Mengapa Bahasa Inggris adalah Bahasa Paling Mudah di Dunia

Mengapa Bahasa Inggris adalah Bahasa Paling Mudah di Dunia

Banyak orang beranggapan bahwa belajar bahasa Inggris tidaklah mudah, apalagi menggunakannya untuk speaking atau berbicara.  Padahal, bahasa Inggris bisa menjadi bahasa paling mudah di dunia yang memberikan banyak manfaat untuk penggunanya.

Saat mempelajari bahasa Inggris, kamu mungkin akan menemukan beberapa masalah sehingga kesulitan mempelajarinya. Ada beberapa alasan mengapa masalah tersebut muncul, seperti karena cara belajar yang salah, atau terlalu fokus pada grammar.

Mengapa Bahasa Inggris Bahasa Paling Mudah di Dunia 

Bahasa apapun yang ada di bumi pasti memiliki keunikan tersendiri. Jika sedang belajar bahasa Inggris, kamu mungkin terpaku dengan kata kerja tidak beraturan, frasa kata kerja, dan aturan-aturan tata bahasa atau grammar. Agar kamu dapat mempelajari bahasa Inggris dengan lebih mudah, pastikan untuk memiliki persepsi berikut:

Bahasa Inggris adalah gender-neutral language

Kamu bisa menggunakan kata benda apapun dalam bahasa Inggris tanpa harus ada kaitannya dengan gender. Contoh, bahasa Inggris dokter adalah “Doctor”, walaupun dokter itu perempuan atau laki-laki. Kata benda atau noun dalam bahasa Inggris tidak digunakan secara spesifik berdasarkan gender. Sangatlah mudah untuk mengingat dan menggunakan kata benda apapun dalam bahasa Inggris.

Baca juga:
Apakah Bahasa Inggris Bahasa Paling Mudah Dipelajari? Baca Ini!

Konjugasi kata kerja sederhana

Walaupun kamu sangat benci dengan penggunaan kata kerja tidak beraturan dalam bahasa Inggris, tetapi bahasa ini memiliki konjugasi kata kerja yang sederhana. Kata kerja akan tetap sama, dengan pengecualian subjek ketiga tunggal akan mendapatkan akhiran -s atau -es. Contoh, jika subjek “she/he/it”, maka kata kerja “teach” akan menjadi “teaches”.

Konjugasi kata benda mudah dipahami

Ketika kamu akan menggunakan konjugasi kata benda dalam bahasa Inggris, untuk kepemilikan hanya dengan menambahkan tanda (‘) dan tambahkan huruf “s” di bagian akhir nama pemilik benda tersebut, contoh: John’s house.

Selain aturan tersebut, semua kata benda dalam bahasa Inggris masih tetap sama. Sehingga kamu tidak perlu khawatir melakukan kesalahan ketika menggunakan noun dalam sebuah kalimat.

Hanya ada artikel “A” dan “An” dan “The”

Aturan penggunaan artikel dalam belajar bahasa Inggris sangatlah sederhana. Kamu bisa mempelajarinya dengan cara belajar Collocations dalam bahasa Inggris secara kontekstual.

Misalnya, artikel “the” hanya digunakan untuk benda yang spesifik (the sea, the earth, the sun, the car,..). Artikel “a” digunakan ketika ingin menyatakan benda yang sifatnya tunggal, dan diikuti huruf konsonan (a car, a bike, a bag…). Artikel “an” digunakan ketika ingin menyatakan benda yang sifatnya tunggal dan diikuti oleh huruf vokal (an apple, an umbrella, an egg, an onion…).

Hanya butuh satu tense grammar untuk memulai percakapan

Tidak semua orang menyadari bahwa ada satu tense dalam bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk menceritakan hal apapun di masa, masa sekarang, dan masa depan. Sehingga, kamu jadi lebih mudah untuk memulai conversation sebagai seorang pemula. Tense tersebut adalah present progressive.

Banyak orang yang menggunakan present progressive untuk menceritakan masa lalu (So I’m sleeping at that time, and suddenly someone is coming close!). Banyak juga nanti speaker yang menggunakan present progressive tense untuk menceritakan hal yang sedang terjadi (I am driving to my office, wait for a minute!). Rumus tense ini juga bahkan digunakan untuk perencanaan di masa depan (I’m not coming home on Thursday because I am having an important meeting that day).

Walaupun menggunakan present progressive tense untuk semua kondisi waktu tidak dibenarkan, tetapi bisa dimaklumi untuk dicoba para pemula. Tujuannya adalah agar tetap melatih keberanian dalam memulai speaking.

Baca juga :
Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Untuk Masa Depan

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Sekarang kamu sudah mengetahui beberapa alasan mengapa belajar bahasa Inggris adalah belajar bahasa paling mudah di dunia. Belajar bahasa Inggris bukan berarti kamu harus belajar hingga ratusan kosakata, atau belajar setiap detail aturan dalam penggunaan tata bahasa.

Ketika sedang belajar bahasa Inggris, maka kamu harus berhenti memikirkan hal-hal kecil yang tidak harus menjadi prioritas. saat kamu berhenti memikirkan aturan-aturan tersebut, maka kamu akan lebih berani berbicara. sehingga, kemampuan bahasa Inggris kamu akan berkembang dengan sendirinya, dan memahami mana tata bahasa yang tepat dan kurang.

Cobalah untuk merekam speech, dan putar ulang. Kemudian, temukan kesalahan yang telah kamu buat saat sedang melakukan pidato tersebut. Cara ini sangat penting untuk membantu mengevaluasi keterampilan berbahasa.

Jika kamu merasa kesulitan untuk belajar sendiri, cobalah untuk bergabung di tempat kursus bahasa Inggris. ICAN English menyediakan kelas intensif yang akan membuat kamu lebih mendalami penggunaan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari, maupun dalam konteks yang lebih spesifik. Dengan bimbingan dari instruktur selama di kelas, kamu dapat mencapai tujuan belajar bahasa Inggris lebih cepat. 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.