL. Karena seluruh bagian dalam TOEFL biasanya akan dibatasi waktu, begitupun dengan listening. Apabila terlalu lama dalam bagian listening, maka dikhawatirkan bagian lainnya tidak dapat terisi secara penuh. Oleh sebab itu, simak trik dan strateginya di bawah ini!

1. Kenali Petunjuk pada Soal Listening

Trik tes TOEFL listening yang pertama adalah kenali petunjuk soalnya terlebih dahulu. Dalam listening biasanya terdapat 3 bagian atau part. Dalam part A akan berisi dialog singkat, part B berisi dialog panjang, dan part C berisi narasi. Sebelum memulai untuk mengerjakan soal, baca dan pahami terlebih dahulu petunjuk di masing-masing bagian.

Dengan memahami petunjuk, maka akan lebih memahami bagaimana cara mengerjakan serta menjawab pertanyaan tersebut. Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak melewati bagian petunjuk mengerjakan soal.

2. Gunakan Waktu untuk Membaca Jawaban

Setelah memulai mengerjakan soal, maka dapat melakukan trik tes TOEFL listening berikutnya. Ketika audio tengah diputar, pastikan untuk fokus mendengarkan audio. Apabila memungkinkan, gunakanlah waktu sambil melihat atau membaca jawaban. Dengan begitu, kamu dapat menghubungkan jawaban dengan pertanyaan yang ada dalam audio.

Apabila dirasa sulit untuk mendengarkan audio sambil membaca jawaban. Maka, dengarkanlah audio terlebih dahulu. Setelah itu bacalah jawaban dan hubungkan jawaban tersebut dengan pertanyaan dalam audio.

3. Fokus pada Kalimat Akhir

Trik berikutnya adalah fokus terhadap kalimat akhir dalam percakapan atau audio. Biasanya, jawaban akan terletak di akhir baris atau akhir kalimat. Apabila memungkinkan, cobalah memahami kalimat di awal. Namun, apabila tidak memungkinkan maka dapat langsung fokus ke kalimat akhir saja.

Baca Juga:
Tips Latihan Listening Bahasa Inggris Untuk Pemula

4. Menghindari Bunyi Kata yang Mirip atau Sama

Terakhir adalah hindari bunyi kata yang sama dalam memilih jawaban. Biasanya akan terdapat beberapa opsi yang bunyinya sama dengan audio. Biasanya opsi tersebut merupakan jawaban yang salah. Sehingga hindari memilih opsi tersebut.

Karena tes yang satu ini cukup sulit, banyak siswa memutuskan untuk bergabung dalam kursus persiapan TOEFL. ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang menyediakan kelas ini. Kami memiliki tutor berpengalaman dan kurikulum berkualitas tinggi agar siswa mendapatkan pendidikan terbaik.

Mengerjakan soal listening memang cukup sulit. Oleh sebab itu, perlu untuk mengetahui trik tes TOEFL listening. Agar lebih siap dalam mengerjakan TOEFL dengan menentukan sebuah strategi, sehingga berpotensi mendapatkan nilai maksimal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi