Latihan listening bahasa Inggris untuk pemula

Tips Latihan Listening Bahasa Inggris untuk Pemula

Jul 13, 2022 | Bahasa Inggris

Mampu mendengarkan dan memahami bahasa Inggris adalah kunci lancar berbicara. Jadi, kamu wajib tahu apa saja latihan listening bahasa inggris untuk pemula dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan. Jika saat ini kamu dipaksa memilih mana dari empat keterampilan bahasa (berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis), maka yang paling penting adalah mendengarkan atau listening.

Mendengarkan adalah kunci untuk mengakses bahasa Inggris secara lisan, belajar memahami budaya dan berinteraksi dengan native. Tanpa kemampuan untuk memahami ucapan seseorang dalam bahasa inggris, maka kamu tidak akan bisa menggunakan apapun dalam Bahasa Inggris.

Baca Juga: CARA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LISTENING

Cara Melatih Listening Skill Bagi Pemula

Berikut adalah tips latihan listening bahasa inggris untuk pemula menurut ICAN English:

1. Tetapkan Tujuan

Pikirkan apa yang ingin kamu capai dan tetapkan tujuan. Tujuan seperti “berbahasa Inggris dengan baik” itu terlalu luas. Cobalah membuatnya lebih spesifik dengan mencari tahu apa bagian khusus dari skill listening yang menurut kamu sulit. Banyak orang merasa kesulitan ketika listening native speakers karena beberapa hal berikut:

  • Kosa kata yang sempit atau terbatas
  • Aksen yang tidak biasa atau sulit
  • Native speaker/ lawan bicara berbicara terlalu cepat
  • Pidato terhubung yang sulit dimengerti

Misalnya, jika kamu ingin meningkatkan kosa kata, kamu akan mendapat manfaat dari aktivitas berbasis kosa kata, dan – bahkan lebih baik lagi – jika mereka juga menyediakan daftar kosa kata kunci. Kalau masalah listening adalah aksen, kamu dapat memanfaatkan transkrip untuk didengarkan bersama. Salah satu contoh menetapkan tujuan adalah berikut:

Saya ingin mendapatkan skor 25 pada bagian mendengarkan tes TOEFL pada bulan Maret.

Buatlah tujuan yang menyatakan tujuan spesifik, termasuk menentukan waktu. Buatlah tujuan yang memang bisa dicapai dan terdengar masuk akal jika dikejar.

2. Buat Rencana

Selanjutnya, kamu bisa latihan listening dengan membuat rencana, kapan kapan memulainya. Kalau tidak dengan cara ini, maka kamu akan terus tidak punya waktu luang. Maka, cobalah melakukan hal sederhana, sebagaimana berikut:

  • Tarik kalender
  • Identifikasi hari apa kamu akan belajar
  • Tentukan berapa lama kamu akan belajar
  • Putuskan aktivitas atau sumber daya yang digunakan
  • Tujuan belajar setidaknya 30 menit sehari

3. Pilih Kegiatan Belajar

Kamu perlu menemukan aktivitas yang mudah diakses, yang kamu sukai dan efektif. Pilih saja aktivitas yang dapat diakses. Contoh, Podcast bahasa Inggris sangat bagus karena kamu dapat mengaksesnya dimana saja.

Kesalahan paling umum yang banyak dilakukan saat belajar bahasa Inggris adalah memilih kegiatan membosankan, karena direkomendasikan oleh seorang guru. Pilih aktivitas yang kamu sukai karena menarik. Memilih aktivitas yang Anda sukai adalah rahasia untuk terus melakukannya dan pada akhirnya meningkatkan bahasa Inggris Anda.

ICAN English menjadi kursus bahasa Inggris yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan berbagai aspek kemampuan bahasa Inggris. Belajar bahasa bisa menarik jika kamu menggunakan bahan tepat. Hindari merasa puas dengan kegiatan membosankan. Hanya karena belajar bahasa Inggris di sekolah mungkin membosankan, tidak perlu seperti itu ketika Anda memilih kegiatan Anda sendiri.

Baca Juga: TIPS MELATIH LISTENING BAHASA INGGRIS

Mengapa Belajar Bahasa Inggris Harus dari Listening

Mengapa harus listening dulu, bukan speaking? Banyak tutor menjelaskan bahwa kamu perlu berbicara sejak hari pertama. Mereka menekankan pentingnya interaksi dengan penutur asli dan pentingnya memproduksi bahasa. Banyak orang ikut kursus bahasa inggris dan membayar tutor, karena mereka ingin bisa berbicara bahasa Inggris, bukan meningkatkan skill listening.

Walaupun speaking adalah hal penting, tetapi listening adalah keterampilan bahasa Inggris yang paling penting. Kamu tidak dapat melakukan percakapan dengan seseorang jika kamu tidak dapat memahami apa yang mereka katakan. Jadi, langkah pertama supaya bisa memulai adanya percakapan adalah dari mendengarkan. Sering latihan listening bahasa inggris untuk pemula adalah sebuah langkah besar agar berhasil melakukan percakapan.

Merasa tertekan untuk berbicara sejak awal bisa jadi tidak nyaman karena kamu belum tahu tata bahasanya. Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang merasa bahasa Inggris terlalu sulit dan akhirnya menyerah. Mencoba berbicara langsung bisa membuat frustrasi. Mendengarkan membantu membangun keterampilan bahasa dasar sehingga ketika kamu mulai berbicara, kamu punya peluang meningkatkan kemampuan berbahasa inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

4 Skill Bahasa Inggris Ini Harus Kamu Kuasai

4 Skill Bahasa Inggris Ini Harus Kamu Kuasai

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu harus menguasai beberapa skill utama agar bisa meningkatkan kemampuan berbahasa kamu. Ketika kita belajar bahasa, ada empat keterampilan yang kita butuhkan untuk komunikasi yang lengkap. Ketika mempelajari bahasa ibu sendiri, kamu...

Trik agar Pintar Bahasa Inggris, Lebih Efektif!

Trik agar Pintar Bahasa Inggris, Lebih Efektif!

Belajar bahasa Inggris tidak harus selalu di dalam kelas. Bahkan, guru bahasa Inggris mendorong siswa untuk melakukan banyak pembelajaran ekstra di luar sekolah. Ada banyak trik pintar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang bahasa,...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH