bisakah mengubah kalimat menjadi present tense?

Bisakah Mengubah Kalimat Menjadi Present Tense?

Mengubah kalimat menjadi present tense bukanlah sesuatu yang mustahil, karena hal tersebut mungkin saja terjadi. Pada dasarnya tiap bentuk kalimat atau tenses dalam bahasa Inggris memiliki kemiripan satu sama lain, hanya saja berbeda pada penggunaan keterangan waktu yang digunakannya. Sehingga, penting untuk memahami konsepnya.

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan bentuk-bentuk tenses dalam kursus bahasa inggris. Secara umum, tenses dalam bahasa Inggris dibagi menjadi tiga jenis diantaranya; present (saat ini), past (masa lampau). Future (masa depan). Ketiga bentuk tersebut memiliki formula serta fungsinya masing-masing. Ketiga bentuk dasar tersebut memiliki turunannya masing-masing.

4 Cara Mengubah Kalimat Menjadi Present Tense

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa bentuk dasar tensis memiliki bentuk turunannya. Dalam tenses present terdapat beberapa bentuk turunan diantaranya present perfect, present continuous, dan present perfect continuous. Untuk mengenal tenses dalam bahasa Inggris, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English dengan tutor berpengalaman kami.

Baca Juga:
Simple Present Tense Formula dan Aturan Penggunaannya

Di bawah ini merupakan beberapa cara mengubah kalimat menjadi present tense yang perlu kamu ketahui dan pahami.

1. Mengubah kalimat simple past dan simple future menjadi simple present

Bentuk paling sederhana dari present tense yakni, simple present tense. Adapun, bentuk lain yang juga sejenis dengan tensisi ini diantaranya simple past tense dan simple future tense. Untuk mengubah kedua jenis kalimat tersebut menjadi bentuk simple present tense, pertama yakni kamu harus mengetahui rumusnya; subjek + verb 1 + objek.

Kemudian, rumus untuk simple past tense; subjek + verb 2 + objek dan rumus simple future tense; subjek + will + verb 1 + objek. Untuk mengubah kedua bentuk kalimat tersebut menjadi simple present, maka harus mengikuti rumusnya.

Untuk simple past verb yang digunakannya diubah jadi ke bentuk verb 1. Misalnya, I went home menjadi I go home. Kata went merupakan bentuk verb kedua dari kata go. Lalu untuk simple future cukup dihilangkan kata will-nya, misal I will go home menjadi I go home.

2. Mengubah kalimat past perfect dan future perfect jadi present perfect

Cara mengubah kalimat menjadi present tense berikutnya yakni untuk bentuk, perfect tense. Rumus dari present perfect tense yaitu; subjek + has/have + verb 3. Kemudian, untuk bentuk past perfect rumusnya adalah subjek + had + verb 3. Terakhir untuk future perfect rumusnya adalah subjek + will +have + verb 3.

Sehingga, untuk mengubah bentuk kalimat dari past perfect menjadi present perfect yakni hanya perlu diubah dalam penggunaan kata had menjadi has untuk kata ganti orang ketiga atau have untuk kata ganti orang pertama. kemudian, untuk mengubah kalimat future perfect kamu cukup menghilangkan kata will dalam kalimat tersebut.

3.   Mengubah kalimat past continuous dan future continuous jadi present continuous

Berikutnya, cara mengubah kalimat past continuous dan future continuous menjadi bentuk present continuous. Rumus pembentuk kalimat present continuous yakni, subjek + to be (am/are/is) + verb (-ing). Kemudian untuk kalimat past continuous rumusnya adalah subjek + to be (was/were) + verb (-ing). Lalu, untuk future continuous rumusnya; subjek + will be + verb (-ing).

Rumus dari ketiga bentuk tenses tersebut memiliki kemiripan dengan penggunaan bentuk verb yang juga serupa. Sehingga, ketika kamu ingin mengubah bentuk kalimat past continuous atau future continuous yakni cukup ubah bagian to be saja.

Baca Juga:
Persiapan Tes Bahasa Inggris dalam Sehari Hari

4. Mengubah kalimat past perfect continuous dan future perfect continuous jadi present perfect continuous

Terakhir, cara mengubah kalimat bentuk past perfect continuous dan future perfect continuous menjadi present perfect continuous. Rumus dari present perfect continuous adalah subjek + has/have + been + verb (-ing). Rumus past perfect continuous; subjek + had + been + verb (-ing). Rumus future perfect continuous; subjek + will +have been + verb (-ing).

Penutup

Itulah beberapa cara mengubah kalimat menjadi present tense yang perlu kamu pahami. Bentuk tenses dalam bahasa inggris memiliki fungsinya masing-masing. Sehingga, penting untuk memahami konsepnya agar kelak tidak salah ketika hendak menggunakannya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi