Alasan Belajar Bahasa Inggris adalah Penting

Alasan Belajar Bahasa Inggris adalah Penting

Alasan belajar bahasa Inggris tentunya sangat banyak dan bisa membantu kamu meningkatkan kualitas hidup di masa depan. Dengan perkembangan zaman yang semakin cepat, bahasa Inggris telah merambah ke berbagai sudut dunia, termasuk Indonesia. Pengaruhnya terasa dalam sektor ekonomi, pendidikan, dan teknologi yang semakin melekat dalam kehidupan kita.

Namun, disayangkan masih banyak yang belum menyadari hal ini, sehingga Indonesia masuk dalam daftar negara dengan tingkat penguasaan bahasa Inggris yang rendah. Padahal, peluang karir di perusahaan-perusahaan internasional sangat terbuka lebar dan menanti bagi mereka yang memiliki kemahiran dalam bahasa Inggris.

Alasan Belajar Bahasa Inggris

Ada berbagai macam alasan kenapa bahasa Inggris menjadi salah satu soft skill yang direkomendasikan untuk dipelajari. Dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris tentu kamu bisa membuka peluang karir  secara global maupun kesempatan belajar di luar negeri. Berikut ini beberapa alasan yang akan membantu kamu semakin yakin untuk belajar bahasa Inggris:

Bahasa Inggris Adalah Bahasa Populer di Dunia

Bahasa Inggris adalah bahasa populer di dunia  dan menjadi bahasa universal. Kamu mungkin menyadari bahwa hampir setiap kali membeli handphone baru, membuka laptop baru, atau menjelajahi aplikasi atau situs web di internet, bahasa Inggris seringkali menjadi bahasa utama yang digunakan.

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa standar dalam berbagai aspek kehidupan kita. Bahkan dalam dunia pendidikan, semakin banyak kelas dan sekolah yang mengadopsi bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan sehari-hari.

Inilah mengapa bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa yang paling dominan di seluruh dunia. Di mana pun kamu berada, kemungkinan besar akan ada orang atau situasi yang menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Menurut survei, setidaknya satu dari lima orang yang kamu temui dapat memahami dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Baca juga:
Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Untuk Masa Depan

Meningkatkan Nilai Diri

Bahasa Inggris merupakan bahasa paling umum digunakan atau tersebar luas di seluruh dunia. Bahasa ini menjadi bahasa standar dalam bidang ilmu pengetahuan, penerbangan, teknologi informasi, diplomasi, dan pariwisata. Tidak hanya sektor-sektor tersebut, tetapi bahasa Inggris juga merambah ke berbagai bidang lainnya.

Kehadiran bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di berbagai sektor membuatnya menjadi bahasa yang sangat signifikan dalam setiap aspek kehidupan. Dengan kemahiran dalam bahasa Inggris, nilai atau keberhargaan kamu akan meningkat, terutama ketika melanjutkan pendidikan atau mencari pekerjaan. Penguasaan bahasa Inggris juga akan membuka peluang yang lebih luas untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan multinasional di dalam negeri atau bahkan di luar negeri.

Bahasa yang Banyak Digunakan dalam Media Hiburan

Selain berperan sebagai bahasa pengantar dalam ranah ilmu pengetahuan, bahasa Inggris juga menjadi media utama dalam industri hiburan dan media di seluruh dunia. Meskipun terdapat jaringan media yang menyajikan berita atau konten dalam bahasa lokal, bahasa Inggris tetap menjadi bahasa umum yang digunakan.

Contohnya, media internasional seperti BBC atau Reuters, meskipun menyediakan beberapa platform dalam berbagai bahasa, keduanya tetap menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa inti. Penguasaan bahasa Inggris juga memungkinkan kamu untuk tidak bergantung pada terjemahan dan subtitle ketika membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, dan acara TV favorit kamu.

Bahasa yang Digunakan dalam Internet

Sebagian besar konten di dunia maya menggunakan bahasa Inggris. Mulai dari mesin pencari yang kita gunakan, hingga situs-situs web yang mengadopsi bahasa Inggris sebagai bahasa resmi atau primer.

Selain itu, internet juga kaya akan forum-forum diskusi yang menawarkan berbagai topik menarik. Namun, mayoritas dari forum-forum tersebut menggunakan bahasa Inggris sebagai media komunikasi.

Bayangkan betapa sulitnya jika kamu sama sekali tidak menguasai bahasa Inggris. Akses terhadap informasi akan terbatas, dan kamu akan kesulitan untuk terlibat dalam berbagai diskusi di forum-forum tertentu. Oleh karena itu, penting sekali untuk mulai mempelajari bahasa Inggris sejak dini.

Bahasa Inggris Mudah untuk Dipelajari

Bahasa Inggris terkadang dianggap rumit untuk dipelajari. Namun, justru ia memiliki kelebihan dalam kemudahan pembelajarannya. Dibandingkan dengan bahasa-bahasa lain yang memiliki karakteristik tulisan yang lebih kompleks seperti Arab, Korea, atau Mandarin, belajar bahasa Inggris seringkali dianggap lebih mudah.

Tantangan utamanya seringkali terletak pada perbedaan antara cara pengucapan dan penulisan dalam bahasa Inggris. Ini seringkali membingungkan bagi para pembelajar baru. Namun, dengan kesabaran dan dedikasi dalam berlatih serta belajar, perlahan tapi pasti kamu akan memperbaiki kemampuan dalam mengeja dan mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Baca juga:
Cara Memulai Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula
Mengapa Bahasa Inggris Adalah Bahasa Paling Mudah Di Dunia

Belajar Bahasa inggris Memberikan Banyak Keuntungan 

Selanjutnya kenapa belajar Bahasa Inggris, tentu saja karena bahasa tersebut bisa memberikan banyak keuntungan. Bahasa Inggris telah merajai panggung internasional sebagai bahasa resmi dan utama di banyak negara.

Hal ini menginspirasi banyak lembaga pendidikan, bahkan di Korea atau Jepang, untuk menawarkan program-program berbahasa Inggris. Dengan demikian, terbuka peluang besar untuk memahami dan merasakan beragam budaya yang hanya dapat dinikmati sepenuhnya dengan penguasaan bahasa Inggris.

Menguasai bahasa Inggris membuka pintu luas bagi peluang pendidikan di institusi terkemuka di luar negeri. Selain itu, kamu dapat menemukan program-program akademis yang sesuai dengan kebutuhan dengan lebih mudah.

Penutup

Ada banyak alasan belajar bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kamu bisa mendapatkan peluang pekerjaan maupun peluang  melanjutkan pendidikan jauh lebih mudah jika bisa menguasai bahasa Inggris.

Apabila tertarik untuk menguasai bahasa Inggris, lebih baik bergabung dengan kursus bahasa Inggris profesional dan terpercaya ICAN English. Melalui Lembaga Kursus tersebut kamu akan mendapatkan tutor profesional dan berpengalaman, serta  mendapatkan kelas yang sesuai dengan kemampuanmu dalam menguasai bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.