Apa Itu Aksen British dan Tips Mempelajarinya!

Apa Itu Aksen British dan Tips Mempelajarinya!

Sebagian besar penutur bahasa Inggris mempelajari aksen American English. Namun, masih ada banyak alasan mengapa pelajar mencari tahu apa itu aksen British dan mempelajarinya. Mungkin karena akan mengikuti ujian Cambridge English, atau berencana belajar di London. Mungkin juga karena sangat menyukai Harry Potter.

Aksen British dibagi menjadi beberapa kategori berbeda: Standard English; Highland English; Northern; East Anglia; West Country; East Midlands; West Midlands; Southern. Masing-masing mengandung banyak dialek berbeda, termasuk: Yorkshire, Estuary English, Cockney, Estuary English, dan Standard British.

Aksen British dihormati karena sifat artikulatifnya yang jelas, etiket, kedalaman kosa kata, dan budaya bahasanya. Namun, menguasai aksen Inggris bagi non-penutur asli cukup menantang.

Mengapa Aksen British Unik?

Selain mengetahui apa itu aksen British, kmu juga harus mengetahui mengapa aksen tersebut terbilang unik:

Aksen

Sebenarnya tidak ada yang namanya “aksen British” yang tunggal dan terpadu. Ada sejumlah aksen yang sangat berbeda di Inggris. Beberapa di antaranya sangat kuat sehingga bahkan penutur asli bahasa Inggris pun kesulitan memahaminya!

Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales adalah negara-negara yang termasuk dalam istilah “Britain”, namun masyarakat lokalnya mempunyai aksen yang sangat berbeda, dipengaruhi bahasa lokal berbeda. Terdapat variasi regional dalam aksen Inggris Utara. Misalnya, Liverpool dan Manchester berjarak kurang dari 90 mil, namun aksen penduduk lokalnya terdengar berbeda!

Baca juga : Film Untuk Belajar Bahasa Inggris Pemula Untuk Aksen British

Ejaan

Kata-kata dalam aksen Bahasa Inggris dieja berbeda, bergantung pada apakah kamu menggunakan variasi British atau Amerika. Orang Amerika menggunakan huruf “z”, tetapi huruf ini jarang muncul dalam bahasa Inggris British, seperti dalam contoh spelling berikut:

  • Memorized (US English)
  • Memorised (UK English)
  • Sedangkan masyarakat Inggris sering kali menambahkan beberapa vokal tambahan, seperti:
  • Color (US English)
  • Colour (UK English)

Sayangnya, tidak ada pola ketat dalam peraturan ini, juga tidak menunjukkan perbedaan pengucapan. Jangan terlalu keras pada diri sendiri jika ejaan tertukar antara British dan Amerika.

Vocabulary

Penutur asli dari AS dan Inggris dapat memahami satu sama lain dengan sempurna. Namun, jumlah kosakata sehari-hari ternyata berbeda. Beberapa kata memiliki arti berbeda, seperti contoh:

American English menyebut “pants” adalah pakaian yang menutupi kaki. British English menyebut “pants” berarti pakaian dalam, dan pakaian yang menutupi kaki adalah “trouser”.

Baca Juga : Cara Belajar Aksen Bahasa Inggris

Cara Belajar Aksen British

Sekarang, kamu sudah tahu apa itu aksen British. Selanjutnya, ada beberapa kiat agar kamu bisa mulai belajar aksen tersebut.

Pertama, hilangkan pengucapan Amerika. Film-film Amerika mempunyai pengaruh besar terhadap cara orang berbicara bahasa Inggris. Jika kamu membatasi film dengan aksen Amerika, kamu akan kesulitan mengidentifikasi berbagai perbedaan dalam cara pengucapan kata dalam bahasa Inggris British dan Amerika.

Dalam bahasa Inggris Amerika, huruf “r” dalam kosakata selalu diucapkan, tetapi “r” tidak diartikulasikan di setiap kata dalam pengucapan. Memahami perbedaan mendasar ini dan melakukan penelitian lebih lanjut tentang istilah-istilah yang berbeda adalah sebuah langkah efektif untuk memperkuat aksen British.

Kedua, kamu harus mempelajari huruf vokal Bahasa Inggris. Terdapat lima vokal panjang dan tujuh vokal pendek, diucapkan pada posisi berbeda di mulut. Ketika penutur non-native berbicara bahasa Inggris, cenderung memendekkan vokal karena banyak bahasa tidak memiliki vokal panjang. Jika bahasa asli seseorang tidak memiliki vokal panjang, maka akan lebih sulit untuk menyesuaikan panjang vokalnya menjadi lebih panjang.

Jika vokal panjang diperpendek, arti kata tersebut bisa berubah. Oleh karena itu, panjang dan ketepatan vokal harus akurat. Sehingga, kamu dapat memiliki aksen British yang kuat dan berkomunikasi secara efektif. Untuk mempermudah belajar aksen British, ambil program kursus Bahasa Inggris di ICAN English! Ada tutor yang mempermudah proses belajar di kelas intensif. Kamu akan fasih menggunakan aksen British dalam waktu singkat!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi