Persiapan tes bahasa Inggris dengan kegiatan sehari hari

Persiapan Tes Bahasa Inggris dalam Sehari Hari

Des 13, 2021 | Bahasa Inggris

Tes bahasa Inggris, seperti TOEFL atau IELTS tentu membutuhkan persiapan yang matang. Bergabung dalam kursus persiapan TOEFL atau IELTS akan membantu kamu mempersiapkan diri sedini mungkin dan mengenal berbagai format soal dalam dua tes ini. Persiapan tes bahasa Inggris sehari hari juga diperlukan untuk mempersiapkan diri secara lebih maksimal.

Ternyata, ada banyak kegiatan sehari-hari yang bisa menjadi persiapan untuk tes bahasa Inggris. Di samping belajar, cara ini bisa menjadi cara sederhana untuk mempersiapkan diri.

Baca Juga: KRITERIA LES BAHASA INGGRIS TERBAIK

3 Persiapan Tes Bahasa Inggris dalam Keseharian

Persiapan tes yang kamu lakukan akan membantu kamu melewati tes tersebut dengan skor yang tinggi. Tak perlu belajar terlalu lama dalam satu hari, beberapa kegiatan yang kamu lakukan bisa menjadi persiapan tes bahasa Inggris sehari hari.

1. Berbicara dalam Bahasa Inggris

Jika kamu terlalu malu untuk melakukan percakapan dengan orang lain, kamu bisa melatih kemampuan bicara dengan berbicara sendiri di depan cermin. Gunakan banyak kosakata dan grammar untuk membantu kamu lebih familiar dengan materi tersebut.

Berkomunikasi dalam bahasa Inggris setiap hari akan membantu kamu meningkatkan kemampuan berbicara dan kamu bisa menguasai lebih banyak kosakata bahkan grammar. Akan lebih baik jika kamu percaya diri untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga menggunakan bahasa Inggris.

2. Dengarkan Percakapan Bahasa Inggris

Jika kamu sering mendengarkan podcast atau menonton tayangan berbahasa Inggris, maka gunakan cara ini untuk mempersiapkan diri. Mendengarkan percakapan bahasa Inggris akan membantu meningkatkan pengucapan, grammar, aksen dan intonasi ketika berbicara bahasa Inggris.

Banyak podcast berbahasa Inggris yang bisa kamu dengarkan. Hampir semua podcast tersebut juga menggunakan bahasa yang sederhana dan sering kamu temui di keseharian.

3. Baca Lebih Banyak Kalimat Bahasa Inggris

Sebagai persiapan tes bahasa Inggris sehari hari, kamu bisa membaca buku berbahasa Inggris. Pilih buku yang sederhana atau yang telah kamu baca sebelumnya. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dalam setiap kata dan kalimat berbahasa Inggris di buku tersebut. Salah satu novel rekomendasi yang bisa kamu baca adalah Harry Potter.

Cara lain agar kamu bisa membaca lebih banyak kalimat berbahasa Inggris adalah dengan mengubah bahasa di ponsel atau perangkat elektronik lainnya ke dalam bahasa Inggris. Sebab kamu menggunakan ponsel dalam waktu yang lama setiap hari, mengubah formatnya ke dalam bahasa Inggris akan membantu kamu meningkatkan pemahaman setiap kata bahasa Inggris.

Atau kamu juga dapat menggunakan sosial media untuk membantu kamu belajar bahasa Inggris. Follow akun-akun berbahasa Inggris dan baca komentar-komentarnya agar kamu lebih familiar dengan kata-kata yang digunakan dalam keseharian.

4. Membiasakan Menulis Bahasa Inggris

Selanjutnya kamu bisa membiasakan diri untuk menulis bahasa Inggris. Kamu dapat memulai dengan menulis buku diary menggunakan bahasa Inggris. Membiasakan diri menulis bahasa Inggris bisa membantu untuk melatih penyusunan kalimat. 

Awalnya mungkin terasa sulit, tetapi jika kamu sudah mengetahui aturan penyusunan kalimat dalam bahasa Inggris dan belajar setiap hari, maka akan lebih mudah. Setelah berhasil menulis buku diary, kamu bisa mencoba menulis cerpen ataupun karya ilmiah dalam bahasa Inggris. 

Aplikasi untuk Persiapan Tes Bahasa Inggris

Ada banyak sumber belajar bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah aplikasi di ponsel pintar kamu. Selain aplikasi yang dibuat khusus untuk belajar, banyak juga game menarik berbahasa Inggris yang bisa membantu kamu mempersiapkan diri untuk tes bahasa Inggris.

Meskipun belajar lewat aplikasi tidak semaksimal jika kamu belajar dengan tutor berpengalaman, namun kamu tetap bisa mempersiapkan diri dengan mengunduh beberapa aplikasi, seperti misalnya Memrise, Open Languages, Duolingo, Rosetta Stone atau juga FluentU.

Aplikasi-aplikasi ini bisa kamu gunakan sehari-hari dan membantu meningkatkan kosakata, grammar atau aspek lainnya. Bahkan, ada beberapa aplikasi yang dilengkapi dengan video atau kuis-kuis berbahasa Inggris.

Baca Juga:

TIPS BELAJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Tips Mempersiapkan Diri sebelum Tes Bahasa Inggris

Jika kamu akan menghadapi tes bahasa Inggris, beberapa aktivitas di atas memang bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan kamu. Selain itu, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk membuat teks berjalan lancar, seperti berikut. 

Selalu Mengerjakan Latihan Soal 

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah selalu mengerjakan latihan soal setiap hari. Melalui latihan soal tersebut kamu bisa mengetahui kelemahan. Hal tersebut merupakan bagian krusial. Setelah kamu mengetahui kelemahan dan keunggulan, cobalah untuk mengatasi kelemahan tersebut demi meningkatkan keunggulan.

Tetapi jika kamu merasa kesulitan dan selalu Mengulangi kesalahan yang sama, cobalah mencari bantuan dari seorang ahli. Beberapa peserta tes bahasa Inggris lebih tertarik untuk bergabung dengan kursus.

Memahami Format Tes 

Selanjutnya kamu bisa memahami format tes. Kamu bisa mencari tahu format tes yang akan dilakukan dan berbagai macam contoh pertanyaan untuk tiap-tiap bagian. Hal tersebut bisa kamu dapatkan melalui latihan soal dari buku maupun internet.

Pahami Batasan Waktu 

Mempertimbangkan waktu ketika tes juga sangat penting. Kamu harus menyelesaikan Tes tersebut dalam waktu yang sudah ditentukan. Maka dari itu, ketika sedang latihan soal cobalah memberikan durasi waktu yang sesuai dengan aturan tes. 

Melalui kegiatan sehari-hari yang bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tes, kamu memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan target tes yang diinginkan. Cobalah untuk tetap konsisten dan disiplin dengan belajar setiap hari.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Belajar Bahasa Inggris bagi karyawan saat ini menjadi satu hal yang penting. Mengingat saat ini dunia bisnis dan industri semakin berkembang bahkan sudah mulai merambah internasional sehingga kemampuan bahasa Inggris sangat perlu untuk di asah. Bahkan saat ini ada...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH