pentingnya belajar english vocabulary words for beginners

Pentingnya Belajar English Vocabulary Words for Beginners

Ketika belajar bahasa Inggris, banyak pelajar menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca textbook, latihan grammar, atau nonton Netflix show dalam target bahasa inggris. Hanya saja, banyak yang belum menyadari bahwa english vocabulary words for beginners juga mempengaruhi keberhasilan belajar bahasa.

Bagi seorang pemula seperti anak-anak, kosakata diperoleh secara tidak langsung, yaitu dengan mendengarkan terlebih dahulu ketika orang lain berbicara atau membacakan mereka dongeng. Kemudian, kosakata tersebut digunakan ketika berinteraksi dengan orang lain.

Ketika kamu mulai membaca dan menulis bahasa inggris, pada saat itulah kamu akan mendapatkan banyak kosakata melalui pemahaman tentang apa yang kamu baca. Kamu juga akan menggunakan seluruh kosakata yang sudah kamu ketahui pada saat berbicara dan menulis.

Mengapa Harus Belajar Kosakata Bahasa Inggris?

Untuk mengetahui apa pentingnya belajar english vocabulary words for beginners, berikut adalah beberapa poin penting tentang alasan wajib belajar kosakata bahasa inggris:

Vocabulary adalah Pondasi Bahasa

Vocabulary penting karena dasar bagi semua bahasa. Kosakata dibutuhkan untuk mengungkapkan pemikiran, ide, berbagi informasi, memahami orang lain, dan membangun hubungan personal. Walaupun jika kamu tidak menguasai grammar, kamu masih bisa tetap berkomunikasi dengan kosakata yang sudah kamu pelajari.

Sama seperti anak-anak yang masih belum menguasai struktur kalimat kompleks. Maka, mereka akan menggunakan beberapa kata dasar, seperti “duck”, “eat”, “sleep”, atau lainnya agar dapat memberi tahu apa yang mereka inginkan.

Semakin Banyak Vocabulary, Semakin Fasih Berbahasa Inggris

Ketika kamu mempunyai banyak kosakata Bahasa Inggris, kemampuan tersebut juga akan mendukung semua keterampilan, yaitu: membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Semakin banyak vocabulary yang kamu kuasai, maka akan semakin mudah untuk membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara.

Contoh, jika kamu membaca sebuah buku bahasa inggris, tetapi kamu tidak menguasai vocabulary didalamnya, kamu akan bersusah payah agar dapat memahami apa maksud dalam teks tersebut. Kamu harus membuka kamus, menebak artinya dari konteks kalimat, atau justru menyerah dan cari buku lain untuk dibaca. Ketidakmampuan tersebut bisa membuat kamu merasa kecewa dan tidak percaya diri.

Tidak hanya terjadi ketika membaca, tetapi hal tersebut juga bisa terjadi ketika sedang mendengarkan, menulis, atau berbicara dengan orang asing. Kamu merasa stuck dan memilih untuk “kabur” karena menyerah dengan berhenti mendengarkan, berhenti menulis, atau berhenti mengobrol.

Baca Juga:
Daftar Basic English Vocabulary for Beginners dan Tips Belajar

Vocabulary adalah Modal Menguasai Bahasa Inggris

Semakin banyak english vocabulary words for beginners yang dikuasai, semakin mudah meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Kemampuan kosakata akan membuka akses berbagai materi belajar yang dirancang untuk native dan non-native speakers.

Vocabulary juga membantu meningkatkan pemahaman kata sesuai konteks. Ketika terdapat sebuah kalimat, baik secara tulisan atau lisan, maka kamu tidak harus tahu semua kosakata dalam kalimat tersebut untuk memahami maknanya, seperti contoh berikut:

As Indonesian, our main food is rice.

Dari contoh kalimat di atas, seorang pemula mungkin mengetahui apa itu Indonesian dan main food. Tetapi, tidak mengetahui apa itu rice. Sehingga, dari dua kosakata tersebut dapat dijadikan petunjuk bahwa kalimat tersebut berbicara tentang orang indonesia dan makanan pokoknya. Sehingga, secara otomatis dapat meningkatkan kosakata bahwa “rice” adalah nasi.

Contoh lainnya, ketika seorang pemula mengetahui bahwa imbuhan “un” dan “-able” bermakna “tidak dapat” ketika menemukan kata “unstoppable”. Secara mudah akan langsung paham apa itu “unbreakable”.

Baca Juga:
Mengenal English Tier 2 Vocabulary dan Strategi Belajarnya

Teknik Belajar Vocabulary Lebih Cepat

Jika saat ini kamu sedang berusaha untuk meningkatkan vocabulary, mungkin kamu belajar menemukan banyak kosakata baru setiap harinya atau latihan dengan menggunakan scrabble. Tetapi, terkadang kamu merasa cepat lupa dan tidak bisa menggunakan kosakata yang sudah kamu tahu dalam berinteraksi.

Belajar menggunakan flashcard atau membuat daftar kosakata baru ternyata bukanlah cara yang efektif untuk mengingat dan menggunakan semua kata tersebut nanti. Flashcard dan membuat daftar kosakata hanya efektif untuk membantu mengingat vocabulary yang sudah kamu pelajari.

Agar kamu tetap ingat dengan kosakata yang kamu pelajari, mulailah dari hal-hal yang kamu sukai. Contoh, kamu sangat menyukai sepak bola, cobalah berbicara atau menulis “Christiano Ronaldo is irreplaceable”, daripada menulis kalimat yang tidak spesifik seperti “Some people are irreplaceable”.

Belajar english vocabulary words for beginners sangatlah penting bagi pelajar yang ingin menguasai bahasa Inggris. Kosakata menjadi modal utama untuk meningkatkan keterampilan bahasa lainnya. ICAN English menawarkan kelas belajar bahasa inggris interaktif dengan banyak topik menarik. Kamu bisa memilih program apapun untuk meningkatkan keterampilan berbahasa inggris sesuai kebutuhan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web