simple present tense formula

Simple Present Tense Formula dan Aturan Penggunaannya

Ketika kamu sudah mengetahui simple present tense formula dan aturan penggunaannya, maka kamu bisa menggunakan tense tersebut sesuai konteks. Present simple tense adalah jenis tense yang digunakan untuk menggambarkan perilaku rutin atau fakta umum.

Simple present tense juga dapat digunakan untuk menampilkan kejadian di masa depan atau yang sedang berlangsung tetapi sudah terjadwal atau telah ditentukan.

5 Formula Simple Present Tense

Berikut adalah panduan lengkap tentang simple present tense formula berdasarkan tipe kalimat dan contohnya:

Baca Juga:
Simple Present Tense: Panduan Lengkap dan Praktis

1. Affirmative

Tipe kalimat affirmative menunjukkan struktur kalimat yang positif. Berikut adalah formula yang digunakan: Subject + V1 + Object

Contoh: Restu plays chess. (Restu bermain catur)

2. Negative

Jenis kalimat negatif selalu diikuti dengan kata “don’t” atau “doesn’t” tergantung subjeknya. Berikut adalah formula simple present untuk kalimat negative: Subject + Don’t/Doesn’t + V1 + Object

Contoh: Restu doesn’t play chess.

“don’t” digunakan untuk subjek I, you, we, they, atau menandakan subjek jamak. “doesn’t” digunakan untuk subjek singular seperti he, she, dan it.

3. Interrogative

Kalimat interrogative digunakan untuk konfirmasi, atau bertanya tentang subjek. Berikut adalah formula simple present tense untuk kalimat interrogative: Do/Does + Subject + V1 + Object + ?

Contoh: Does Restu play chess?

“Do” digunakan untuk membentuk kalimat interrogative pada subject seperti you, we, they, I, dan subjek berbentuk jamak. Sedangkan “Does” digunakan untuk kalimat interrogative pada subject she, he, it, atau subjek singular.

4. Wh-questions

Wh-question word juga menggunakan bentuk simple present, seperti ketika bertanya tentang what, who, when, whom, where pada subject. Berikut formula yang harus digunakan: Wh-word + do/does + subject + verb 1 + object + ?

Contoh: What does Restu play?

5. Interrogative Negative

Bentuk kalimat interrogative negative adalah kalimat tanya bermakna negatif. Berikut adalah simple present tense formula untuk kalimat interrogative negative: Don’t/Doesn’t + Subject + Verb 1 + Object + ?

Contoh: Doesn’t Restu play chess?

Baca Juga:
Subjek dalam Simple Present Tense

Aturan Penggunaan Simple Present Tense

Hanya kata kerja biasa (verb 1) yang bisa mengikuti prinsip present simple tense.  Ada beberapa aturan yang harus diikuti dan faktor-faktor yang harus diperhatikan saat menggunakan present simple tense secara efektif dan produktif.

Selain penggunaan kata kerja verb 1, kamu harus menambahkan es di akhir kata kerja yang diakhiri dengan ch, gh, ss, o, th, sh, atau z. Berikut adalah contohnya:

  • Mr. Budi teaches English.
  • She laughes at me.
  • He kisses the photo.

Setiap kali kata kerja diakhiri dengan konsonan + y, hilangkan y dan ganti dengan imbuhan -ies, contoh: She lies on the bed. Kata “lies” berasal dari “lay”

Mau Jago Simple Present Tense? Kursus di ICAN English!

Itulah penjelasan lengkap tentang simple present formula dan penggunaannya. Gunakan jenis tense ini ketika kamu ingin mengutip kebenaran luas seperti metode penelitian atau fakta ilmiah. Atau, gunakan ketika ingin menandakan tindakan rutin atau berkala. Simple present tense juga digunakan untuk menunjukkan kejadian konstan dan kegiatan terjadwal.

Mengingat simple present tense formula sangat penting untuk komunikasi sehari-hari, kamu wajib menguasai tense tersebut. Buat kemampuan komunikasi kamu jadi lebih mahir, termasuk dengan belajar simple present tense dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Kesempatan gabung di kelas interaktif akan membuat kamu bisa leluasa belajar bersama tutor berpengalaman!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web