Belajar Mengenal Verb Dalam Bahasa Inggris

Belajar Mengenal Verb Dalam Bahasa Inggris

Salah satu bagian penting dalam bahasa inggris adalah verb. Definisi verb dalam bahasa inggris yaitu sebuah kata yang dapat kamu gunakan untuk membicarakan suatu tindakan, kejadian, atau keadaan.

Verb menggambarkan tindakan fisik seperti berlari (run), melompat (jump), dan berenang (swim). Verb juga berfungsi untuk menunjukkan tindakan mental, seperti berpikir (think), percaya (believe), atau respon emosional seperti menangis (cry) dan tertawa (laugh).

Tipe-Tipe Verb Bahasa Inggris

Ada banyak tipe verb yang berbeda, dengan karakteristik dan penggunaan yang unik. Contoh, action verbs seringkali digunakan untuk menggambrkan tindakan-tindakan fisik.

Sebaliknya, linking verb digunakan untuk menghubungkan subjek dalam kalimat dengan informasi lainnya, seperti noun atau adjective. Modal verb justru digunakan untuk mengekspresikan kemungkinan, kewajiban, dan kebutuhan. Berikut adalah pandua lengkap tentang pembahasan verb dalam Bahasa Inggris:

Action Verbs

Salah satu tipe yang paling banyak digunakan dalam Bahasa Inggris adalah action verb. Kata kerja ini menggambarkan tindakan yang dilakukan oleh sesuatu atau seseorang. Action verb merupakan kata kerja yang sedang dilakukan, sudah dilakukan, akan dilakukan, atau bisa dilakukan oleh subjek. Contoh main verb adalah “run”, “walk”, “play”, dan “jump”.

Selain berfungsi untuk menggambarkan kegiatan fisik, kamu juga dapat menggunakan action verb untuk berbicara tentang kondisi mental dan emosional. Contoh, verb seperti “imagine”, “wonder”, dan “fear” dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi mental seseorang. Sedangkan verb seperti “admire”, “enjoy” juga dapat digunakan untuk menggambarkan respon emosional.

Action verb sangat berguna dalam writing, karena membuat tulisan lebih hidup. Kamu juga dapat menggunakan action verb dalam berbagai jenis tense, mulai dari present simple (I run), menjadi future perfect continuous (I will have been running).

Atau, kamu juga dapat menggunakan action verb dengan adverb atau adjective untuk memberikan impact lebih, seperti: She ran quickly through the jungle” atau “He smiled brightly at me”.

Baca juga:
Belajar Mengenal Jam Dalam Bahasa Inggris

Linking Verbs

Linking verbs yaitu kata kerja yang digunakan untuk menghubungkan subjek dalam suatu kalimat ke informasi lainnya, seperti noun atau adjective. Tipe verb ini juga dikenal sebagai state-of-being verb, karena tidak menggambarkan tindakan apapun, hanya menggambarkan kondisi saja.

Kamu bisa menggunakan linking verbs untuk mengekspresikan atribut fisik seperti ‘be” atau “look”, kondisi mental seperti “seem”, dan emosi seperti “sound”. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pemula adalah menggunakan verb ini untuk menggambarkan tindakan. Conothnya, “I look the book” adalah penggunaan yang salah, karena “look’ digunakan untuk kondisi, bukan sebagai tindakan.

Contoh linking verb lainnya adalah “become”, yang sering digunakan untuk menggambarkan perubahan seiring berjalannya waktu. Verb seperti “remain” dan “stay” sering digunakan untuk berbicara tentang lokasi atau tempat, verb seperti “seem” dan “appear” sering digunakan untuk membicarakan kondisi emosional seseorang.

Helping Verbs

Kamu bisa menggunakan helping verbs untuk mengeskpresikan kemungkinan, kebutuhan, dan kewajiban. Helping verbs dapat memodifikasi verb lainnya dalam suatu kalimat dengan mengekspresikan bagaimana sesuatu mungkin terjadi atau seberapa perlunya sesuatu itu harus terjadi.

Contoh helping verbs adalah can, could, will, should, shall, dan would. Dengan menggunakan verb ini secara tepat, maka kamu akan membuat kalimat yang lebih akurat.

Berbeda dengan verb seperti “jump” atau “run” yang menggambarkan tindakan, helping verbs berfokus pada kemungkinan. Contoh, verb seperti may dan might dapat digunakan untuk berbicara tentang kemungkinan yang dapat terjadi di masa depan.

Verb seperti could dan would dapat digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang bisa saja terjadi di masa sekarang atau masa lalu. Verb seperti must and shall sering digunakan dalam writing formal untuk mengekspresikan kewajiban, dan verb seperti should dapat digunakan untuk membicarakan tindakan yang diinginkan.

Baca Juga:
Perbedaan Regular Verb dan Irregular Verb

Menggunakan Verb dalam Kalimat

Sekarang, kamu sudah mengetahui beberapa tipe atau jenis verb dalam bahasa inggris. Selanjutnya, kamu wajib tahu bagaimana menggunakan verb dalam kalimat.

Ketika menggunakan verb, perhatikan verb tense dan verb form. Verb tense yaitu kapan tindakan tersebut telah terjadi (masa lalu, masa sekarang, atau masa depan). Sedangkan verb form adalah verb itu sendiri apakah action verb, linking verb, atau helping verb.

Berikut adalah contoh penggunaan verb yang benar dalam kalimat Bahasa Inggris:

  • Susan ran away from the terrible situation.
  • We have been talking for hours.
  • He must have studied hard because he got the best score.
  • They tried to come to the concert last night.

Seperti yang kamu lihat dari semua contoh tersebut, verb dapat mengungkapkan kapan suatu tindakan telah terjadi, seperti di masa lalu, masa sekarang, atau masa depan. Inilah yang disebut sebagai verb tense. Ketika menggunakan verb dalam kalimat, penting untuk melihat verb tense dan verb form. Dalam contoh di atas, ran adalah past tense, have been talking adalah present perfect, dan tried adalah past tense.

Untuk belajar materi lebih banyak tentang verb, ambil kelas ICAN English sekarang juga! Kamu tidak perlu belajar sendiri di rumah tanpa adanya bimbingan dari tutor yang berpengalaman. Di tempat kursus Bahasa Inggris kami, semua siswa akan belajar dengan metode paling menyenangkan dan mendapatkan banyak ilmu dari tutor profesional.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.