cara mudah belajar simple past tense

Cara Mudah Belajar Simple Past Tense

Ketika belajar bahasa Inggris, materi paling krusial untuk dipelajari adalah tenses. Secara umum, terdapat 16 tenses bahasa Inggris dengan keterangan waktu berbeda. Tenses paling umum atau dasar adalah simple present dan past. Saat mempelajari simple past, biasanya terdapat kesulitan. Oleh sebab itu, sebaik mengetahui cara mudah belajar simple past tense.

Secara umum, simple past tense merupakan kalimat yang mengungkapkan peristiwa di masa lampau. Salah satu hal paling penting dalam simple past tense adalah adanya perubahan kata kerja. Dalam simple past tense, kata kerja yang digunakan adalah verb 2. Selain itu, sebaiknya tambahkan keterangan waktu, misalnya last week, last month, yesterday, dan lainnya.

5 Cara Mudah Belajar Simple Past Tense untuk Pemula

Mempelajari simple past tense memang akan lebih mudah dibandingkan kalimat present. Karena di past tense ini harus terjadi perubahan verb. Sehingga, kamu harus mencari terlebih dahulu bentuk verb 2 dari suatu kata kerja. Walau begitu, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempelajari tenses ini dengan mudah. Kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dasar hingga keperluan lainnya.

Ketahui cara-caranya di bawah ini!

1. Memahami Pola atau Rumus Past Tense

Cara mudah belajar simple past tense pertama adalah memahami rumusnya. Jika tidak memahami rumusnya, maka akan sulit untuk mempelajari tenses ini. Karena rumus atau pola kalimat merupakan hal paling dasar dari sebuah tenses. Kamu bisa berpatokan dan mengikuti saja pola pada rumus ini ketika diminta membuat kalimat Inggris untuk simple past tense.

Rumus dari simple past tense adalah subjek + verb 2 + objek jika kalimatnya positif. Jika kalimatnya negatif, maka rumusnya adalah subjek + did not + verb 1 + objek. Apabila kalimat interogatif atau pertanyaan, maka rumusnya adalah did + subjek + verb 1 + objek? Rumus tersebut perlu kamu ingat, khususnya ketika pertama kali mempelajari materi dari tenses ini.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Interogatif Past Tense

2. Mengetahui Bentuk dari Kata Kerja Kedua atau Verb 2

Kunci dari simple past tense adalah adanya perubahan verb. Jika di present tense bentuk verbnya adalah kesatu maka di past tense ini verb yang digunakan adalah kata kerja kedua. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu telah mengingat dan memahami perubahan untuk verb. Dalam perubahan kata kerja, terdapat dua jenis, yaitu perubahan untuk regular dan irregular verbs.

Regular verb merupakan kata kerja yang beraturan. Irregular verb kebalikannya, kata kerja tidak beraturan. Dalam kata kerja beraturan, perubahan verb 2 hanya perlu menambahkan akhiran da atau da saja. Misalnya seperti added, called, changed, closed, dan sebagainya. Sedangkan irregular tidak beraturan, misalnya fly menjadi flew atau burn berubah jadi burnt.

3. Memahami Keterangan Waktu dalam Bentuk Lampau

Kunci lainnya dari simple past tense adalah keterangan waktu dalam bentuk lampau. Oleh sebab itu, cara mudah belajar simple past tense berikutnya adalah memahami keterangan waktu bentuk lampau. Dalam bahasa Indonesia, jika mengungkapkan waktu lampau biasanya menggunakan frasa kemarin, tahun lalu, minggu lalu, dua hari lalu, di tahun 2012, dan lainnya.

Dalam bahasa Inggris sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja, keterangan waktu tersebut perlu menggunakan bahasa Inggris. Beberapa keterangan waktu yang dapat dipakai diantaranya yesterday, last night, for a long time, two weeks ago, in 2012, in the past, in the last century, dan sebagainya. Pastikan untuk menggunakan keterangan ini di akhir kalimat.

4. Rutin Membaca Tulisan Berbahasa Inggris

Cara berikutnya adalah dengan rutin membaca tulisan berbahasa Inggris. Jika kamu merasa stuck saat mempelajari simple past tense. Maka, cobalah untuk membaca tulisan berbahasa Inggris yang tersebar di internet. Dengan begitu, kamu akan menemukan bentuk kalimat yang bervariasi untuk simple past tense sehingga dapat kamu pahami pola dari kalimat tersebut.

Kamu pun dapat mengetahui bagaimana cara menulis simple past tense untuk berbagi kondisi atau kejadian. Misalnya, dengan membaca tulisan ilmiah terkait pembuatan Candi Borobudur. Maka, kamu dapat mengetahui bagaimana penulisan past tense untuk menulis sejarah yang berkaitan dengan pembangunan Candi tersebut. Kosakata kamu pun akan semakin meningkat.

Baca Juga:
Rumus Kalimat Tanya Simple Present Tense

5. Berlatih Menulis bahasa Inggris Menggunakan Simple Past Tense

Cara mudah belajar simple past tense terakhir adalah dengan berlatih menulis bahasa Inggris. Jika hanya belajar dan membaca, mungkin kamu tidak akan dapat improve pengetahuan. Oleh sebab itu, sebaiknya cobalah praktikan apa yang telah dipelajari dengan menulis bahasa Inggris.

Kamu tidak perlu menulis kalimat atau tulisan yang kompleks. Cobalah dari kalimat yang paling sederhana. Misalnya menulis teks yang menceritakan liburan di tahun lalu atau pengalaman pribadi di masa lampau.

Cara mudah belajar simple past tense di atas dapat kamu coba praktikan. Khususnya ketika tengah mempelajari tenses ini. Hal yang paling penting dalam belajar simple past tense adalah tanamkan niat dan rasa konsisten.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web