Cara Penulisan Hari Tanggal Dalam Bahasa Inggris yang Tepat

Cara Penulisan Hari Tanggal Dalam Bahasa Inggris yang Tepat

Salah satu hal yang sering tidak disadari, tetapi dilihat dan digunakan setiap hari adalah tanggal. Kamu bisa melihat tanggal di handpone, saat membuat rencana, atau saat menulis undangan dalam acara tertentu. Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana format penulisan hari tanggal dalam bahasa inggris yang tepat?

Ketika menulis tanggal dalam bahasa Inggris, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Walaupun terdapat satu format tanggal yang umum digunakan, ada juga aturan terpisah tentang cara menulis tahun, bulan, hari, dan bahkan abad.

Panduan Menulis Hari Tanggal Bahasa Inggris

Gunakan panduan ini untuk membahas semua topik dan belajar tips menulis tanggal dengan benar dalam bahasa Inggris. Materi ini sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman dengan teman atau kolega saat harus menggunakan format bahasa Inggris.

Format Hari Tanggal Paling Umum

Cara paling umum untuk penulisan hari tanggal dalam bahasa Inggris adalah dengan menggunakan format hari/bulan/tahun (juga dinotasikan sebagai DD/MM/YYYY). Misalnya, jika kamu menulis tanggal 5 Januari 2022, menjadi 01/05/22.

Cara lain menulis tanggal dalam bahasa Inggris menurut versi Amerika adalah format bulan/hari/tahun dalam bentuk numerik murni. Untuk menulis tanggal 5 Januari 2022 akan menjadi 01/05/2022. Atau, kamu bisa menambahkan hari dalam seminggu terlebih dahulu, diikuti hari, lalu bulan. Jadi, tanggal yang sama akan ditulis Friday, 5 January 2022. Perhatikan peletakan tahun setelah koma.

Terakhir, kamu dapat menggunakan standar internasional untuk menulis tanggal dalam bahasa Inggris. Caranya, tulis tahun terlebih dahulu, diikuti bulan, lalu hari (juga dikenal sebagai format YYYY/MM/DD). Dengan cara ini, tanggal yang sama akan ditulis sebagai 05/01/2022.

Perhatikan bahwa format numerik untuk penulisan tanggal umumnya digunakan secara informal atau ketika ruang terbatas. Jadi, penulisan tersebut bukan pilihan ideal untuk surat bisnis formal atau dokumen hukum, misalnya.

Jika kamu memilih format tanggal semua numerik, selalu ada dua garis miring atau tanda hubung untuk memisahkan bagian tanggal. Satu antara hari dan bulan dan satu lagi antara bulan dan tahun.

Baca juga:
Belajar Urutan Hari dalam Bahasa Inggris

Format Penulisan Hari Tanggal Amerika vs. Inggris

Dua format tanggal yang paling umum digunakan berasal dari bahasa Inggris British dan Amerika. Format tanggal British English adalah hari/bulan/tahun, sedangkan format bulan/hari/tahun digunakan dalam penggunaan di Amerika.

Dalam format tanggal Inggris Amerika, bulan ditulis sebagai sebuah kata (Januari, Maret, November, dll.), diikuti hari pada bulan tersebut, lalu tahun. Tahun dapat ditulis dengan angka dua digit (22 untuk tahun 2022) atau empat (2022).

Saat menulis tanggal dengan hari dalam seminggu, urutannya adalah: hari dalam seminggu, bulan, hari, tahun. Misalnya:

Friday, January 5, 2022.

Format tanggal dalam bahasa Inggris British hampir sama. Tetapi, hari ditulis terlebih dahulu, diikuti bulan (misalnya September, April, Juni) dan kemudian tahun. Namun, koma tidak diperlukan untuk menulis tanggal dalam bahasa Inggris British. Misalnya:

Friday, 5 January 2022.

Jadi, perbedaan utama antara format tanggal Inggris British dan Amerika adalah orang Amerika menulis bulan sebelum hari. Sedangkan format tanggal Inggris mencantumkan hari sebelum bulan.

Baca juga:
Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Cara Menulis Bulan dan Hari

Kamu dapat menulis bulan dengan dua digit atau mengejanya secara lengkap, kedua bentuk tersebut benar. Penggunaan angka untuk menunjukkan bulan adalah cara yang paling umum, dan umumnya ditulis dalam situasi informal. Penulisan bulan harus lengkap jika digunakan dalam tulisan formal, seperti surat bisnis, resume, atau dokumen hukum.

Baik dalam bentuk Inggris maupun Amerika, nama bulan dapat disingkat jika merupakan bagian dari tanggal tertentu. Untuk menyingkat bulan, kamu harus menulis tiga huruf pertamanya, diikuti titik, kecuali bulan Mei, Juni, dan Juli. Misalnya:

British: 5 Jan. 2022.

America: Jan. 5, 2022.

Namun, disarankan untuk menghindari singkatan dalam penulisan formal kecuali untuk menghemat ruang, seperti pada tabel atau bagan.

Jika menyangkut hari dalam sebulan, nomor urut (misalnya 1, 2, 3) biasanya dihilangkan dalam tulisan formal Amerika, meskipun nomor tersebut sering digunakan dalam pidato. Demikian pula, dalam penggunaan British, yang terbaik adalah menggunakan nomor pokok (misalnya 1, 2, 3) saat menulis tanggal dalam situasi formal.

Sekarang kamu sudah mengetahui dasar-dasar cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris. Jika ingin bepergian atau berbisnis di negara lain, penting untuk mengetahui format penulisan hari tanggal dalam bahasa inggris yang mereka gunakan. Jika ragu, gunakan standar internasional untuk menghindari kebingungan.

Kamu juga bisa daftar program kursus Bahasa Inggris yang meningkatkan pemahaman lebih jauh tentang materi-materi penting. Di ICAN English, kamu bisa mendapatkan pengalaman belajar intensif dengan guru-guru kreatif dalam menyajikan materi pembelajaran. Metode yang digunakan juga sesuai dengan kebutuhan belajar personal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi