Apa Itu Bentuk Lampau dan Macamnya

Apa Itu Bentuk Lampau dan Macamnya

Apa itu bentuk lampau dalam Bahasa Inggris? Simple past tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk merujuk suatu tindakan atau serangkaian tindakan yang telah selesai di masa lalu.

Bentuk lampau sederhana dari kata kerja reguler dibentuk dengan menambahkan “-ed” ke bentuk infinitif dari kata kerja tersebut (misalnya, “cook” menjadi “cooked”). Kebanyakan kata kerja dalam simple past mengambil bentuk yang sama apapun subjeknya (misalnya, “He worked/ we worked”).

Penjelasan Bentuk Lampau Simple Past Tense

Selain belajar apa itu bentuk lampau, kamu juga harus mengetahui kalimat dalam bentuk lampau, penggunaan, dan pentingnya belajar bentuk lampau:

Tabel Kalimat Lampau Simple Past

AffirmativeNegativeInterrogative
I cookedI didn’t cookDid I cook?
You cookedYou didn’t cookDid you cook?
They cookedThey didn’t cookDid they cook?
We cookedWe didn’t cookDid we cook?
She cookedShe didn’t cookDid she cook?
He cookedHe didn’t cookDid he cook?
It cookedIt didn’t cookDid it cook?

Cara Menggunakan Simple Past

Simple past tense (juga disebut past simple atau preterite) digunakan untuk menggambarkan suatu tindakan atau serangkaian tindakan yang terjadi di masa lalu. Kata kerja reguler past simple biasanya dibentuk dengan menambahkan “-ed” di akhir infinitive (misalnya, “talk” menjadi “talked”).

Kata kerja tidak beraturan tidak mengikuti pola tertentu. Beberapa memiliki bentuk yang sama dengan infinitif (misalnya, “put”), sementara yang lain berubah sepenuhnya (misalnya, “go” menjadi “went”).

Kebanyakan kata kerja dalam simple past tense tidak mengikuti kesepakatan subjek-kata kerja (yakni, kata kerja tersebut tidak berubah bentuk bergantung pada subjeknya). Berikut adalah contoh bentuk lampau dalam simple past:

  • The event ended at night.
  • Susan rented a bike and drove to the museum.
  • We dined at that restaurant.
  • I saw the tiger this morning!

Bentuk Simple Past

Akhiran AsliAkhiran Simple PastContoh
-eTambahkan “d”love; loved
Kata kerja pendek, tiga huruf terakhir mengikuti aturan konsonan-vokal-konsonan.Gandakan kata terakhir, tambahkan -ed.  stop; stopped
Kata kerja panjang dengan suku kata yang ditekan di akhir, tiga huruf terakhir mengikuti aturan konsonan-vokal-konsonan.Gandakan akhir huruf dan tambahkan -ed.Prefer; preferred
Consonant + y-ied (menggantikan “y”)try; tried

Kata kerja yang diakhiri dengan pola konsonan-vokal-konsonan dengan huruf terakhir “w”, “x”, atau “y” biasanya tidak memiliki konsonan akhir yang digandakan (misalnya, “mix” menjadi “mixed”).

Kata kerja yang diakhiri dengan pola konsonan-vokal-konsonan di mana suku kata terakhirnya tidak diberi tekanan juga tidak memiliki huruf terakhir yang digandakan (misalnya, “enter” menjadi “entered”).

Baca Juga : Cara Mudah Belajar Simple Past Tense

Irregular Verb – To Be

Kata kerja statif “be” dalam simple past tense digunakan untuk menggambarkan kondisi masa lalu yang tidak berubah (misalnya, “My uncle was a good man”) dan situasi sementara di masa lalu (misalnya, “The children were sleepy”). Berbeda dengan kata kerja simple past lainnya, “be” berubah bentuk tergantung subjeknya, seperti terlihat pada tabel di bawah ini:

SubjectVerb
Iwas
Youwere
He/she/itwas
Wewere
YouWere
TheyWere

Cara Membentuk Pertanyaan

Untuk menanyakan pertanyaan ya-tidak menggunakan simple past, tambahkan “did” sebelum subjek dan bentuk infinitif dari kata kerja.

  • Did you go to the concert yesterday?
  • Did Susan forget to submit the application?

Untuk mengajukan pertanyaan yang dimulai dengan kata wh (kata ganti interogatif seperti “who” atau kata keterangan interogatif seperti “where”), ikuti urutan kata yang sama seperti di atas, tetapi tambahkan kata ganti atau kata keterangan di awal kalimat.

  • Who did they meet at the concert?
  • Why did Susan leave us?
  • When did Joko call?

Beberapa pertanyaan yang menggunakan kata ganti tanya atau kata keterangan interogatif mungkin memiliki bentuk berbeda. Misalnya, kata ganti tanya “who” dapat digunakan sebelum kata kerja bentuk lampau sederhana untuk menanyakan siapa yang melakukan tindakan tertentu di masa lalu (misalnya, “Who cleaned my room?”).

Baca juga : Contoh Kata Kerja Dan Kata Sifat

Bentuk Lampau Selain Simple Past Tense

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa itu bentuk lampau atau simple past tense. Present Perfect digunakan untuk merujuk pada tindakan yang dimulai di masa lalu dan mungkin berlanjut, atau tindakan yang terjadi di masa lalu dan memiliki konsekuensi saat ini. Past simple biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu tindakan yang telah selesai di masa lalu dan tidak sedang berlangsung.

Bentuk simple past dari regular verb sama dengan bentuk past participlenya (misalnya “I cook” dan “I have cook”). Namun, bentuk past participle dari kata kerja tidak beraturan mungkin tidak sama dengan bentuk past simple (misalnya, “John went” vs. “John has gone”).

Bentuk lampau lainnya seperti simple past dan present perfect adalah past perfect. Past Perfect digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu tindakan telah selesai sebelum tindakan lain di masa lalu dimulai, seperti contoh berikut: They had eaten the food by the time Susan arrived.

Untuk penjelasan lebih dalam tentang bentuk lampau lainnya, kamu bisa belajar di ICAN English. Ada banyak materi yang bisa kamu pelajari dengan mudah di tempat kursus Bahasa Inggris kami. Dengan bantuan tutor, semua kesulitan kamu selama belajar dapat terselesaikan untuk memudahkan pemahaman.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi