Mudah! Begini Cara Menghafal Vocabulary Untuk Pemula

Mudah! Begini Cara Menghafal Vocabulary Untuk Pemula

Kemampuan berbahasa Inggris bisa terus diperdalam dengan terus menambah vocabulary untuk pemula. Tata bahasa bagus, namun kosakata sedikit tentu tidak akan menambah kemampuan. Kosakata adalah komponen yang akan membuka jendela dunia, sehingga belajar akan lebih efektif

Sebagai pemula, kamu harus meningkatkan jumlah kosakata. Tidak ada cara singkat untuk memperbanyak kosakata. Akan tetapi, ada cara yang tepat untuk dipilih agar proses belajar mudah dijalani. 

8 Cara Menghafal Lebih Banyak Vocabulary Untuk Pemula

Belajar bahasa Inggris membutuhkan tekad yang kuat agar tidak berhenti di jalan. Membuat goal yang realistis, memberi apresiasi terhadap diri sendiri saat mencapai goal. Selain itu, cara di bawah ini bisa kamu lakukan:

1. Menggunakan Teknik Memori

Cara yang populer dalam mengingat kosakata yaitu memakai metode mnemonic. Kamu dapat menggunakan memory dalam otak untuk mengingat konsep atau kosakata rumit.

Selain itu, kamu dapat membuat akronim agar lebih mudah mengingat, contohnya STORE yaitu Spaghetti, Tomatoes, Olives, Rice, Eggs. Ditambah lagi kesabaran dalam belajar sehingga mampu menciptakan hal kreatif lainnya. 

2. Menciptakan Suasana Lingkungan Belajar

Pada saat belajar di luar negeri, sehari-harinya kamu bisa membaca dan mendengar bahasa Inggris. Kamu akan cepat belajar dengan teknik immersion.

Jika tujuan kamu ke luar negeri untuk meningkatkan kosakata, maka sebenarnya kamu dapat belajar di rumah. Menciptakan inspirasi dan lingkungan belajar yang kreatif dan nyaman di mana saja. Contohnya, menonton bioskop, membeli dan membaca majalah dengan bahasa Inggris.

3. Kosakata Sesuai Konteks

Ide lainnya dalam mempelajari vocabulary untuk pemula agar lebih cepat adalah menempatkan kata-kata ke dalam konteks. Kamu bisa menyusun kosakata menjadi sebuah kalimat. Cara ini tentu lebih efektif dibandingkan dengan mencatat kosakata dengan acak. 

Jika kamu senang bergurau, dapat membuat kalimat lucu untuk membantu daya ingat. Cara yang kamu pakai dapat disesuaikan dengan kesukaan. Jika kamu suka dengan gambar, maka dapat membuat kalimat berdasarkan gambar.

4. Belajar dengan Kondisi Kehidupan

Ada berbagai sumber yang dapat kamu ambil untuk memperbanyak vocabulary bagi pemula, seperti menonton podcast, mendengarkan lagu dan lainnya. Semua itu terdapat dialog sehari-hari yang dapat ditiru atau dipraktekkan dalam kehidupan nyata. Jika kamu mendengarkan kalimat yang kurang jelas, dapat mencatat untuk dicari artinya menggunakan kamus. 

5. Membawa Pembelajaran Ke Tingkat Yang Lebih Tinggi

Jika kamu ingin memperoleh hasil terbaik dari proses belajar kamu, berusahalah menyediakan ruang yang cukup pada peta pemikiran. Mengartikan kosakata, sinonim dan antonim merupakan hal yang harus kamu pelajari pada level selanjutnya. 

6. Mencari Media Yang Tepat Untuk Diri Sendiri

Satu orang dengan yang lain tentu mempunyai cara belajar berbeda-beda. Menemukan cara terbaik dalam belajar akan mempengaruhi semangat diri sendiri. Media yang dipakai menghafal vocabulary,seperti kartu flash, aplikasi, games dan masih banyak lagi. 

Apapun media yang kamu belajar yang kamu pilih, belajar harus dilakukan dengan konsisten. Seperti kata seseorang yang bijak “Latihan Membuat Sempurna”.

7. Fokus Terhadap Kosakata Yang Berguna

Persyaratan yang harus kamu lengkapi ketika akan mencari kerja di luar negeri adalah mampu belajar bahasa Inggris. Untuk perusahaan pemasaran yang kamu incar, membuat kamu butuh memahami kosakata praktis, populer dan simpel. Belajar Vocabulary sebaiknya yang berkaitan dengan bahasa sehari-hari.

8. Mengulangi Kosakata

Kamu harus mengulangi kosakata yang telah dipelajari maupun yang sedang dipelajari. Pengulangan ini akan membuat kamu semakin hafal dengan kosakata. Kamu bisa pandai berbahasa Inggris karena ada faktor pendukung yaitu banyak memahami kosakata.

Baca Juga:
Pentingnya Belajar English Vocabulary Words for Beginners

Benefit Belajar Vocabulary

Vocabulary untuk pemula akan meningkatkan semua bidang komunikasi, seperti mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Kosakata sangat penting, termasuk untuk kemampuan belajar membaca.

Dari verb, noun, atau lainnya, kosakata yang kuat memfasilitasi penulisan tepat dan membantu kamu dalam menghindari kata-kata yang tidak jelas. Saat meningkatkan kosa kata, kamu menjadi lebih mampu menggambarkan lingkungan, emosi, dan ide tertentu.

Untuk belajar meningkatkan vocabulary sesuai konteks, usahakan untuk tidak belajar mandiri. Kamu butuh tutor profesional yang ada di tempat kursus Bahasa Inggris seperti ICAN English. Untuk informasi kelas apa yang sesuai dengan kebutuhan personal, hubungi tim kami.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.