Belajar Urutan Hari dalam Bahasa Inggris

Belajar Urutan Hari dalam Bahasa Inggris

Urutan hari dalam bahasa inggris penting untuk dipelajari karena waktu dan tempat penting untuk menyelesaikan tugas dan membentuk koneksi baru. Saat kamu harus mengatur pertemuan dengan klien penting dari luar negeri, tidak mengetahui nama-nama hari dalam Bahasa Inggris akan membuat pekerjaan menjadi kacau.

Untuk mempelajari materi ini, kamu harus belajar nama hari, bagaimana cara melafalkannya, dan maknanya. Singkatan nama-nama hari dalam Bahasa Inggris juga diambil dari suku kata pertama. Misalnya, Sunday menjadi Sun, Monday menjadi Mon, Tuesday menjadi Tues, Wednesday menjadi Wed, Thursday menjadi Thurs, Friday menjadi Fri, dan Saturday menjadi Sat.

Penggunaan Urutan Hari dalam Bahasa Inggris

Gunakan panduan berikut untuk memahami penggunaan urutan hari dalam Bahasa Inggris:

Sunday

Nama “Sunday” sangat mudah diingat, karena dalam banyak bahasa dan budaya, “sun” masih ada hubungannya dengan “daytime”. Banyak hari dalam seminggu dalam bahasa Inggris berakar dari bahasa Jerman dan Norse kuno, yang memandang matahari sebagai dewi bernama Sunna atau Sól.

Sama seperti matahari terbit mengawali hari, hari Minggu mengawali Minggu di sebagian besar negara Anglophone. Terlepas dari sekularitas banyak orang di negara-negara berbahasa Inggris, banyak bisnis berbahasa Inggris yang tetap buka selama akhir pekan akan tetap tutup pada hari Minggu.

Monday

Beberapa orang menyukai hari Minggu karena merupakan hari santai dan membenci hari Senin karena awal minggu kerja. “Senin” berasal dari kata “Moon”. Dalam mitologi Nordik, dewa bulan adalah saudara dari dewi matahari, jadi ingat bahwa hari Minggu dan Senin harus selalu berjalan bersamaan.

Tuesday

Selasa juga dinamai menurut nama dewa: Tyr, dewa duel Norse yang bertangan satu. Meskipun masih menjadi misteri mengapa Tyr ditugaskan secara khusus pada hari ketiga dalam seminggu, “Selasa” dapat dengan mudah diingat karena kesamaan fonetiknya dengan “dua”, seperti pada hari kedua dalam minggu kerja.

(T lainnya yang perlu diingat adalah Taco Tuesday, tren populer di mana restoran Meksiko menawarkan diskon untuk taco.)

Meskipun beberapa budaya menganggap hari Selasa sebagai hari sial, tidak ada hubungan yang sama antara takhayul ini dan sebagian besar komunitas Anglophone. Namun, sebagian orang Amerika mungkin menghubungkan hari Selasa dengan peristiwa sejarah atau politik – misalnya, Black Tuesday, saat pasar saham anjlok, atau Super Tuesday, ketika banyak negara bagian AS menyelenggarakan pemilihan presiden.

Wednesday

Mungkin karena Rabu adalah tengah minggu, maka asal usul nama ini adalah Odin atau dikenal juga dengan Woden. Dalam mitologi Nordik, Odin dianggap sebagai dewa yang paling kuat. Rabu dikenal sebagai “hump day” karena banyak orang melihat hari Rabu sebagai titik balik dalam minggu yang sangat menantang.

Thursday

Kamis didedikasikan untuk Thor, dewa paling dikenal dalam mitologi Norse, berkat franchise film populer. Kamu mungkin menonton salah satu film Thor sebagai cara yang menyenangkan untuk berlatih bahasa Inggris.

Hari Kamis mendapat apresiasi dalam budaya populer karena tagar media sosial #throwback_thursday. Pada momen tersebut, orang-orang mengunggah foto-foto lama diri sendiri di masa lalu.

Friday

Jumat mungkin bersaing dengan hari Sabtu untuk hari terpopuler dalam seminggu, namun banyak orang tidak menyadari bahwa hari Jumat adalah satu-satunya hari yang dinamai menurut nama dewi wanita, Freya. Menurut tradisi Norse, Freya adalah istri Odin dan dapat dianggap sebagai Venus Norse, mewakili keindahan dan cinta.

Orang-orang juga mengasosiasikan hari Jumat dengan penuh penawaran keberuntungan, seperti pada Black Friday, hari libur komersial yang berasal dari Amerika dan terjadi setelah Thanksgiving. Selama Black Friday, toko-toko menawarkan diskon besar untuk waktu terbatas saja.

Saturday

Dari Saturday Night Fever hingga Saturday Night Live, Sabtu adalah hari populer dalam seminggu dalam bahasa Inggris dan referensi populer. Tidak seperti kebanyakan hari dalam seminggu, hari Sabtu tidak memiliki nama Norse melainkan mengacu pada dewa Romawi Saturnus.

Menariknya, Saturnus adalah dewa waktu, yang mungkin menjelaskan mengapa waktu berlalu begitu cepat pada hari Sabtu dan begitu lambat pada hari kerja! Saturnus juga merupakan dewa kelimpahan, kekayaan, pembaruan, dan pembebasan, sehingga sangat mudah untuk mengingat bahwa hari Sabtu berhubungan dengan Saturnus.

Baca juga : Cara Penulisan Hari Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang Tepat

Pentingnya Belajar Nama-Nama Hari Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah tahu urutan hari dalam bahasa inggris. kemampuan untu menyebutkan nama-nama hari dalam Bahasa Inggris sesuai urutan sangat penting.

Pertama, kemampuan ini akan mendukung kelancaran komunikasi dan penataan jadwal. Kamu dapat mengatur aktivitas, pertemuan, dan komitmen dengan jelas dan tepat waktu.

Misalnya, saat membuat rencana bersama teman, mengatur jadwal kerja, atau mengatur kegiatan pribadi, semuanya dapat dilakukan dengan mudah dengan mengetahui urutan nama-nama hari dalam Bahasa Inggris.

Mau lebih banyak belajar Bahasa Inggris? Ikut belajar di ICAN English sekarang juga! Kami mempunyai banyak program untuk kursus on-site atau online Bahasa Inggris bagi semua kalangan. Tersedia juga kelas untuk level beginner!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.