Urutan belajar bahasa Inggris secara ototidak

Urutan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Jul 21, 2022 | Bahasa Inggris

Urutan belajar Bahasa Inggris secara otodidak ini dapat membantumu untuk berlatih secara mandiri. Meskipun tanpa pendamping, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Sehingga, pembelajaran yang akan kamu lakukan lebih mudah.  

Akan lebih mudah jika kamu bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Kami memiliki tim pengajar berpengalaman dan akan membantu kamu dalam proses belajar. Semua materi yang diberikan juga akan disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Baca Juga: CONTOH PERCAKAPAN FORMAL DALAM BAHASA INGGRIS

Urutan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Dalam kegiatan belajar, semua orang pasti memiliki metodenya tersendiri. Hal tersebut pun berlaku bagi kamu yang mempelajari bahasa Inggris secara otodidak. Meskipun begitu, kamu tetaplah perlu mengatur jadwal belajar sehingga tidak mengganggu aktivitas atau kegiatan lainnya. Adapun tahapan dalam belajar bahasa ini  adalah sebagai berikut!

1. Mengenal Kamus Yang Dibutuhkan

Sebelum memulai mempelajari English, kamu perlu memilih kamus yang sesuai dengan kebutuhan. Meskipun, sebenarnya di era ini sudah banyak kamus digital yang bisa digunakan. Namun, seperti yang diketahui bahwa setiap kampus pasti dibuat oleh penerjemah. Maka, tidak menutup kemungkinan kamus satu dan yang lainnya berbeda.

 Selain itu, ukuran dari kamus pun penting untuk dipertimbangkan. Maka sangat penting kamu mengetahui ukuran kampus yang akan digunakan, kamus bilingual ( dua bahasa) atau monolingual (satu bahasa),  dan kamus tipe Native speaker atau leaner. Apabila kamu memilih kampus dengan tipe leaner, biasanya penjelasannya lebih simpel dan mudah dipahami.

Sementara,  tipe Native Speaker memang dibuat oleh penutur aslinya. Sehingga, bagi kamu yang baru belajar akan mengalami kesulitan dalam menerjemahkan kata di dalamnya. Selain itu, kamu pun  perlu memperhatikan apakah kamus tersebut memberikan informasi tambahan atau tidak. Seperti  penjelasan mengenai tata bahasa maupun panduan dari fonetik.

2. Kelengkapan Dari Isi Kamus

Setiap kamus memiliki pembahasannya tersendir. Ada yang mengartikan tiap kata, ada pula yang menyiapkan cara penggunaannya, bahkan terdapat pula kamus yang memiliki kedua hal tersebut. Namun, bagi kamu yang pemula, sebaiknya pilihlah kamus yang menjabarkan kedua hal di atas.

Selain itu, lebih bagus lagi apabila kamus tersebut memiliki tambahan idiom mengenai kata yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, semakin tebal sebuah kamus, makna kosa katanya pun semakin banyak dan penjabarannya pun cukup terbilang lengkap. Tentunya, kamus tersebut membutuhkan budget yang tidak sedikit.

Perhatikan pula, kamus tersebut dibuat untuk siapa. Apakah untuk anak-anak, dewasa, atau umum. Pasalnya, hal tersebut menentukan kosa kata maupun pembahasan yang ada di dalamnya.  Selain itu, usahakan pula untuk membeli kamus dengan penerjemah yang jelas dan terpercaya. Sehingga, materi tidak akan melenceng.

3. Menghafal dan Memahami Kosakata

Langkah selanjutnya adalah memahami kosa kata. Kamu dapat memulainya dengan benda-benda yang ada di sekitarmu atau kejadian-kejadian yang membuatmu terkesan. Seperti kegiatan di sekolah, memasak dengan ibu, dan lain sebagainya. Pastikan semua kosakata yang akan hendak kamu hafalkan, hal tersebut kamu tulis dan pahami kata tersebut. Pasalnya terkadang ada kata yang memiliki makna sama, tetapi penggunaannya berbeda. Misalnya, kata “will” dan “would” yang memiliki makna “akan”. Namun, salah satu perbedaan dari kata tersebut adalah cara penggunaannya yang berbeda. Dimana kata “will” digunakan untuk menyatakan hal di masa depan. Sementara ‘would”, digunakan untuk menyatakan sesuatu di masa lampau. Dengan begitu, ketika kamu belajar mengenai grammar, hal tersebut akan sangat membantu dirimu.

4. Menulis

Setelah melakukan hafalan kosa kata, maka selanjutnya adalah menuliskan semua kosakata yang telah kamu hafal menjadi sebuah kalimat. Usahakan untuk menyambungkan setiap kata yang telah kamu hafal. Dengan begitu, kamu pun akan lebih mudah memahaminya.

Selain itu, lakukanlah evaluasi dari hasil tulisanmu. Apakah semua kosakata yang telah kamu hafal itu sudah tertulis atau belum. Untuk menghitungnya sendiri gunakanlah tanda. Dalam tahapan ini, kamu tidak perlu terlalu mementingkan kaidah dari penulisan bahasa Inggris. Selama kamu memahami apa yang ditulis, maka itu sudah cukup.

5. Membaca dan Mendengarkan Pelafalan

Cobalah untuk membaca  tulisan dalam bahasa Inggris. Untuk bahannya sendiri itu bisa apa saja. dari mulai artikel, majalah, maupun jurnal. Perhatikan apa saja yang ditulis dan coba pahami hal tersebut.  Kemudian, pahami dan ceritakan ulang mengenai buku maupun artikel yang dibaca tersebut.

Dengan begitu, kamu pun dapat memahami apa yang dimaksud oleh orang yang menulis kepada khalayak ramai. Selain berlatih menulis, sebaiknya lakukan pula untuk mendengarkan pelafalan langsung dari native speaker nya.

 Untuk melakukan hal tersebut kamu dapat mendengarkan musik bahkan menonton sebuah film atau video. Dengan begitu, berbagai aksen bahasa dapat kamu pelajari dengan baik. Tentu hal ini membuat kamu lebih mudah menguasai bahasa tersebut.

Baca Juga: REKOMENDASI ANIMASI UNTUK BELAJAR BAHASA INGGRIS

6. Berbicara dan Belajar Grammar

Untuk langkah selanjutnya adalah belajar berbicara menggunakan bahasa Inggris. hal ini dapat kamu lakukan sendiri didepan cermin maupun dengan temanmu. Cobalah memulai topi atau pembicaraan yang menurutmu asyik untuk dibahas.

 Namun, meskipun begitu, kamu un tidak boleh melupakan untuk belajar grammar. Pasalnya, hal tersebut sangatlah penting dalam bahasa Inggris. Dimana kaidah-kaidahnya akan membantumu membuat kalimat yang tepat. Pahami pula aturan-aturan yang berlaku di dalamnya.

Apabila kamu tipikal orang yang lebih menyukai belajar grammar dan kosakata terlebih dahulu. Itu tidak  jadi masalah. Namun, ada beberapa orang yang fokusnya mudah teralih ketika memahami mengenai kaidah-kaidah dalam bahasa Inggris untuk pembelajaran di awal. sehingga, jumlah kosa kata yang diketahuinya tidak ada kemajuan. Maka, urutan belajar bahasa inggris secara otodidak diatas merupakan hal yang tepat untuk dilakukan oleh dirimu.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH